Tim P2MD BEM UNDIP mendapatkan dana dari perguruan tinggi dengan program SEKARTAJI dalam upaya memaksimalkan kelompok UMKM di desa Sambirejo - WisataHits
Jawa Tengah

Tim P2MD BEM UNDIP mendapatkan dana dari perguruan tinggi dengan program SEKARTAJI dalam upaya memaksimalkan kelompok UMKM di desa Sambirejo

Jawa Tengah sebagai salah satu provinsi di Indonesia memiliki banyak keunggulan dan potensi yang luar biasa. Mulai dari potensi alamnya, keragaman budayanya, keragaman kulinernya dan hasil kerajinannya serta tidak lupa dengan keramahan penduduknya. Sebagai salah satu provinsi di pulau Jawa, Jawa Tengah terdiri dari banyak daerah, salah satunya adalah Kabupaten Semarang tepatnya di desa Sambirejo. Desa Sambirejo terletak di Kecamatan Bringin, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Tidak kalah dengan potensi daerah lain, Desa Sambirejo juga memiliki potensi yang berbeda. Mulai dari potensi alam yang sangat indah dengan perpaduan pemandangan persawahan, perkebunan, sungai dan bendungan. Potensi keanekaragaman kuliner, serta berbagai potensi lainnya adalah pemanfaatan hasil pertanian dan kerajinan lokal, seperti produk olahan pisang, singkong, produk mebel, tas anyaman dan rajutan. Sayangnya, karena keterbatasan ilmu pengetahuan dan teknologi, warga Desa Sambirejo belum memanfaatkan berbagai potensi tersebut secara maksimal.

Misalnya, masih banyak warga yang belum memiliki izin PIRT untuk usaha pengolahan makanannya. Selain itu, sebagian warga masih kesulitan untuk mempromosikan berbagai barang. Oleh karena itu, permasalahan utama dalam memaksimalkan pemanfaatan potensi desa adalah proses perizinan, promosi dan pemasaran.

Dalam menyikapi permasalahan yang dihadapi di desa Sambirejo, tim BEM Universitas Diponegoro bersama Program Pemberdayaan Masyarakat Desa (P2MD) berupaya bersama kelompok UMKM desa Sambirejo membangun pusat kerja kreatif berbasis digitalisasi, bisa disebut SEKARTAJI. SEKARTAJI merupakan salah satu ide kegiatan P2MD-BEM Universitas Diponegoro tahun ini, dimana fokus program inovasi tim P2MD-BEM Universitas Diponegoro bersama masyarakat adalah pada UMKM.pemasaran teknologi (U Tech) terintegrasi ke dalam website desawisatasambirejo.com yang dibuat pada program tahun 2021.

U Tech seperti mengembangkan dan mengelola website Desa Sambirejo dengan mengimplementasikan fungsi barcode scanning. U Tech dapat memberikan informasi kepada pengguna tentang produk apa saja yang ditawarkan dan disajikan di Desa Sambirejo serta mengetahui lokasi pendistribusian produk dan kapasitas produksi. Inisiasi kegiatan ini juga didasari oleh semangat masyarakat setempat untuk mendukung program kegiatan Pusat Karya Kreatif bagi kelompok usaha yang dipimpin oleh Kelompok Sadar Wisata Sarwo Mulyo yang didukung penuh oleh pemerintah desa melalui anggaran dana desa tahun 2022. serta dukungan dari pemangku kepentingan terkait seperti Badan Pariwisata Nasional. Tujuan dari optimalisasi ini adalah agar Kelompok Usaha Dadirejo Sari dapat secara aktif dan mandiri mempromosikan promosi dan pemasaran produk melalui media online dan website resmi Desa Sambirejo, serta menyusun Pusat Karya Kreatif Kelompok Usaha sebagai media pemasaran produk-produk usaha masyarakat untuk mendukung kegiatan pariwisata. .

Kedepannya, SEKARTAJI dan program kegiatan P2MD ini diharapkan tidak hanya berdampak positif bagi pelaksanaan bagi masyarakat Desa Sambirejo, tetapi juga berdampak pada perubahan untuk memberikan cakupan yang lebih luas bagi masyarakat sekitar dan Partisipasi Universitas Diponegoro untuk menjangkau masyarakat.

Source: www.undip.ac.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button