Nepal Van Java, destinasi wisata yang lagi hits di Jawa Tengah - WisataHits
Yogyakarta

Nepal Van Java, destinasi wisata yang lagi hits di Jawa Tengah

JURNALACEH.COM- Jawa Tengah (Jawa Tengah) tentunya sangat terkenal dengan destinasi wisatanya. Bahkan, warga lokal maupun mancanegara kerap berkunjung ke provinsi yang beribukotakan Semarang itu pada akhir pekan.

Daerah yang berbatasan langsung dengan provinsi DI Yogyakarta ini menyimpan sejuta cerita tentang keindahan alam semesta. Sehingga tidak heran jika pengunjung terkadang lupa menyebutkan bahwa kawasan ini adalah Jogja.

Sebut saja destinasi wisata dunia Candi Borobudur yang jaraknya sekitar 40 km dari kota Jogja, atau Candi Prambanan yang jaraknya lebih dekat. Tidak jarang wisatawan mengira dirinya masuk dalam wilayah administratif Jogjakarta. Padahal Prambanan sendiri terjepit di antara dua provinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Baca Juga : 8 Arti Mimpi Kehilangan Motor Menurut Pendapat Islam

Selain dua destinasi wisata dunia yang disebutkan di atas, ada satu tempat yang sedang ramai diperbincangkan masyarakat Indonesia, yaitu “Nepal Van Java”. Kawasan ini menawarkan pemandangan yang unik dan indah dengan latar belakang pegunungan.

Kawasan itu termasuk Dusun Membutuhkan, Desa Temanggung Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Dusun tersebut menjadi viral karena panorama rumah-rumah yang bertumpuk di lereng gunung, seperti pemukiman di gunung Himalaya di Nepal.

Tidak berlebihan jika dibandingkan dengan Nepal, negeri sejuta panorama. Karena desa ini berada di ketinggian 1.620 mdpl. Selain itu, tata letak rumah-rumah yang tertata rapi di lereng gunung menyerupai “Namche Bazaar” di kota pedesaan Khumbu Pasanglhamu di Distrik Solukhumbu, Provinsi No. 1 di timur laut Nepal.

Baca Juga: Arti Mimpi Kelahiran Bisa Jadi Pertanda Baik Tapi Bisa Juga Berarti Perubahan

Jika “Namche Bazaar” berlatar pegunungan Himalaya, tak kalah menariknya adalah Nepal Van Java yang terletak di kaki Gunung Sumbing.

Seperti dilansir JurnalAceh.com dari berbagai sumber, desa ini juga sering dijadikan base camp bagi para pendaki gunung yang ingin mendaki Gunung Sumbing. Pemandangannya yang indah dengan pemandangan Gunung Sumbing dan rumah-rumah yang tertata rapi menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button