Pemerintah Kabupaten Magelang Tinjau Desa Pancasila di kawasan wisata Tanah Surga - WisataHits
Yogyakarta

Pemerintah Kabupaten Magelang Tinjau Desa Pancasila di kawasan wisata Tanah Surga

Wartawan Tribun Jogja, Nanda Sagitq Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG – Sekda Kabupaten Magelang Adi Waryanto bersama Forkompimda dan Forkopimcam Sawangan menghadiri peninjauan Desa Pancasila di Kawasan Wisata Negara Kahyangan di Dusun Surodadi, Wonolelo, Sawangan, Senin (22/8/2022).

Adi Waryanto menuturkan, pada peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni 2022, Pemerintah Kabupaten Magelang sekaligus mendirikan Desa Pancasila yang terletak di Dusun Ngapu, Desa Kalisalak, Kecamatan Salaman, dimana Desa Wonolelo dinyatakan sebagai desa.

Baca Juga: Disbud Sleman Sebut DIY Kyoto Painting Contest Tingkat Sleman Sebagai Bentuk Regenerasi Seniman

Ia percaya bahwa Deklarasi Kampung Pancasila akan menjadi contoh yang baik untuk hidup berdampingan dengan keragaman.

“Ketika kita rukun, semuanya bisa terwujud, sebaliknya jika kita tidak rukun, toleransi kita tidak tinggi dan kita tidak bisa hidup berdampingan, maka apa yang kita perjuangkan tidak bisa terwujud,” kata Adi.

Adi melanjutkan, dengan berjalan beriringan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara akan terwujud masyarakat yang rukun, harmonis dan harmonis di Indonesia, termasuk di Kabupaten Magelang.

Melalui Desa Pancasila ini, Adi berharap dapat menciptakan wadah untuk mempelajari nilai-nilai luhur Pancasila, meningkatkan kerukunan meskipun berbeda agama dan budaya, mentransmisikan nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika, dan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang penerapan Pancasila. Untuk menyampaikan peraturan dalam kehidupan sehari-hari.-Tag.

Baca Juga: Dua Perwakilan DIY Gagal Raih Gelar di Mandiri Indonesia 3X3 Tournament Series 3 Livin Finals

Sementara itu, Kepala Desa Wonolelo Marpomo mengatakan pada dasarnya warga Desa Wonolelo selalu mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dan berkomitmen bersama masyarakat untuk menjunjung tinggi deklarasi Desa Pancasila ini.

“Kami berharap evaluasi Desa Pancasila di Desa Wonolelo ini dapat menjadi motivasi bagi kita untuk terus mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila,” kata Marpomo. (ndg)

Source: jogja.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button