BCA memperkenalkan wayang kepada generasi muda dan berkomitmen untuk melestarikan wayang Indonesia - WisataHits
Yogyakarta

BCA memperkenalkan wayang kepada generasi muda dan berkomitmen untuk melestarikan wayang Indonesia

NERACA KEUANGAN

Jakarta – Wayang sebagai kekayaan budaya bangsa harus terus dilestarikan, khususnya bagi generasi sekarang. Wayang dapat membentuk moralitas karena keberadaannya menyatu dengan realitas kehidupan nyata di masyarakat. Generasi saat ini dapat belajar dan menemukan pesan moral dari karakter baik Wayang.

Menyadari fakta tersebut, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) terus mendukung inisiatif pelestarian wayang, termasuk berbagai upaya mendidik generasi muda saat ini untuk belajar dan menimba ilmu dari warisan budaya nenek moyang bangsa Indonesia yang kaya.

Dalam rangka Hari Wayang Nasional ke-4, Sekretariat Nasional Wayang Indonesia (SENAWANGI) menyelenggarakan Pekan Wayang Nasional. Acara dibuka oleh Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Hilmar Farid didampingi oleh Ketua Sena Wangi Suparmin Sunjoyo dan Executive Vice President Corporate Communication & Tanggung Jawab Sosial BCA Hera F. Haryn.

Pada acara ini, BCA juga menampilkan pementasan drama tari wayang SRIKANDI bersama siswa SMPN 5 dan SMP Mataram sebagai bentuk sosialisasi dan pendidikan wayang kepada generasi muda. Selain itu, BCA juga mendorong terciptanya kreasi seni wayang melalui komik wayang oleh tiga pemuda berprestasi bangsa, yaitu Nabil Faizal Mahdi (Siswa SDN Malaka Jaya 05 Jakarta, 12 tahun), Luh Dea Raysita Wardani (Siswa SMAN 68 Jakarta , 15 tahun) dan Gunawan Christanto (pegawai swasta, 27 tahun).

Pekan wayang nasional juga dimeriahkan dengan kehadiran para wirausaha kreatif seni wayang dari Desa Wisata Wayang yang terletak di Desa Wukirsari Yogyakarta, salah satu desa binaan program Bakti BCA.

Hera F. Haryn, Executive Vice President Corporate Communication & Social Responsibility BCA mengatakan, “BCA senantiasa melakukan tindakan nyata untuk melestarikan wayang sebagai kekayaan budaya dan identitas bangsa. Inisiatif BCA ini antara lain ditujukan untuk generasi sekarang. BCA terus memperkenalkan generasi penerus bangsa dan mendidik mereka untuk mencintai wayang. Dengan mempelajari wayang, generasi muda saat ini dapat mendalami budaya bangsa dan menemukan berbagai karakter serta pesan moral yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan nyata.

“Dalam proses mendukung pelestarian wayang, kami menemukan benang merah yang kuat antara pelestarian wayang dengan pendidikan dan pembangunan karakter bagi generasi penerus bangsa. Dengan menempatkan Wayang dalam konteks milenial melalui pemanfaatan berbagai media komunikasi masa kini, dibantu dengan inovasi seni dan teknologi, generasi muda masa kini dapat belajar dan memahami karakter budaya dan moralitas bangsa ini,” kata Hera, Rabu (11/11).

Tahun lalu, BCA menggelar Wayang Youth Festival 2021 bertema boneka heroik. Bekerjasama dengan Sampan Bujana Sentra dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, wujud nyata dari festival tersebut adalah rangkaian lomba Dramatic Wayang Dance dan Comic Strip Wayang.

BCA mengajak masyarakat luas di seluruh Indonesia, baik sanggar/komunitas, pelajar, seniman, lembaga pendidikan, untuk mencintai wayang melalui festival ini. Tidak kurang dari 96 komik strip diproduksi, 25 karya seni drama tari Wayang, dan lebih dari 400 anggota masyarakat, termasuk pemuda, berpartisipasi aktif dalam kreasi tersebut.

Upaya lainnya adalah sejak tahun 2012 hingga 2015, BCA bersama Sena Wangi hadir di Kompas TV World of Wayang sebagai pentas seni bagi anak muda Indonesia, Wayang Untuk Pelajar yang rutin diadakan sejak tahun 2012 ini telah mengundang lebih dari 15.000 pelajar untuk menonton pertunjukan wayang. serta pameran dan Workshop dimana para siswa ini berasal dari 95 sekolah di 4 kota di Indonesia. Yang lainnya adalah artikel berjudul Strategi Adaptasi dan Transformasi Lakon Wayang Sesaji Raja Suya, artikel yang dikembangkan dari tesis Pemenang Anugerah Akademik Nusantara 2020.

“BCA akan terus berupaya melestarikan wayang dan sejumlah kekayaan bangsa lainnya. Kami berharap dukungan dan inisiatif yang dilakukan BCA dapat meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap warisan budaya Indonesia, khususnya bagi generasi sekarang,” pungkas Hera. (Mohar)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button