Tingkat hunian hotel di kota Malang naik menjadi 64 persen - WisataHits
Jawa Timur

Tingkat hunian hotel di kota Malang naik menjadi 64 persen

Bisnis.comMALANG – Tingkat hunian hotel di Kota Malang pada Juli 2022 meningkat menjadi 63-64 persen, mengalahkan rata-rata Jawa Timur 56,62 persen dan rata-rata nasional 49,77 persen.

Kepala BPS Kota Malang Erny Fatma Setyoharini mengatakan rata-rata lama menginap tamu hotel di Kota Malang 0,13 poin di bawah rata-rata Jawa Timur dan 0,20 poin di bawah rata-rata nasional.

“Rata-rata lama menginap tamu hotel di Kota Malang 1,41 hari, dengan rincian tamu asing 2,38 hari dan tamu domestik 1,40 hari,” katanya, Kamis (9/1/2022).

Rata-rata untuk Jatim, kata dia, detailnya mencapai 1,54 hari, tamu asing 2,93 hari, dan tamu lokal 1,52 hari. Rata-rata nasional adalah 1,61 hari, 2,43 hari untuk tamu asing dan 1,57 hari untuk tamu domestik.

Ekonom Joko Budi Santoso dari Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya (FEB UB) memperkirakan musim liburan di awal Juli menjadi pendorong besar bagi kenaikan tingkat hunian kamar di Malang.

Selain pariwisata, inovasi layanan dan fasilitas hotel yang terintegrasi dalam program heritage Malang membuat pengunjung betah tinggal di hotel ini, yang ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata lama menginap.

Menurutnya, angka positif ini juga memberikan angin segar bagi UKM di Malang dalam hal penyediaan makanan dan minuman serta oleh-oleh.

“Momentum ini perlu dijaga dengan memperkuat promosi pariwisata dari pelaku bisnis perhotelan, travel agent dan pemerintah daerah, serta menciptakan sinergi dengan masyarakat dan media mainstream,” ujar Joko yang juga peneliti senior di Pusat Penelitian Kebijakan Ekonomi FEB UB. (K24)

Lihat berita dan artikel lainnya Berita Google

Tonton video yang dipilih di bawah ini:

Konten Premium Nikmati konten premium untuk informasi lebih dalam Login / Daftar

Source: surabaya.bisnis.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button