UI Hadiri Festival Budaya Komodo 2022 - ANTARA News Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

UI Hadiri Festival Budaya Komodo 2022 – ANTARA News Yogyakarta

Depok (ANTARA) – Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) berupaya mengikutsertakan masyarakat dalam penyelenggaraan Festival Budaya Komodo di Desa Pulau Komodo, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada November mendatang. Kekuatan 3-5, 2022.

Perwakilan tim UI yang juga Dekan FIB UI, Dr. Bondan Kanumoyoso, dalam keterangannya di Depok, Kamis, menyebutkan pemberdayaan penerima pembekalan, termasuk tentang bagaimana menyambut dan memberikan pelayanan terbaik kepada wisatawan yang berkunjung ke pulau ini, khususnya pada acara kelas internasional Festival Budaya Komodo.

Bondan Kanumoyoso mengatakan Festival Budaya Komodo bertujuan untuk mempromosikan dan mengembangkan pariwisata di wilayah Manggarai Barat.

Diharapkan Festival Budaya Komodo dapat menjadi festival tahunan sehingga dapat terus mempromosikan Kampung Komodo sebagai destinasi wisata budaya.

Oleh karena itu, dalam penyelenggaraan festival ini, tim Pengmas UI akan melibatkan seluruh pemangku kepentingan pariwisata di kawasan Labuan Bajo, antara lain biro perjalanan, angkutan dan kapal pesiar, serta UMKM yang bergerak di bidang pariwisata.

Amelita Lusia, Kabag Humas dan Keterbukaan Informasi Publik UI yang hadir pada pembukaan Festival Budaya Komodo mengatakan, melalui pengabdian masyarakat seperti yang dilakukan FIB UI ini merupakan bentuk kontribusi sosial dan bentuk ilmiah. pelaksanaan civitas akademika UI.

Pengabdian Masyarakat UI di Desa Komodo ini dilakukan oleh beberapa tim dari FIB UI. Tim tersebut terdiri dari drg. Bondan Kanumoyoso, M.Hum, Dr. Taufik Asmiyanto, M.Si, Dr. Hendra Kaprisma, Hum S, Murni Wudyastuti, Hum M, dan Dwi Kristianto, Pondok S, Kesejahteraan Sosial M.

Tim membantu merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan acara budaya bertaraf internasional, Festival Budaya Komodo 2022.

Kepala Desa Komodo H. Aksan mengaku bersyukur di tengah upaya pengembangan wisata desa, tim Pengabdian Masyarakat UI hadir membantu persiapan dan pelaksanaan Festival Budaya Komodo.

“Kegiatan ini merupakan upaya kami untuk menghidupkan kembali tradisi dan budaya serta perekonomian masyarakat Desa Komodo,” ujarnya.

Kepala Balai Taman Nasional Komodo Lukita Awang Nistyantara, S.Hut., M.Si menyambut baik program pendampingan UI untuk menyelenggarakan kegiatan ini.

“Kami merasa didukung dengan kehadiran tim Pengabdian Masyarakat UI di Desa Komodo dalam upaya memberdayakan masyarakat pedesaan melalui kegiatan pariwisata.

Menurutnya, agar desa ini mendapatkan predikat desa wisata berbasis budaya, Desa Komodo perlu terus berbenah.

Berita ini disiarkan di Antaranews.com dengan judul: UI memberdayakan masyarakat di Festival Budaya Komodo 3-5 November

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button