6 Desa Wisata di Jogja Yang Wajib Dikunjungi - WisataHits
Yogyakarta

6 Desa Wisata di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Desa wisata di Jogja yang wajib dikunjungi. Sumber foto: unsplash/dhio gandhi Selain wisata alamnya, Jogja juga memiliki beberapa desa wisata dengan karakteristik yang berbeda-beda. Simak 6 desa wisata di Jogja yang wajib dikunjungi berikut lokasi dan jam bukanya berikut ini.

Desa wisata diciptakan sebagai sarana pelestarian budaya untuk mendukung sektor pariwisata dan perekonomian masyarakat melalui pemanfaatan sumber daya alam, kemudian dikembangkan menjadi kawasan dengan daya tarik tersendiri.pariwisata.jogjakota.go.id).

6 Desa Wisata di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

desa wisata di jogja yang wajib dikunjungi. Sumber foto: unsplash/fuad.Bersumber dari pariwisata.jogjakota.go.idAda sekitar 17 desa wisata di Yogyakarta. Namun, artikel Jendela Dunia memberikan rangkuman enam desa wisata di Jogja yang wajib dikunjungi.

1. Desa Wisata Jogja di Prenggan

Desa Prenggan merupakan sentra kerajinan perak dan batik, terdapat kesenian musik yang dibawakan oleh beberapa kelompok populer yaitu kelompok musik Gejog Lesung, Jathilan dan Karawita. Wisata kuliner yang wajib dicoba adalah Kipo.

Lokasi Desa Prenggan berada di sebuah desa di Kecamatan Kotagede, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, berpenduduk 10.000 jiwa. Jam buka 07.00-16.00 WIB setiap hari.

2. Kampung Wisata Jogja di Cokrodiningratan

Desa Cokrodiningratan terletak di sebuah desa di Kecamatan Jetis, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam berkunjung ke tempat ini setiap hari mulai pukul 09.00 – 10.00 WIB.

Di Desa Cokrodiningratan yang bertemakan ekowisata dan heritage ini terdapat bangunan bersejarah Belanda dengan arsitektur khas yang digunakan sebagai sekolah atau perkantoran. Selain itu, alamnya juga indah, seperti sungai, juga batik.

3. Desa Wisata Jogja di Pakualaman

Desa Pakualaman merupakan objek wisata sejarah karena di Jalan Jendral Sudirman terdapat Istana Kadipaten Pakualaman dan Museum TNI. Daya tarik lainnya adalah seni batik tulis, karawitan, antara lain kerajinan yang terbuat dari bambu, kuningan, kayu.

Lokasinya adalah Kecamatan Pakualaman di Desa Purwokinanti. Jagalan Ledoksari 01. Jam berkunjung setiap hari 08:30-13:30 WIB, dengan berbagai kegiatan, Anda dapat melakukan Workshop Jemparingan, Seni Karawitan dan lain-lain.

4. Desa Wisata Jogja di Tamansari

Rekomendasi selanjutnya adalah Kampung Tamansari yang di antaranya merupakan tempat wisata yang populer karena terdapat bangunan bersejarah Keraton Yogyakarta yang sebenarnya merupakan wisma yang dibangun pada tahun 1758 M, dengan tameng tunggal Candra Sengkala Catur Naga.

Jam buka Kampung Tamansari setiap hari pukul 09:00-15:00 WIB dan berlokasi di Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

5. Desa Wisata Jogja di Sayidan

Desa Sayidan terletak di Desa Pawirodirjan, Kecamatan Gondomanan, Yogyakarta. Posisinya berada di dekat Taman Pintar Indonesia dan di sepanjang tepian Sungai Code yang menjadi objek wisata.

Anda bisa melihat perahu karet dan ban truk, kerajinan kayu dan babu, dan juga mencicipi wisata kuliner. Jam buka setiap hari selama 24 jam.

6. Desa Wisata Jogja di Rejowinangun

Anda dapat mengunjungi Desa Wisata Rejowinangun kapan saja karena buka 24 jam sehari. Lokasinya di Jalan Nyi Adisari, Gg. Dahlia I dipilih oleh KG I No. 722, Rejowinangun, Kecamatan Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Desa Rejowinangun merupakan sentra pertanian yang memproduksi jajanan olahan berupa keripik dari berbagai macam daun, yang kini berisi lebih dari 200 jenis daun dan telah meraih penghargaan MURI, serta sentra produksi kaos Dagadu.

Demikian gambaran enam desa wisata di Jogja yang wajib dikunjungi untuk referensi liburan (Fiqa) Anda.

Source: kumparan.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button