Tol Bocimi rencananya akan terhubung dengan Sukabumi Barat pada tahun 2024 - WisataHits
Jawa Barat

Tol Bocimi rencananya akan terhubung dengan Sukabumi Barat pada tahun 2024

JAKARTA (ANTARA) – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono ingin menghubungkan jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) hingga Sukabumi Barat pada 2024.

Basuki mengatakan Seksi III ruas Cibadak-Sukabumi Barat sepanjang 13,70 km akan dilanjutkan setelah selesai konstruksi dan commissioning Seksi 2 untuk memberikan solusi masalah kemacetan menuju Sukabumi bahkan hingga Pelabuhan Ratu di pantai selatan. Jawa.

“Mudah-mudahan semua ruas ini selesai pada 2024 paling tidak Sukabumi bagian barat, artinya sudah melewati titik kemacetan parah di pasar Cibadak,” katanya dalam keterangan di Jakarta, Kamis.

Baca Juga: 32.000 Kendaraan Ditargetkan Menyeberangi Tol Bocimi pada H+5 Lebaran

Progres konstruksi jalan tol Bogor Ciawi-Sukabumi (Bocimi). Saat ini pengerjaan Seksi 2 ruas Cigombong – Cibadak sepanjang 11,9 km dengan progres konstruksi 86 persen dan ditargetkan selesai pada Desember 2022.

Tol Ciawi – Sukabumi terdiri dari 4 seksi dengan total panjang 54 km, dengan Seksi 1 Ciawi – Cigombong sepanjang 15,35 km, dan telah beroperasi sejak Desember 2018 lalu.

Kemudian dua seksi lagi yakni Seksi 3 Cibadak – Sukabumi Barat sepanjang 13,70 km dengan progres pembebasan lahan 42,07 persen dan Seksi 4 seksi Sukabumi Barat – Sukabumi Timur sepanjang 13,05 km dengan progres pembebasan lahan 9,59 persen.

Baca Juga: Kendaraan Pulang-Pulang Lebaran di Tol Bocimi Naik Untuk Rute Wisata
Baca Juga: Pulang Pergi Lewat Tol Bocimi Bisa Persingkat Waktu Perjalanan

Tol Cigombong – Cibadak akan terhubung dengan wilayah Bogor yang terhubung dengan tol Jagorawi untuk mengurangi waktu tempuh Jakarta-Sukabumi yang sebelumnya 4 hingga 5 jam melalui jalan arteri, menjadi 2 jam.

Jalan tol ini dimaksudkan sebagai jalan alternatif menuju kawasan wisata di sekitar Lido, Sukabumi, Pelabuhan Ratu, Ujung Genteng dan Geopark Ciletuh.

Selain itu, tol ini juga akan semakin memudahkan hubungan ekonomi masyarakat dari sektor industri, komoditas dan jasa karena akan terhubung dengan Jawa Barat bagian selatan seperti Bogor dan Ciawi.

Source: megapolitan.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button