Tiket dan Wahana Sukorambi Botanical Garden - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Wahana Sukorambi Botanical Garden

Ada banyak cara untuk mengagumi ciptaan Tuhan, salah satunya adalah dengan berjalan-jalan di alam. Bisa berinteraksi dengan tumbuhan dan hewan di alam merupakan keindahan tersendiri. Ini bisa dilakukan di Kebun Raya Sukorambi terletak di kota Jember.

Taman wisata di kota santri ini memiliki konsep yang cukup unik dan menarik. Menyukai waktu luang tetapi sambil belajar, dan cocok untuk segala usia. Terdapat berbagai koleksi tumbuhan, hewan dan berbagai wahana bagi pengunjung segala usia.

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Sukorambi

Pengunjung tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk menikmati berbagai aktivitas taman wisata ini. Karena harga masuknya cukup terjangkau. Tidak ada perbedaan antara tiket anak dan dewasa, hanya tiket yang berlaku sesuai periode kunjungan.

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Sukorambi
Tiket masuk Rp 20.000
Kebun Raya Cliff Café (area arcade) Rp 50.000
Sewa tanah Rp 750.000
Area pribadi Jadwal Hari Muslimah dalam seminggu Rp 100.000
Zona Pribadi Muslimah Akhir Pekan Berdasarkan Jam Rp 150.000

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Dira Jember Park

Jam Buka Kebun Raya Sukorambi

Taman ini buka dari pagi hingga sore setiap hari kecuali hari Jumat. Pengunjung bisa datang dan bersenang-senang di taman wisata ini selama jam-jam tersebut.

Jam operasional
Sabtu-Kamis 07.00 – 16.30

Forum Wisata Kebun Raya Sukorambi

kebun raya sukorambiArea taman rekreasi Sukorambi Jember dengan danau buatan dan aneka permainan. Foto: Google Maps/Rhoshandhayani KT

Taman wisata alam ini lahir dari ide MH Abd. Kahar Muzakir. Dengan dana pensiun yang terbatas, pria yang berlatar belakang pertanian ini ingin tetap menyibukkan diri. Ia ingin membuat alternatif wisata bernuansa alam bagi masyarakat Jember, Jawa Timur.

Terciptanya taman wisata alam ini juga merupakan kontribusinya bagi dunia pendidikan. Ia ingin memberikan cara untuk belajar tentang alam sekaligus mengajak masyarakat untuk sadar lingkungan. Panggilan lebih lengkap dari tur ini telah dibahas dalam artikel di bawah ini.

1. Bermain di rumah pohon

Rumah pohon di Kebun Raya Sukorambi.Berjalan di pepohonan. Foto: google maps/August Rhequivalent

Pengunjung bisa mulai mencoba wahana treetop sesampainya di Kebun Raya Sukorambi. Ketinggian rumah pohon ini sekitar 5 meter dari permukaan tanah. Kemudian, dari rumah pohon pengunjung bisa melihat keindahan taman hiburan yang eksotik ini.

Rumah pohon ini tidak terlalu luas, ukurannya hanya 2×2 meter. Oleh karena itu, kapasitas rumah pohon hanya untuk 6 orang saja. Sehingga pengunjung harus bergiliran menikmati keindahan alam rumah pohon tersebut.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana di Malang Night Paradise

2. Mainkan hutan rubah terbang

Rubah terbang di Kebun Raya SukorambiRubah terbang di Kebun Raya Sukorambi.

Flying fox merupakan wahana yang jarang absen dari wisata alam. Begitu pula dengan Kebun Raya Sukorambi. Ada wahana flying fox dengan nama Flying Fox Jungle.

Hutan rubah terbang sangat sulit bagi pengunjung, karena panjangnya sekitar 160 meter. Selain itu, juga memiliki ketinggian adrenalin yang cukup tinggi, yaitu 40 meter. Namun jangan khawatir, pengunjung yang mencoba wahana ini akan dilengkapi berbagai fitur keselamatan.

Dengan spesifikasi tersebut, Flying Fox Jungle memang sangat cocok untuk para petualang ekstrim. Pengunjung akan dibawa melewati lembah dan pepohonan hijau dengan kecepatan penuh. Tentu akan menjadi pengalaman seru yang tak terlupakan.

3. Coba tombro flying fox

Tak hanya hutan flying fox, Kebun Raya Sukorambi juga memiliki flying fox lainnya. Sutradara memberi nama flying fox ini sebagai flying fox tombro. Flying fox tombro lebih dikhususkan untuk pemula.

Tombro flying fox ini setidaknya memiliki panjang 100 meter dan tidak terlalu curam. Kemiringan tombro flying fox hanya sekitar 15 derajat. Inilah mengapa tombro flying fox lebih ramah bagi pemula.

4. Kolam khusus muslimah

kolam renangDi taman hiburan ini juga terdapat berbagai jenis kolam renang.

Kendaraan tunggal ini termasuk langka, bahkan tidak pernah ada di lokasi wisata sejenis. Yaitu kolam renang khusus untuk wanita muslimah. Dengan adanya kolam khusus ini, muslimah memiliki privasi saat berenang.

Sedangkan untuk masuk ke kolam Muslimah, pengunjung dikenakan biaya Rp 10.000,- Pengelola menjamin hanya wanita muslimah yang bisa masuk ke kolam ini. Karyawan yang melayani pengunjung semuanya adalah wanita muslimah.

5. Berkuda

Menunggang Kuda di Kebun Raya Sukorambi JemberDi taman wisata ini pengunjung juga bisa mencoba menunggang kuda. Foto: Google Mas/azzam azzmi

Selain berkeliling taman dengan kendaraan, pengelola juga menyediakan kuda. Pengunjung dapat menunggang kuda sambil berjalan-jalan di taman. Saat ini ada 3 ekor kuda yang disediakan pengelola.

Pengunjung tidak perlu khawatir jika tidak bisa menunggang kuda. Seekor kuda induk akan menemani pengunjung selama berjalan-jalan di taman. Tarif menunggang kuda cukup terjangkau yaitu Rp 10.000.

6. Keindahan 500 spesies flora dan fauna

Merak Burung merak merupakan salah satu jenis satwa liar yang ada di taman wisata ini. Foto: Google Maps/KikinJavaID

Kebun Raya Sukorambi memiliki sedikitnya 500 koleksi flora dan fauna. Berbagai flora dan fauna bertebaran menghiasi setiap sudut taman. Di antara sekian banyak koleksi, cukup banyak flora yang langka.

Tidak hanya dari Jawa, beberapa tanaman juga ada yang berasal dari luar Jawa bahkan dari luar negeri. Untuk koleksi hewan, ada berbagai mamalia hingga unggas. Keanekaragaman satwa dan tumbuhan cocok sebagai tempat pendidikan anak-anak dan pelajar.

Fasilitas Kebun Raya Sukorambi

Taman wisata ini memang dibangun untuk memanjakan pengunjung. Hal ini terlihat dari fasilitas lengkap yang tersedia. Mulai dari tempat parkir yang luas, gazebo, kamar mandi, art cabin hingga villa.

Lokasi dan Kontak Kebun Raya Sukorambi

Taman hiburan ini cukup mudah ditemukan, sekitar 10 menit dari Kota Jember. Alamatnya Jalan Mujahir, Sukorambi, Krajan, Sukorambi, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68151. Untuk reservasi atau informasi lebih lanjut silahkan hubungi 085100707600.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button