The Heritage Palace, objek wisata Romawi kuno di Sukoharjo - WisataHits
wisatahits

The Heritage Palace, objek wisata Romawi kuno di Sukoharjo

Istana Warisan salah satu destinasi wisata instagramable dengan pemandangan klasik bangunan eropa gaya romawi kuno di Sukoharjo. Tempat menarik dengan pemandangan taman, museum seni, dan ruang konvensi.

Harga tiket: Rp25.000, Jam operasional: 09.00-18.00 WIB, Alamat: Jl.Permata Raya, Dukuh Tegal Mulyo RT.002/RW.008, Pabelan, Kec. Kartasura, Kab. Sukoharjo, Jawa Tengah; Kasus: Cek lokasi

Istana Pusaka merupakan salah satu destinasi wisata terbaru dan instagenic milik Provinsi Jawa Tengah khususnya di Kabupaten Sukoharjo. Padahal, bangunan tersebut merupakan bekas pabrik gula Colomadu yang telah direvitalisasi menjadi De Tholomadoe.

Tentunya dengan popularitas bangunan bersejarah ini, Solo mengalami perkembangan wisata yang sangat pesat. Dan itu membuktikan bahwa Solo adalah salah satu kota dengan destinasi terbaik yang wajib dikunjungi.

Ada beberapa wahana mendebarkan yang akan membuat wisatawan semakin betah dan merasakan betapa asyiknya bermain di Heritage Palace. Karena memiliki latar belakang bangunan yang sangat unik, yang sangat khas dari bangunan Romawi yang megah di Eropa, maka tidak heran jika ketika Anda datang ke Solo, sangat disayangkan untuk tidak datang pada kunjungan ini.

Atraksi Istana Warisan

Atraksi Heritage PalaceKredit gambar: Google Maps Agus Taufik

Wisata bersejarah Sukoharjo ini merupakan salah satu destinasi yang tidak akan pernah lengkap jika dibicarakan. Apalagi destinasi wisata ini mampu menarik perhatian wisatawan. Tentu saja hal ini tidak lepas dari daya tarik yang dimiliki oleh wisata tersebut. Lalu apa saja yang menjadi daya tarik Pusaka Keraton Sukoharjo? Yuk ikuti ulasannya di bawah ini:

1. Bangunan pabrik gula tua

Awal pembukaan kawasan wisata ini pada tahun 2018 tepatnya pada tanggal 9 Juni. Hampir sama dengan sirkuit De Tholomadoe, dimana destinasi wisata ini dibuat dari pabrik gula tua bernama Gembongan. Tak heran, suasana yang ditawarkan di destinasi wisata ini sangat klasik, yakni khas bangunan Eropa.

Dengan bangunan yang cukup tua dan konstruksi khas Eropa, tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Jadi Anda tidak perlu lagi jauh-jauh ke luar negeri untuk melihat betapa indahnya gedung-gedung yang anggun itu. karena datang ke Sukoharjo sudah bisa melihat pemandangan ini.

2. Peninggalan sejarah sejak tahun 1892

Daya tarik The Heritage Palace adalah sudah menjadi pusaka sejak tahun 1892. Memang bangunan pabrik gula ini merupakan salah satu peninggalan kerajaan Mataram Islam. Bangunan tersebut sudah ada sejak tahun 1892, sehingga dapat disimpulkan bahwa bangunan tersebut sudah cukup tua.

Namun, saat itu jejak pabrik gula sangat sulit ditemukan. Karena sebagian besar bangunan telah disulap menjadi wahana wisata yang cukup menarik.

Bahkan bangunannya sangat kental dengan nuansa klasik Eropa. Hal ini juga terlihat dengan desain arsitektur yang sengaja dibuat sedemikian rupa kemudian ditambah dengan hadirnya deretan mobil vintage di beberapa tempat.

3. Banyak spot instagramable

Ada magnet yang mampu menarik pengunjung untuk datang ke sini, yaitu bentuk bangunannya yang sangat kental seperti tempo. Namun, saat berkunjung ke sini, wisatawan tidak hanya merasa seperti traveler yang merasa seperti berada di abad ke-18. Karena banyaknya spot foto yang menarik juga menjadi salah satu daya tarik wisata ini.

Dengan suasana seperti ini, pengunjung selalu ingin berfoto karena banyak menemukan spot-spot unik dan instagramable di sana. Dengan lokasi yang sangat luas dan tertata rapi, tak heran jika banyak pasangan yang melakukan prewedding di tempat ini.

4. Ada museum transportasi atau transportasi

Padahal, konsep yang ditawarkan di tempat wisata ini sangat mirip dengan Museum Angkut di Jawa Timur. Karena ada berbagai jenis mobil vintage yang dipajang untuk pengunjung.

Mobil-mobil vintage ini dijejer menjadi satu dan kemudian dilengkapi dengan berbagai properti pendukung. Sehingga tempat ini menjadi tempat yang bernilai seni.

5. Ada museum 3D

Saat anda masuk ke dalam destinasi wisata Heritage Palace, jika anda berada disini, anda akan menemukan wisata museum 3D. Di dalam kendaraan Anda akan menemukan berbagai jenis lukisan 3D dengan tema yang berbeda.

Bagi anda yang sangat menyukai seni 3D seperti ini, akan sangat pas jika anda masuk ke wahana ini. Ada banyak gambar 3D dari aliran sungai, dinosaurus dan juga perahu nelayan.

6. Memiliki perapian

Karena bangunan tersebut merupakan bekas pabrik gula, maka tidak heran jika di dalam bangunan The Heritage Palace terdapat cerobong asap. Cerobong akan selalu digunakan dalam semua proses pembuatan gula.

Namun, karena bangunannya telah menjadi objek wisata, cerobong asap membuat destinasi wisata ini cukup unik. Dengan ketinggian yang mencapai lebih dari 25 meter, semua orang akan berdecak kagum melihatnya.

Alamat dan Petunjuk Menuju Lokasi Heritage Palace

Alamat Istana WarisanKredit gambar: Google Maps Mi Maolana

Alamat lengkap destinasi wisata ini berada di Honggobayan, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Solo Raya, Provinsi Jawa Tengah. Bila bepergian dari pusat Kota Solo dan menuju ke tempat tujuan wisata ini, dibutuhkan waktu sekitar 25 menit dengan mobil. Karena jaraknya hanya sekitar 9 km.

Selain itu, untuk jalan raya, akses menuju sirkuit ini juga cukup mudah. Titik lokasi wisata ini juga sudah ada di Google Maps dan jalannya sudah di aspal mulus. Untuk bisa mengunjungi bangunan bersejarah ini, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum seperti bus. Karena tempat parkir destinasi wisata ini sangat luas, bus untuk rombongan wisatawan selalu bisa diparkir.

Harga Tiket Masuk Heritage Palace Tour

Tiket The Heritage PalaceKredit gambar: Google Maps Izzudin Ahmad

Bagi semua yang ingin masuk dan menikmati wisata heritage palace ini akan dikenakan biaya tiket reguler sebesar Rp 25.000. Operator tur akan menawarkan tiket kanal sehingga wisatawan dapat menikmati dan memasuki semua wahana yang tersedia di lokasi wisata.

Tiket terusan sendiri seharga Rp 55.000 di hari biasa, sedangkan di hari libur nasional harganya Rp 65.000. Tiket ini berlaku untuk orang dewasa atau anak-anak dengan tinggi badan lebih dari 100 cm. Sedangkan untuk anak-anak yang berukuran kurang dari 100 cm dapat mengikuti kunjungan secara gratis.

Kegiatan menarik untuk dilakukan di Heritage Palace

Aktivitas Istana WarisanKredit gambar: Google Maps Nita Kohana

1. Jalan-jalan di The Heritage Palace

Di tempat wisata ini tentunya Anda akan disuguhkan dengan berbagai jenis wahana yang unik. Spot-spot foto yang menarik, Anda bisa jalan-jalan di sepanjang jalan selama tour. Meskipun perjalanan Anda jauh, Anda tidak akan lelah karena Anda dapat menemukan kesenangan dan hal-hal baru.

2. Anda dapat mengambil foto di setiap lokasi

Seperti yang kita ketahui bersama, bangunan bersejarah ini merupakan wisata yang menawarkan spot foto terbaik dan juga instagenic. Tak heran jika banyak selebriti datang ke sini agar bisa menghasilkan foto terbaik. Juga, banyak fotografer menggunakan tempat ini sebagai latar belakang untuk mengambil gambar.

Nah, dengan banyaknya spot foto yang instagenic, tentunya kamu nggak harus pilih-pilih mencari spot yang menarik untuk diunggah ke Instagram. Pastikan Anda memiliki kamera yang siap dan Anda dapat menata rambut Anda untuk mengambil gambar yang bagus.

3. Manfaatkan tampilan yang ada

Destinasi wisata Istana Pusaka Surakarta akan dibuka mulai pukul 09:00 hingga 18:00, yang artinya Anda bisa menikmati pemandangan di sore hari. Pasalnya, saat sore hari tiba, pengelola tempat wisata ini akan menyalakan lampu jalan. Bentuk lanskap akan semakin indah saat sore hari tiba.

Tak heran jika banyak orang yang datang pada sore hari agar bisa menikmati pemandangan keindahan dan keagungan bangunan tersebut. Namun, pada siang hari, pemandangan di wisata ini tidak kalah bagusnya. Bahkan pencahayaan akan lebih baik jika Anda memutuskan untuk mengambil foto di siang hari.

Fasilitas yang tersedia di Heritage Palace Sukoharjo

Fasilitas Istana WarisanKredit gambar: Google Maps Khirzuddin Udin

1. Fasilitas Kota Anak

Karena ini adalah kunjungan keluarga, tentunya The Heritage Palace menjadi destinasi yang sangat ramah anak. Terdapat fasilitas bermain untuk anak-anak agar mereka betah saat mengunjungi gedung ini.

2. Fasilitas food street

Food street adalah salah satu fasilitas yang paling umum ketika datang ke tujuan wisata. Saat berjalan-jalan di sekitar The Heritage Palace tentu tidak akan lengkap rasanya jika belum mencoba menu street food dari makanan yang telah disediakan. Anda bisa menikmati cita rasa jajanan khas Solo yang bisa dibeli dengan harga terjangkau.

3. Ada toilet umum

Toilet umum merupakan salah satu fasilitas yang paling nyaman, apalagi jika wisatawan membawa anak-anaknya. WC umum ini membuat wisatawan lebih nyaman karena tidak perlu meninggalkan destinasi wisata untuk mencari WC umum.

4. Memiliki tempat parkir yang luas

Area parkir ini sangat luas sehingga bus wisata juga bisa masuk ke area parkir. Jadi ketika Anda dan rombongan ingin mengunjungi destinasi wisata ini, Anda tidak perlu khawatir mencari tempat parkir.

Bagi anda yang datang menggunakan sepeda motor jangan khawatir karena ada tempat parkir khusus roda 2, anda juga bisa menitipkan kendaraan anda pada penjaga disana.

5. Ada tempat duduk

Bagi pengunjung yang lelah setelah berjalan-jalan di kawasan wisata dapat beristirahat dengan duduk di kursi yang telah disediakan. Biasanya tempat tersebut akan diletakkan di pinggir jalan, sehingga Anda bisa menikmati pemandangan banyak turis yang berfoto sambil bersantai di kursi.

Nah, itulah sekilas informasi yang bisa diberikan kepada Anda tentang peninggalan keraton di Sukoharjo. Dengan keunikan yang mampu menarik wisatawan, tentunya Anda tidak ingin melewatkannya bukan? Pastikan untuk membawa peralatan yang diperlukan seperti kamera dan air minum.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button