Tiket masuk dan atraksi wisata waduk sermo - WisataHits
wisatahits

Tiket masuk dan atraksi wisata waduk sermo

Tiket masuk dan atraksi wisata waduk sermo

Harga tiket masuk Waduk Sermo: Rp 6.000-15.000. Jam buka: 07:00 – 17:00. Nomor telepon: -. Alamat: Sremo Lor, Hargowilis, Kokap, Kulon Progo, DI Yogyakarta, Indonesia, 55653.

Tidak diragukan lagi, Yogyakarta memang kaya akan wisata alam. Potensi keindahan alam tersebut dikembangkan menjadi tempat wisata yang megah. Sebagai tangki semo di Kulon Progo, Yogyakarta.

Tak hanya pantai, Jogja memiliki pesona pegunungan dan danau yang indah. Nama waduk ini mungkin masih asing bagi wisatawan. Namun, pesonanya patut diapresiasi. Bahkan pesona keindahannya seperti Ranu Kumbolo di lereng Gunung Semeru.

Baca: TEMPAT WISATA DI JOGJA: 49 Destinasi Anti Mainstream

Harga Tiket Masuk Waduk Sermo Kulon Progo

Pengunjung yang ingin berkemah hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 6.000.

Biaya masuk
Tiket masuk Waduk Sermo Rp6.000
Tiket perkemahan Rp 15.000

Baca: Tiket Masuk BUGEL BEACH Kulon Progo dan Aneka Aktivitas

Jam operasional

Tempat wisata ini buka setiap hari dari pagi hingga sore hari. Namun, bagi pengunjung yang berkemah, wisata dibuka 24 jam sehari.

Jam operasional
Setiap hari 07.00 – 17.00 WIB

Obyek wisata Waduk Sermo

Keindahan Waduk SermoKeindahan Waduk Sermo. Foto: Gmap/Rizal Bahriawan

Baca: Eksotis Bendungan Kamijoro Saat Matahari Terbenam di Sungai Progo

Waduk Sermo seperti Ranukumbolo yang termasuk Kulon Progo. Tempat ini memiliki sebuah danau yang begitu jernih dengan warna kehijauan. Lingkungannya penuh dengan pepohonan yang rimbun dan hijau. Tak hanya itu, rerumputan yang menutupi seluruh permukaan tanah membuat keindahannya semakin indah.

Langit biru dengan awan menambah keindahan pesona di sekitar kawasan ini. Selain itu, air waduk yang jernih menampilkan pantulan awan dan pepohonan di sekitarnya. Terkadang air danau yang tenang tampak terganggu oleh ikan atau hewan yang menyentuh permukaan.

Udara di waduk sangat sejuk bahkan pada siang hari pengunjung tidak akan merasa kepanasan. Padahal matahari bersinar sangat terang. Menikmati keindahan sangkar semakin lengkap saat angin berhembus perlahan membelai lembut kulit tubuh.

Baca: 7 Tempat Wisata Menarik di Kulon Progo

Pemakaman Waduk Sermo

Waduk Sermo diresmikan pada tahun 1989 oleh Presiden Soeharto. Pembangunan objek wisata ini terbilang sangat cepat yakni 2 tahun 8 bulan. Luas waduk sekitar 7.000 hektare, sehingga waktu pembangunannya yang memakan waktu dua tahun terbilang cepat. Dan sistem irigasi disini merupakan kelanjutan dari beberapa sistem irigasi dari berbagai daerah.

Waduk Sermo dibangun di tengah Pegunungan Menoreh. Agar pemandangannya begitu indah, selain pemandangan waduk, wisatawan juga berhak menikmati pemandangan pegunungan yang indah. Dan selain sebagai tempat wisata, waduh ini juga masih dijadikan sumber air minum oleh PDAM.

Baca: Pintu Masuk dan Atraksi Taman Sungai Mudal

Selain keindahan dan fungsinya, membangun kepercayaan masyarakat. Dimana Sermo merupakan nama leluhur masyarakat setempat yang disebut Mbah Sermo. Ternyata, di tengah danau terdapat makam Mbah Sermo yang telah meninggal puluhan tahun silam. Meski dikabarkan telah dipindahkan, namun sebagian masyarakat meyakini makam tersebut masih berada di tempat aslinya.

Berkemah di Waduk Sermo

berkemah di sekitar waduk sermoPengunjung dapat melakukan kegiatan berkemah di sekitar waduk. Foto: Google Maps/Maulida Farahanita

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Wisata Mangrove Kulon Progo

Waduk Sermo adalah tempat yang indah untuk bersantai dan menikmati alam. Keindahannya membuat siapapun betah berlama-lama disana. Pengunjung juga bisa berkemah di sekitar waduk. Di sini telah disediakan tempat untuk semua orang yang akan datang berkemah di tepi danau.

Serunya camping, pengunjung bisa menikmati pemandangan sejuk di pagi hari. Di pagi hari, area waduk akan diselimuti kabut putih. Terkesan mistis, namun penuh pesona keindahan. Kesegaran dan kesegaran udara akan menyambut pagi dengan lembut.

Perlahan matahari pagi muncul di balik pegunungan Menoreh. Menampilkan cahaya kuningnya yang mempesona. Kabut seolah tersapu oleh cahayanya dan danau memantulkan cahayanya. Pemandangan pagi yang indah disini.

Mengunjungi waduk dengan perahu motor

Pengunjung bisa berfoto di kawasan ini saat air surutPengunjung bisa berfoto di area ini saat air surut. Foto: Gmap/VBY PENDAFTARAN

Baca: Tiket Masuk dan Spot Foto PULE PAYUNG Kulon Progo

Tidak puas melihat tangki dari daratan. Untungnya, Waduk Sermo menyediakan semua itu. Pengunjung dapat mengelilingi waduk menggunakan perahu motor dengan harga murah.

Terletak di antara danau, pengunjung akan disuguhi pemandangan yang begitu menakjubkan. Pegunungan Menoreh begitu dekat. Seolah dikelilingi oleh hutan dan pegunungan yang indah.

Jangan lupa untuk mengabadikan momen menarik ini. Berfoto di atas perahu dengan latar belakang panorama yang indah. Pengunjung dapat meminta orang yang menemani untuk mengambil foto. Biasanya petugas akan mengarahkan pasukan untuk mendapatkan latar belakang yang tepat.

Getek Istimewa

Air danau yang jernihAir danau yang jernih di Waduk Sermo. Foto: Gmap/Sbat SS

Baca: Tiket Masuk KALIBIRU TOUR Jogja dan Pesona Alam

Sebagian orang mungkin masih asing dengan “gethek”. Getek adalah alat transportasi air seperti perahu. Namun pembuatannya hanya menggunakan bambu yang dijajarkan di atas lahan seluas kurang lebih 2 x 2 meter. Getek juga menggunakan bambu panjang untuk bergerak, fungsinya sama seperti dayung.

Mengendarai gethek bisa jadi cukup memacu adrenalin, meski tidak berbahaya. Pengunjung dapat menikmati pemandangan sambil merasakan sensasi menaiki getek. Gerakan gethek yang agak tidak terduga dan tidak terkendali membuat pengunjung tetap waspada. Bahkan, pengunjung juga harus siap basah karena permukaan tokek sedikit tergenang air.

Meski begitu, wahana gethek sangat seru untuk dicoba. Ini akan menjadi pengalaman berharga untuk bepergian dengan transportasi tradisional di tempat yang menawan.

Aktivitas di Waduk Sermo

kawasan waduk yang hijau dan asriWaduk Sermo Kulon Progo. Foto: Gmap/Yon Adigonel

Selain menjadi tempat wisata, waduk ini juga kerap menjadi lokasi berbagai kegiatan. Seperti melatih Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk misi penyelamatan. Tempat ini juga digunakan sebagai tempat perlombaan perahu naga atau lomba dayung. Ditambah berbagai kegiatan outdoor mulai dari sekolah, kampus, organisasi, bisnis hingga pemerintahan.

Tempat yang menjadi rumah bagi 14 spesies burung ini begitu asri sehingga digunakan untuk berbagai aktivitas. Kicau burung-burung ini seakan menjadi pengiring musik selama kegiatan berlangsung.

Lokasi tangki sermo

Obyek wisata ini terletak di Dusun Sermo, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kulon Progo. Waduk ini berjarak 30 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Untuk mencapai tempat wisata ini, dibutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan darat.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button