Gili Meno Lombok – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan - WisataHits
wisatahits

Gili Meno Lombok – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan

Atraksi, Aktivitas Liburan, Fasilitas, Lokasi dan Biaya Perjalanan – Gili Meno salah satu pulau eksotis Lombok dengan keunikan dan pesona alamnya yang menawan. Kawasan wisata bahari yang menarik untuk dijelajahi saat berlibur.

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp85.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Gili Indah, Kec. Pemenang, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat; Kasus: Cek lokasi

Nusa Tenggara merupakan wilayah Indonesia dengan pesona yang beragam. Mulai dari Bali yang begitu terkenal, keindahan Lombok yang menjadi rumah bagi berbagai wisata bahari, hingga Pulau Komodo yang menjadi rumah bagi reptil purba khas Indonesia.

Gili Meno Lombok sendiri merupakan rangkaian pulau-pulau kecil di kawasan tersebut. Daerah ini merupakan bagian dari Kepulauan Gili di sekitar pulau utama Lombok. Ada Pulau Gili Trawangan dan Gili Air di sekitarnya.

Lokasi wisata ini berada di seberang salah satu destinasi favorit Lombok yaitu Pantai Senggigi. Dari tempat wisata tersebut, pemandangan pulau ini begitu menakjubkan. Terletak di tengah lautan yang luas dan pantai serta hutan yang dilindungi, tempat ini sangat menakjubkan.

Atraksi Gili Meno Lombok

Aktivitas Gili Meno LombokKredit gambar: Twitter Pelayanan pelanggan

Meski tidak sepopuler pulau-pulau di sekitarnya, destinasi kecil ini memiliki sesuatu untuk semua orang yang berkunjung. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa beberapa wisatawan tertarik dengan tempat wisata tersembunyi ini.

1. Hamparan pantai yang berpadu dengan kejernihan air laut

Sama seperti wisata pulau pada umumnya, Gili Meno juga memiliki pantai yang membentang di sekelilingnya. Hamparan pasir putihnya sedikit berwarna kuning. Teksturnya lembut sehingga sangat cocok untuk dicicipi langsung tanpa alas kaki.

Pantai di sana landai, sehingga sangat nyaman bagi pengunjung untuk menjelajah. Anda tidak perlu khawatir saat menikmatinya karena bentuknya yang membuat tempat ini aman saat dilewati. Kondisinya cukup bersih, yang membuatnya sempurna.

Keindahannya seakan menyatu dengan kejernihan lautan yang mengelilinginya. Air laut di dekat pulau terlihat biru menandakan masih murni dari berbagai pencemaran dll. Ombaknya juga relatif tenang, yang memungkinkan setiap orang yang ada di sana merasa nyaman dan damai berkat keharmonisan alam.

2. Penangkaran penyu

Berlibur di pulau eksotis ini, pengunjung tak hanya disuguhkan keindahan alamnya. Namun, di tempat ini terdapat penangkaran penyu. Banyak penyu di sana adalah penyu hijau yang sangat terancam punah di alam liar.

Tempat konservasi ini seolah menjadi daya tarik tersendiri bagi yang ingin singgah di pulau ini. Karena berbagai hal bisa dilakukan di tempat ini. Pengunjung tentu bisa melihat secara langsung proses kehidupan penyu, mulai dari telur hingga dewasa.

Seperti halnya penangkaran penyu di Tanjung Benoa Bali, penyu di tempat ini nantinya akan dilepasliarkan saat berusia sekitar 6 bulan. Ia tentu melewati beberapa mekanisme untuk memastikan kelangsungan hidupnya saat berada di laut lepas.

Selain itu, penyu yang terluka atau ditangkap secara ilegal oleh masyarakat akan memasuki penangkaran ini secara permanen. Pengunjung dapat melihat bagaimana penyu hidup di laut lepas, dengan begitu diharapkan tingkat kesadaran masyarakat akan kehidupan makhluk laut dapat muncul.

3. Perpaduan hutan mangrove dengan danau asin di tengah pulau

Jika Anda berlibur ke destinasi Gili Meno di sekitar Lombok, bersiaplah untuk terkesima dengan salah satu fitur alam yang ada. Karena pulaunya sangat kecil, pepohonan yang tumbuh di sana didominasi oleh mangrove. Tumbuhan terlihat seperti hutan karena jumlahnya sangat banyak.

Uniknya, hutan mangrove tumbuh di sekitar pulau dan juga danau di tengahnya. Ya, destinasi ini memiliki danau di dalamnya. Keistimewaan lain dari tempat ini adalah air asin. Air di danau ini bukanlah air tawar seperti danau pada umumnya.

Diperkirakan danau tersebut merupakan lubang air yang cukup besar. Lubang muncul di tengah tujuan yang datang dari lift. Oleh karena itu, danau ini selalu menyimpan air laut, apalagi karena ukurannya yang kecil, danau ini juga banyak dipengaruhi oleh air laut.

Hutan mangrove yang tumbuh seolah menyatu dengan panorama danau asin. Pengunjung dapat menikmati keindahan kombinasi alam. Perpaduan bentang alam menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Pulau Nusa Tenggara Barat.

4. Suasana soliter dan romantis

Nuansa yang hadir saat mengunjungi destinasi eksotis Gili Meno begitu syahdu. Pulau ini terletak cukup jauh dari keramaian wisata lainnya, sehingga relatif sepi. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa wisatawan ingin berlibur ke sini. Suasana menjadi begitu romantis jika berkumpul dengan pasangan.

Banyak dari pengunjung yang sering mengunjungi tempat wisata ini adalah para pecinta yang akan berbulan madu. Tentu saja, pulau ini sangat cocok dengan pulau kecil ini karena kondisi sekitarnya yang menguntungkan.

Alamat dan rute ke Gili Meno Lokasi

Alamat Gili MenoKredit gambar: Twitter Indonesia yang indah

Tempat wisata ini terletak di pusat kepulauan “Gili” di bagian barat laut Lombok. Terletak di tengah Pulau Gili Air dan Gili Trawangan yang menjadi destinasi populer di Lombok. Waktu tempuh untuk mencapai destinasi ini dari pusat kota Mataram kurang lebih 45 menit.

Untuk menuju lokasi wisata tersebut dapat ditempuh dengan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan naik perahu atau speed boat dari pelabuhan Bangsal. Pelabuhan ini terletak di Jalan Bangsal Baru di wilayah Pemenang Barat. Lokasinya berada di Kabupaten Lombok Utara. Terletak di bagian barat Pantai Senggigi.

Durasi untuk mencapai pulau dengan speedboat bisa ditempuh dalam waktu kurang dari setengah jam. Namun selain Lombok, pengunjung bisa mencapai tempat ini dari Bali. Ada beberapa pelabuhan yang terletak di Pulau Dewata yang bisa membawa wisatawan untuk datang ke destinasi yang indah ini.

Diantaranya Pelabuhan Serangan di Denpasar, Pelabuhan Padang Bai, Karangasem, hingga Pantai Sanur. Wisatawan harus menggunakan speed boat atau kapal cepat untuk sampai ke tempat tujuan. Namun, jalan tersebut hanya bisa mencapai pulau Gili Trawangan. Karena pulau ini paling dekat dengan Bali.

Sesampainya di Gili Trawangan, wisatawan yang ingin mengunjungi Pulau Gili Meno harus menggunakan perahu kecil.

Biaya Perjalanan ke Gili Meno Lombok

Biaya Perjalanan ke Gili Meno LombokKredit gambar: Twitter Indonesia yang indah

Untuk bisa singgah di tempat wisata romantis ini, pengunjung bisa mengunjunginya dengan leluasa tanpa harus membayar biaya masuk. Wisatawan yang datang ke pulau ini tidak dipungut biaya. Tentunya akan sangat menyenangkan karena Anda bisa menikmati keindahan tempat tersebut secara gratis.

Namun, diketahui untuk mengaksesnya, pengunjung harus menggunakan perahu dari Lombok atau Bali. Jadi, untuk bisa menggunakan alat transportasi ini membutuhkan biaya. Harga tiket speed boat ke Gili Meno dari Pelabuhan Bangsal sekitar Rp 85.000.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Gili Meno

Gili Meno LombokKredit Gambar: Instagram Wonderful Lombok Sumbawa

1. Berjalan di sekitar pulau

Sudah pasti menjadi aktivitas yang wajib dilakukan di destinasi wisata ini. Garis pantai di sekitar pulau dapat dicapai dalam waktu sekitar 1,5 jam berjalan kaki. Dengan luas yang tidak terlalu besar, kawasan ini bisa diapresiasi dengan segala detail keindahannya.

2. Berenang di pantai

Menikmati keindahan pantai pulau tidak lengkap jika tidak melakukan aktivitas ini seorang diri. Air lautnya sangat jernih dan ombaknya relatif kecil, sehingga aman untuk berenang di sekitar pantai.

3. Temukan pesona kapal selam dengan scuba diving

Pengunjung dapat melakukan kegiatan menyelam atau yang biasa dikenal dengan kegiatan scuba diving di destinasi wisata tersebut. Di pantai barat, ada tempat menyelam yang indah. Dengan kejernihan airnya, wisatawan bisa menikmati terumbu karang dan karang laut di kedalaman hanya 18 meter.

4. Menikmati laut dengan snorkeling

Selain berenang dan menyelam, pengunjung destinasi ini dapat melakukan aktivitas snorkeling. Titik yang disukai untuk melakukan ini adalah di sisi timur laut pulau. Banyak persewaan peralatan snorkeling yang dilengkapi dengan perahu dan pemandu yang siap mengantarkan dan melayani wisatawan.

5. Kunjungi Penangkaran Penyu Gili Meno

Selain melakukan berbagai kegiatan wisata alam, pengunjung yang datang ke destinasi kecil ini dapat melihat penyu yang dilindungi di kawasan konservasi. Wisatawan juga bisa berfoto dengan satwa yang dilindungi.

6. Jelajahi danau air asin dan hutan bakau

Tempat ini berjarak sekitar 1,5 kilometer dari sisi timur laut pulau cantik ini. Waktu tempuh dari pantai sekitar 15 menit. Pengunjung dapat menikmati danau asin yang unik berpadu dengan hutan mangrove di sekitarnya.

Akomodasi murah di sekitar Gili Meno

Akomodasi murah di sekitar Gili MenoKredit Gambar: Produser Digital Instagram. Australia | Pantai Emas

1. Avia Villa Resort

Hostel ini terbilang cukup mewah dan tarif untuk menginap di sana bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Fasilitas yang disediakan antara lain AC, kolam renang, restoran dan juga wifi. Terletak di bagian selatan pulau.

2. Bungalo Meno Colanta

Guest house ini bisa disewa oleh wisatawan dengan biaya murah. Fasilitas yang ada adalah wifi, sarapan pagi dll. Tempatnya di pantai selatan.

3. Rumah Meno

Hotel ini tergolong mewah karena memiliki berbagai fasilitas yang elegan. Ada wifi, kolam renang, restoran, dan kamar yang dilengkapi AC. Penginapan ini berada di utara.

Fasilitas yang tersedia di Gili Meno Lombok

Fasilitas Gili Meno LombokKredit Gambar: Emma Simms Instagram

Saat berkunjung ke Gili Meno, wisatawan bisa menikmati beberapa fasilitas yang ada. Beberapa di antaranya adalah toilet, warung makan, akomodasi. Ada penduduk lokal yang tinggal di pulau itu, sehingga akomodasi wisata cukup mudah. Banyak transportasi tradisional Cidomo yang disediakan oleh penduduk setempat di sana.

Selain itu, pengunjung juga dapat menjelajahi pulau indah ini dengan bersepeda. Beberapa penyewaan sepeda tersedia di lokasi. Namun, wisatawan akan kesulitan mendapatkan sinyal ponsel selama berada di sana karena tempatnya yang cukup terpencil.

Lombok menyimpan begitu banyak keindahan alam. Ternyata keindahannya tak hanya tersembunyi di pulau itu, tapi juga di pulau-pulau kecil yang mengelilinginya. Gili Meno Lombok salah satunya. Berhenti di Nusa Tenggara akan terasa lengkap jika Anda mengunjungi destinasi ini seorang diri.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button