Air Terjun Tibumana, Air Terjun Indah Penuh Pesona di Bangli - WisataHits
wisatahits

Air Terjun Tibumana, Air Terjun Indah Penuh Pesona di Bangli

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 08.00-18.00 WIB, Alamat: Jl.Setra Agung, Apuan, Kec. Menyusut, Kab. Bangli, Bali; Kasus: Cek lokasi

Air Terjun Tibumana merupakan salah satu tempat wisata di Indonesia yang menjadi perbincangan hangat beberapa bulan terakhir. Lokasinya yang berada di pulau dewata, Bali, yang dengan cepat membuat nama air terjun ini dikenal. Pulau Bali merupakan pulau yang kaya akan keindahan alam. Maka tak heran jika tempat wisata alam di sini sangat digemari wisatawan.

Meski tidak memiliki air terjun dengan ketinggian lebih dari 100 meter seperti di Jawa Timur, air terjun di Bali ini tetap menawarkan keindahan alam yang menyenangkan. Kesegaran alam akan membuat siapapun betah meski telah menghabiskan banyak waktu. Tebing berbatu basah yang dihiasi tanaman hijau memberikan rasa damai.

Air terjun Tibumana sering dijuluki air terjun kembar. Ini karena drainase air. Jadi jika debit airnya besar, air terjun di Bali akan terbelah menjadi dua. Namun jika arusnya rendah, maka arusnya hanya satu, yaitu menyelam ke kolam di bawahnya. Jika Anda memiliki waktu luang, tidak ada salahnya untuk singgah sejenak di tempat ini.

Penawaran Atraksi Air Terjun Tibumana

Air Terjun TibumanaKredit gambar: Google Maps Veronica

1. Air Terjun Mempesona

Bagi yang ingin berwisata ke sini tentunya harus mengetahui terlebih dahulu atraksi yang ditawarkan oleh destinasi wisata ini bukan? Jangan khawatir Air Terjun Tibumana yang sedang viral saat ini menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan. Maka tak heran jika banyak pengunjung yang ingin datang dari jauh untuk menyaksikan keindahannya.

Meski harus menuruni banyak anak tangga terlebih dahulu, Anda akan disuguhkan pemandangan pepohonan hijau yang rindang di sepanjang jalan. Hal ini tidak hanya membuat pemandangan menjadi begitu indah, namun pepohonan memberikan suasana rindang membuat pengunjung betah berlama-lama di air terjun.

2. Lanskap Hijau

Saat memasuki kawasan Air Terjun Tibumana, pengunjung akan disuguhi objek wisata yang kaya akan nuansa hijau. Pepohonan yang rindang memberikan kesejukan bagi semua wisatawan yang menuju ke tempat wisata tersebut. Perjalanan tidak akan melelahkan sama sekali berkat keindahan yang ditawarkan.

Air terjun di sini juga dikelilingi tebing yang ditumbuhi tanaman hijau. Ini akan memberikan pemandangan yang menenangkan bagi semua orang yang melihatnya. Jadi, tidak hanya dikenal dengan keindahan air terjunnya saja, Anda juga akan mendapatkan pemandangan tempat wisata yang menakjubkan.

3. Gua di belakang air terjun

Tempat Wisata di Air Terjun TibumanaKredit gambar: Google Maps M. Konev

Hal menarik ketiga yang akan Anda temukan di Air Terjun Tibumana adalah goa di belakang air terjun. Jadi, tidak hanya dikenal sebagai air terjun kembar, tapi di balik air terjun tersebut terdapat tebing yang bentuknya mirip mulut gua.

Namun penduduk setempat tidak menyarankan wisatawan untuk mendekati gua tersebut karena kondisinya sangat gelap dan sempit. Jadi kalau mau lihat gua bisa dari jauh. meski rasa penasaran sedang memuncak, kamu tetap perlu menjaga keselamatan saat traveling nanti.

4. Mudah dijangkau

Beberapa orang mungkin tidak begitu tertarik untuk mengunjungi Air Terjun Tibumana karena malas mendaki dan trekking melewati hutan lebat dan medan yang sulit. Tapi jangan khawatir, di air terjun kembar ini Anda tidak akan merasakan hal-hal sulit seperti itu.

Karena akses menuju lokasi wisata sangat mudah untuk dicapai. Anda hanya perlu berjalan melewati hutan yang tidak begitu lebat namun masih rindang. Jalannya juga mudah dilintasi karena dibangun dengan semen. Namun ada juga yang masih berupa jembatan kayu sehingga kesan alami tetap terjaga di tempat wisata ini.

Alamat dan rute perjalanan menuju lokasi

Alamat air terjun TibumanaKredit gambar: Google Maps Matteo

Objek wisata air terjun Tibumana berada di Bangli, Bali. Lokasinya tidak begitu jauh dari Kota Denpasar atau sekitar 1 jam jika menggunakan kendaraan. Akses menuju lokasi juga cukup baik, hanya ada beberapa jalan yang berkelok-kelok. Namun Anda perlu memastikan kondisi fisik Anda baik saat berkendara nanti.

Air terjun ini sangat mudah dijangkau, apalagi jika membawa kendaraan sendiri. Karena satu-satunya alat transportasi yang bisa mengantar Anda ke lokasi wisata adalah ojek. jadi akan lebih mudah jika anda membawa sepeda motor atau mobil pribadi. Jika nantinya ingin memarkir kendaraan, tidak perlu khawatir karena sudah ada area parkir yang bisa digunakan di dekat pintu masuk kawasan wisata.

Nah bagi anda yang sudah memasuki tempat wisata, lanjutkan perjalanan menuruni anak tangga. Jalannya sedikit terjal jadi berhati-hatilah saat akan berlibur di lokasi wisata alam ini. Setelah tiba nanti, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang begitu menakjubkan sehingga rasa lelah pun hilang seketika.

Tiket Masuk Air Terjun Tibumana

Tiket Masuk Air Terjun TibumanaKredit gambar: Google Maps Paul Amiguet

Bagi yang ingin berlibur ke Air Terjun Tibumana, ada biaya masuk yang harus Anda bayar. Jika Anda membawa kendaraan sendiri, Anda juga harus membayarnya. Tapi jangan khawatir, harganya sangat terjangkau. Bahkan dibandingkan dengan keindahan yang akan Anda temukan di sana, harga yang ditawarkan tentunya jauh lebih murah.

Tiket masuknya sendiri adalah 5.000 rupee. Jika Anda membawa kendaraan pribadi seperti sepeda motor, Anda harus membayar biaya parkir sebesar Rs 5.000. Tetapi jika Anda membawa mobil, biaya parkir akan lebih tinggi, 10.000 rupee.

Aktivitas Seru di Air Terjun Tibumana

Aktivitas Seru di Air Terjun TibumanaKredit gambar: Google Maps Lia Lt

1. Nikmati keindahan yang disajikan

Berbagai aktivitas seru dan menyenangkan bisa kamu dapatkan di Air Terjun Tibumana. Yang pertama adalah menikmati keindahan yang dihadirkan. Walaupun untuk sampai ke tempat wisata tersebut harus melalui jalan yang sedikit terjal dan licin, namun ketika sampai di kemudian hari, semua itu akan terbayar dengan keindahan alam tempat wisata tersebut.

Pepohonan yang rimbun juga akan membuat wisatawan betah dan nyaman dengan suasana yang ditawarkan, ditambah lagi dengan kicauan burung yang akan menambah nyamannya suasana perjalanan anda.

2. Permainan air

Setelah datang ke air terjun Hits ini, rasanya kurang puas jika tidak langsung merasakan kesejukan airnya. Karena di bawah akan ada cekungan yang akan menerima air yang mengalir dari atas. Saat musim kemarau, air di sini terlihat sangat jernih dan warnanya biru.

Namun berbeda saat musim panas tiba, justru airnya berubah warna menjadi cokelat. Wisatawan yang datang bisa bermain air sepuasnya di sini. Tapi hanya di pinggirnya dan dilarang berenang di tengahnya. Apalagi jika berada langsung di bawah air terjun, pengunjung tidak diperbolehkan berenang di sana karena berbahaya.

3. Bersantai di air terjun

Bagi yang ingin bersantai, Anda bisa menggunakan gazebo yang ada di kawasan wisata tersebut. Pengunjung dapat menggunakan fasilitas ini secara gratis. Biasanya, orang yang membawa rombongan atau anak-anak akan menggunakan gazebo untuk beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan.

Di gazebo, wisatawan bisa bersantai sambil melihat pemandangan sekitar. Udara segar di lokasi air terjun Tibumana membuat segala penat dan penat hilang seketika.

Fasilitas yang tersedia di sekitar air terjun

Fasilitas Air Terjun TibamannaKredit gambar: Google Maps Matteo

Banyak sekali fasilitas yang tersedia di Air Terjun Tibumana. Artinya di air terjun ini pihak pengelola sudah sangat baik dalam menjaga dan merawat tempat wisata populer ini. Dari tempat parkir yang cukup luas. Area ini bisa digunakan untuk pengunjung yang membawa kendaraan pribadi.

Selain itu, Anda juga akan menemukan toilet dan ruang pembilasan. Mereka yang sudah selesai bermain air biasanya akan mengganti pakaian basahnya dengan pakaian lain. Di ruang bilas ini Anda bisa berganti pakaian dengan aman dan nyaman. Toiletnya juga terawat dengan baik, jadi selalu bersih.

Dan bagi yang ingin beristirahat, sudah ada gazebo yang disediakan pengelola wisata. Dengan demikian, bagi yang sudah selesai melakukan berbagai aktivitas bisa menggunakan gazebo. Meski tidak begitu banyak, namun setidaknya pihak pengelola menyediakan banyak fasilitas untuk membuat wisatawan merasa nyaman.

Air Terjun Tibumana merupakan salah satu destinasi wisata alam terbaik di Bali. Meski masih banyak tempat wisata populer lainnya, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi air terjun kembar ini. Karena banyak keindahan yang bisa Anda temukan dengan harga terjangkau.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button