Pariwisata dan ekonomi kreatif Demak akan lebih ditingkatkan - WisataHits
Jawa Tengah

Pariwisata dan ekonomi kreatif Demak akan lebih ditingkatkan

Jumat 9 September 2022 | 13:30 WIB

| penulis:

Buku Catatan: Juli

Demak, InfoPublik – Kegiatan pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Demak semakin digenjot oleh Bupati Demak Eisti’anah.

Hal ini dibuktikan dengan adanya kerjasama dengan kabupaten atau kota lain untuk mendukung promosi hasil usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang diolah oleh Kabupaten Demak dan dipasarkan di kabupaten atau kota tetangga.

“Sama seperti hasil UMKM kita di Demak, diterbitkan dan dipromosikan di kabupaten atau kota tetangga yaitu di Semarang, tepat di kota tua. Mudah-mudahan wisatawan yang hadir di kota tertarik dengan produk olahan kami dan jika beruntung mereka akan tertarik untuk membeli sendiri produk tersebut,” kata Bupati saat memberikan kuliah di studio RSKW 104,8 FM, Jumat (9 April). /9/2022).

Ia berharap produk Demak tidak hanya dikenal di dalam kota, tetapi dapat dikenal di seluruh Indonesia bahkan di negara lain. “Ini menjadi bukti bahwa Kabupaten Demak tidak kalah dengan kabupaten atau kota lainnya,” imbuhnya.

Selain itu, Demak juga berhasil meraih kesuksesan di ajang Anugerah Pesona Indonesia sejak tahun 2021.

“Alhamdulillah juara II kategori kuliner Jamu Coro dan juara III kategori wisata belanja yaitu rebana gendang dan pada tahun 2022 Demak turut hadir dalam acara tersebut dan diberikan penghargaan untuk Asap Indah Wonosari dalam nominasi kategori wisata belanja,” jelasnya.

Bupati berharap dengan peningkatan penjualan dan pemasaran produk, UMKM dapat berkembang, meningkatkan pendapatan, menjadi lebih kaya dan mengurangi kemiskinan di Demak.

“Kami punya ide untuk masyarakat, tapi saya imbau masyarakat industri kreatif untuk tetap semangat dan meningkatkan kesejahteraan di Kabupaten Demak,” pungkasnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Biro Pariwisata Endah Cahya Rini mengatakan, sektor pariwisata dan industri kreatif terdampak pandemi COVID-19.

“Fokus pariwisata dan industri kreatif di Kabupaten Demak tidak hanya pada seni pertunjukan tetapi juga sub sektor industri kreatif lainnya seperti kuliner, fashion, kerajinan dan lain-lain, yang menarik dari sub sektor kuliner adalah sesuatu yang saat ini di mata publik sedang populer. Kami tahu kami selalu mencari kelezatan kuliner yang bisa memanjakan lidah,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Endah juga mengajak masyarakat Kabupaten Demak untuk memanfaatkan pentas seni di Tembiring.

“Dinas pariwisata akan mengaktifkannya atas permintaan bupati, bagaimana bisa dimanfaatkan di Tembiring dengan hal-hal yang positif. Jadi kami memiliki acara setiap minggu untuk menggunakan panggung seni. Kegiatan ini akan diisi oleh seluruh pegiat seni seperti puisi, musik, tari dengan mendaftar ke dinas pariwisata,” jelasnya.

Kiprahnya dengan kegiatan tersebut dapat meningkatkan industri kreatif di Kabupaten Demak. (Kominfo/APJ).

Anda dapat mengirim ulang, menulis ulang, dan/atau menyalin konten ini asalkan Anda mencantumkan sumbernya InfoPublik.id

Source: infopublik.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button