Menteri PUPR RI: Tol Bocimi Akan Tersambung ke Sukabumi Barat Tahun 2024 - WisataHits
Jawa Barat

Menteri PUPR RI: Tol Bocimi Akan Tersambung ke Sukabumi Barat Tahun 2024

TIMESINDONESIA, BOGOR – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR RI) Basuki Hadimuljono melanjutkan kunjungan kerjanya ke Jawa Barat dengan meninjau progres pembangunan Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Tol Bocimi).

Saat ini Tol Bocimi sedang dalam pengerjaan Seksi 2 Tol Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 km dengan progres konstruksi 86% dan dijadwalkan selesai pada Desember 2022.

Menteri PUPR RI mengatakan Seksi III ruas Cibadak-Sukabumi Barat sepanjang 13,70 km akan dilanjutkan setelah selesai konstruksi dan commissioning Seksi 2 untuk memberikan solusi permasalahan kemacetan menuju Sukabumi bahkan hingga Pelabuhan Ratu di pesisir selatan Jawa. .

PUPR-2.jpgPembangunan Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Jalan Tol Bocimi). (FOTO: Dinas Perhubungan PUPR RI)

“Mudah-mudahan semua ruas ini bisa selesai paling tidak sampai ke Sukabumi bagian barat pada tahun 2024, yang artinya sudah melewati titik kemacetan parah di pasar Cibadak,” kata Menteri PUPR RI.

Tol Ciawi-Sukabumi terdiri dari 4 seksi dengan total panjang 54 km dengan progres Seksi 1 Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 km dan telah beroperasi sejak Desember 2018 lalu. Kemudian dua seksi lagi yakni Seksi 3 Cibadak-Sukabumi Barat sepanjang 13,70 km dengan progres pembebasan lahan 42,07% dan Seksi 4 Seksi Sukabumi Barat-Sukabumi Timur sepanjang 13,05 km dengan progres pembebasan lahan 9,59%.

PUPR-3.jpg

Tol Cigombong-Cibadak akan terhubung dengan wilayah Bogor yang terhubung dengan tol Jagorawi untuk mengurangi waktu tempuh Jakarta-Sukabumi yang sebelumnya 4 hingga 5 jam melalui jalur alternatif menjadi 2 jam.

Jalan tol ini bertujuan untuk memberikan alternatif penghubung ke kawasan pariwisata di sekitar kawasan Lido, Sukabumi, Pelabuhan Ratu, Ujung Genteng dan Ciletuh Geopark dan lebih memudahkan hubungan ekonomi masyarakat dari sektor industri, komoditas dan jasa karena menghubungkan dengan selatan. sebagian Jawa Barat, seperti Bogor dan Ciawi.

PUPR-4f96ef99b2690559a.jpg

Hadir mendengarkan Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono meninjau progres pembangunan Jalan Tol Bocimi, Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR RI Hedy Rahadian, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit , Panel Ahli mendampingi Menteri Teknologi, Industri dan Lingkungan PUPR RI Endra S. Atmawidjaja, Ditjen Bina Marga Ditjen Bina Marga Budi Harimawan Semihardjo dan Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta-Jawa Barat Wilan Oktavian.

**)

Dapatkan update informasi harian terpilih dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Suka, klik tautan ini dan bergabung. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: www.timesindonesia.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button