Tim ITV UMY Luncurkan Website Desa Wisata Wirokerten untuk Pariwisata - WisataHits
Yogyakarta

Tim ITV UMY Luncurkan Website Desa Wisata Wirokerten untuk Pariwisata

BANTUL, BERNAS.ID – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) terus konsisten melakukan pengabdian kepada masyarakat melalui berbagai program dan program. Salah satu program pengabdian dilakukan sebagai bagian dari Lomba Ide Kreatif Mahasiswa Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (LPKA) UMY.

Melalui kompetisi ini, salah satu tim yaitu Desa Wisata Interkoneksi (ITV), berhasil mendapatkan hibah dari LPKA UMY untuk memperkuat desa wisata, khususnya Desa Wisata Wirokerten, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul.

Baca juga Konsil Kedokteran Indonesia Antisipasi Masuknya Dokter Asing Selama MEA 2025

Sebagai bagian dari penguatan Desa Wisata Wirokerten, tim ITV UMY pada Minggu (9/10) menggelar peluncuran besar-besaran website dewikerten.id yang merupakan akronim dari Desa Wisata Wirokerten di Pendopo Tirto Grojogan di Wirokerten.

UNMAHA 728×90

Berdasarkan sulitnya menarik wisatawan karena belum adanya sistem informasi digital yang baik, diharapkan dengan diluncurkannya website ini dapat menyebarluaskan informasi kepada wisatawan dan membuka peluang untuk berkunjung ke desa wisata Wirokerten.

Kepala Desa Wirokerten Rahmawati Wijayaningrum mengatakan banyak pihak dari berbagai kalangan terlibat aktif dalam kegiatan tersebut. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada UMY yang telah melakukan program pemberdayaan untuk pengembangan Desa Wisata Wirokerten. “Mohon doakan restunya agar cita-cita bersama ini dapat terlaksana dengan baik dan diridhoi oleh Allah SWT,” ujarnya.

Sebagai konsultan, Sakir Ridho Wijaya, SIP, MIP menyampaikan bahwa program pemberdayaan akan berlanjut hingga Januari 2023 (wisata kreatif),” jelasnya.

Baca Juga Pemda DIY Dukung Satu Data Nasional, Minimalkan Duplikasi Ganda

Rivaldi Alan Saputra, ketua tim ITV UMY menjelaskan, tim ITV UMY tidak hanya menyediakan website resmi desa wisata, tetapi juga melakukan berbagai kegiatan pelatihan. “Beberapa di antaranya adalah pelatihan pengelolaan website dan rilis media massa dan media sosial untuk mengoptimalkan branding kampung liburan Wirokerten,” ujarnya.

Selain sebagai basis informasi desa wisata, website ini juga berfungsi sebagai tempat melakukan reservasi bagi calon wisatawan yang ingin berkunjung. “Ada tiga paket wisata yang bisa dipilih, yang meliputi berbagai fasilitas seperti pemandu wisata dan kunjungan ke berbagai UMKM di Wirokerten seperti UMKM topi rajut, kerajinan kayu dan produksi makanan ringan. Yang menarik, ekskursi dilakukan dengan sepeda atau biasa disebut ngontel ndeso,” jelas Rivaldi.

Rivaldi mengatakan, dalam empat bulan ke depan, tim ITV UMY akan melakukan berbagai kegiatan pendukung untuk mengembangkan desa wisata Wirokerten. Salah satunya adalah penguatan kelembagaan Pokdarwis Wira Jaya, kelompok sadar wisata di Desa Wirokerten. (Ya)

Source: www.bernas.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button