Tiket masuk dan aktivitas di air terjun Jumog - WisataHits
wisatahits

Tiket masuk dan aktivitas di air terjun Jumog

Harga tiket masuk Air Terjun Jumog: Rp 15.000 – Rp 20.000

Air Terjun Jumog merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Di sini wisatawan bisa menikmati keindahan air terjun yang mengelilinginya berupa bukit dengan pepohonan yang asri. Selain itu juga terdapat arena bermain dan kolam renang anak, restoran dan panggung hiburan.

Tempat wisata alam di lereng Gunung Lawu ini dibuka untuk umum sejak tahun 2004. Lokasinya yang strategis karena hanya berjarak sekitar 30 menit dari pusat kota Karanganyar. Air terjunnya tidak terlalu tinggi, namun tetap memancarkan keindahan wisata alam yang unik.

Tiket Masuk Air Terjun Jumog

Untuk menikmati keindahan air terjun ini, pengunjung perlu menyiapkan tiket. Tapi tenang saja, bisa dibilang harga tiket masuknya cukup murah.

Tiket Masuk Air Terjun Jumog
Tiket masuk di hari kerja Rp 15.000
Tiket masuk Sabtu, Minggu dan hari libur nasional Rp20.000

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Grojongan Sewu

Jam Buka Air Terjun Jumog

Wisatawan bisa datang ke kawasan wisata air terjun ini setiap hari. Tempat wisata air terjun ini buka dari pagi hingga sore hari

Jam kerja
Senin Jum’at 08.00 – 16.00
Sabtu Minggu 07.00 – 17.00

Berbagai kegiatan wisata

Air Terjun Jumog menampilkan keindahan alam air terjun dengan berbagai fasilitas penunjang wisata. Sedangkan jumlah wisatawan yang datang pada masa libur panjang bisa mencapai ratusan. Sedangkan waktu terbaik untuk datang ke tempat wisata ini adalah saat masih pagi saat air terjun baru dibuka.

Pendakian Air Terjun

jalan satai menuju air terjun jumogJalur pendakian menuju air terjun dibuat nyaman dan mudah bagi wisatawan – Madang Mol

Akses dari pintu masuk air terjun Jumog tidak sulit. Wisatawan hanya perlu berjalan kaki sekitar 400 meter di sepanjang jalur yang sudah tersedia. Jarak ini dapat ditempuh dengan berjalan kaki melalui kurang lebih 116 anak tangga.

Selama perjalanan di perjalanan, wisatawan akan disuguhi pemandangan yang menakjubkan. Wisatawan tampak berjalan di lembah di antara dua bukit dengan tanaman hijau yang rimbun. Selama perjalanan, Anda juga akan melihat pemandangan di sekitar lereng Gunung Lawu yang megah.

Begitu sampai di air terjun, Anda akan langsung merasakan dingin dan segarnya udara khas pegunungan. Anda juga bisa melihat muara air terjun dan jembatan yang menghubungkan kedua sisi jalur pendakian.

Baca: Aneka Tempat Wisata Seru di Karanganyar

Nikmati keindahan area air terjun

air terjun dari ketinggian 30 meterWisata Air Terjun Jumog memiliki air terjun yang berdampingan dengan ketinggian sekitar 30 meter – Google Maps/joeluluk

Keindahan pemandangan alam kawasan wisata air terjun ini masih hijau dan segar. Pepohonan rindang dan tumbuhan paku-pakuan yang tumbuh di sekitar area membuat udara segar.

Panorama semakin membaik dengan adanya punden berundak yang terbuat dari bebatuan alam. Suara gemericik air terjun berpadu dengan kicau merdu burung-burung yang hidup di kawasan tersebut. Karena keindahannya, banyak wisatawan yang memberinya julukan surga hilang atau surga yang hilang.

Aliran air terjun Jumog begitu deras sehingga membasahi para wisatawan yang berdiri di dekatnya. Curahan air terjun yang deras mengalir ke sungai kecil di depannya. Sungai ini memiliki jembatan yang memungkinkan wisatawan untuk bergerak dari sisi ke sisi.

Baca: Beberapa Tempat Wisata di Tawangmangu Sayang untuk Dilewatkan

Bermain air dan berenang

berenang di kejernihan air terjun Jumog Karang AnyerBermain air dan berenang di aliran air terjun yang jernih dan sejuk – Google Maps/andhikayes

Air Terjun Jumog memiliki air terjun yang berdampingan dengan ketinggian sekitar 30 meter. Curahannya mengalirkan air jernih dan percikan air berupa tetesan embun. Di bawahnya mengalir sungai dengan air dingin dan jernih untuk bermain air.

Luapan air yang menyegarkan ini datang langsung dari pegunungan. Wisatawan yang ingin menikmati kesejukan dan kesejukan air terjun sebaiknya membawa baju ganti. Apalagi untuk mengantisipasi jika Anda terpeleset saat berjalan di bebatuan sungai.

Saat wisatawan yang datang tidak terlalu ramai, suasana alam kawasan ini sangat kental. Apalagi saat cuaca cerah, wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas wisata di air terjun ini. Sementara itu, jika hujan turun sangat deras, kawasan wisata ini akan ditutup karena alasan keamanan.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Lawu Tawangmangu Park

Kolam renang anak Jumog.

kolam renang anak di sekitar air terjunKolam renang anak di kawasan wisata ini sangat cocok untuk para wisatawan, terutama bersama keluarga dan anak-anak -Foto: Google Maps/ Ir FX Maruwah

Melewati pintu masuk kawasan air terjun Jumog terdapat kolam renang anak. Kolam ini sangat cocok, terutama bagi wisatawan dengan keluarga dan anak-anak. Kiddie pool ini juga dilengkapi dengan boat launch yang menambah keseruan aktivitas berenang.

berburu foto

Lokasi foto yang indah dengan latar belakang sungai dan jembatanJembatan yang berada tepat di depan air terjun ini menjadi salah satu spot favorit para wisatawan – Foto: Google Maps/ariesieass

Wisatawan dapat mengabadikan pemandangan indah Air Terjun Jumog dan sekitarnya dengan berfoto. Bagi penggemar fotografi, teknik Long Exposure akan sangat cocok untuk mendapatkan lanskap bertingkat dengan sedikit aliran. Saat cuaca cerah, warna air terjun dan tanaman hijau di sekitarnya akan semakin cerah.

Sebuah jembatan tepat di depan air terjun menjadi spot favorit untuk berfoto. Dari sudut ini, latar belakang air terjun terlihat sangat jernih dan indah di gambar. Bagi yang tidak ingin terkena cipratan air terjun, bisa berfoto dari jarak yang aman.

Baca: Tiket Masuk dan Kawasan Wisata Tjolomadoe Karanganyar

Tradisi Padusan

Sekitar bulan Ramadhan, ada tradisi mandi untuk membersihkan diri yang dikenal dengan istilah “Padusan”. Saat ini banyak wisatawan yang datang untuk melakukan ritual adat di Air Terjun Jumog.

Meredakan

Untuk menunjang kenyamanan, tersedia fasilitas penunjang yang memadai. Seperti toilet dan ruang ganti juga tersedia.

Sedikit ke atas di sisi kanan air terjun terdapat area tempat para wisatawan makan. Makanan khas lokal seperti Sate Kelinci disajikan dalam suasana yang unik. Wisatawan bisa makan di ruang makan berupa meja dan tikar di tepi sungai.

Lokasi Air Terjun Jumog

Air terjun ini terletak di Jalan Plesungan, Gandu, Berjo, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57793.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button