10 foto air terjun Jumog Karanganyar, harga tiket, aktivitas, atraksi, dll. - WisataHits
wisatahits

10 foto air terjun Jumog Karanganyar, harga tiket, aktivitas, atraksi, dll.

10 foto air terjun Jumog Karanganyar, harga tiket, aktivitas, atraksi, dll.

Air terjun Jumog ini terdapat tepat di bawah lereng Gunung Lawu. Memberikan kesan asri dan segar membuat tempat ini banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Air terjun ini merupakan salah satu yang paling terkenal di Karanganyar.

Bagaimana bisa? Menampilkan pemandangan alam dan dihiasi pepohonan rindang di kanan dan kirinya membuat semua orang betah dan nyaman berada di kawasan wisata ini. Udara dan hamparan pepohonan memastikan pengunjung tidak merasa lelah saat menaiki tangga.

Air Terjun Jumog Karanganyar

Harga tiket: Rp 15.000
Jam buka: 08:00 – 16:00
Nomor telepon: –
Alamat: Jalan Plesungan, Gandu, Berjo, Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah, Indonesia, 57793

Wisatawan menikmati suasana air terjun Jumog, Karanganyar (Kompas.com Anggara Wikan Prasetya)Wisatawan menikmati suasana air terjun Jumog, Karanganyar (Kompas.com Anggara Wikan Prasetya)

Ada fasilitas menarik seperti ayunan dan taman bermain menarik lainnya. Bagi Anda yang membawa anak-anak, Anda bisa memanfaatkan fasilitas kolam renang anak yang dalamnya hanya sekitar 50cm dan tentunya aman untuk anak-anak dan balita.

Keindahan air terjun Jumog sudah tidak diragukan lagi. Selain menarik, tempat ini juga memiliki mitos yang berkembang di masyarakat sekitar tentang air terjun Jumog. Dengan adanya mitos tersebut menambah rasa penasaran para wisatawan untuk datang ke sini.

Air Terjun Jumog Karanganyar

Ada tempat menarik yang menarik wisatawan untuk datang ke air terjun Jumog yaitu di jalan menuju air terjun terdapat jalur khusus yang bisa digunakan untuk refleksi kaki.

Jalan setapak ini sengaja dibuat dan dilengkapi dengan kerikil bulat yang diletakkan dengan hati-hati. Nah buat kalian yang masih penasaran apa saja yang ada di air terjun Jumog. Yuk, simak artikel selengkapnya di bawah ini.

Asal Usul dan Mitos Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog atau yang biasa disebut Air Terjun Pengantin oleh masyarakat sekitar tidak lepas dari nalar. Karena terdapat 2 air terjun yang berdekatan dalam 1 area.

Penduduk di sekitar tempat ini biasa disebut Grojokan Jumog atau Dugji. Karena air terjun ini memiliki dua komponen maka air terjun di sini disebut air terjun pengantin.

Menurut mitos yang beredar di masyarakat setempat, bagi pasangan yang masih berpacaran dan datang ke sini, bisa lebih dekat ke hal yang lebih serius.

Dengan demikian, bagi yang sudah menikah dan datang ke air terjun pengantin, hubungan kekeluargaannya akan semakin mesra dan harmonis. Namun, itu hanyalah mitos, boleh percaya atau tidak. Itu semua tergantung dan terserah pada masing-masing orang.

Alamat dan rute

Alamat air terjun Jumog tepat di Jln.dk berjo Berjo, Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57793.

Bagi anda yang ingin pergi ke tempat wisata ini. Akses jalan menuju air terjun Jumog cukup mudah untuk dilalui walaupun jalannya cukup menanjak namun anda tidak perlu khawatir karena tanjakannya tidak terlalu tinggi dan aman untuk dilalui.

Jika Anda memulai dari kota Solo, Anda bisa mengikutinya ke arah timur. Jadi jika sudah sampai di Karangpandan tinggal ikuti saja jalan dan petunjuk arahnya.

Jam Buka Air Terjun Jumog

bagi wisatawan yang ingin datang ke air terjun ini, anda bisa datang setiap hari dari pagi hingga sore hari. Berikut detail jam buka Air Terjun Jumog yang harus Anda ketahui:

Jam operasional
Senin Jum’at 08.00 – 16.00
Akhir pekan 07.00 – 17.00

Perjalanan air terjun

Jalur pendakian menuju air terjun dibuat nyaman dan mudah bagi wisatawan - Madang MolJalur pendakian menuju air terjun dibuat nyaman dan mudah bagi wisatawan – Madang Mol

Air terjun yang populer di kalangan wisatawan lokal di Karanganyar dan sekitarnya ini dikelola dengan baik sehingga jalan menuju lokasi air terjun sangat mudah dilalui.

Nyatanya, tidak hanya mudah, tapi juga tertata dengan baik dan sangat keren. Dari gerbang masuk air terjun ini, nantinya Anda harus berjalan kaki sekitar 400 meter untuk sampai ke air terjun.

Perjalanan juga akan menempuh etape yang memiliki sekitar 116 etape. Jadi fisik juga harus siap, karena 116 langkah itu tidak banyak, juga membutuhkan banyak tenaga.

Selama trekking menuju lokasi air terjun, anda akan disuguhkan panorama alam yang menakjubkan, bahkan wisatawan akan serasa berjalan di antara 2 bukit, anda akan serasa berada di lembah dengan suasana yang asri, sepanjang perjalanan di kedua sisi dibudidayakan oleh pohon-pohon tinggi.

Sepanjang jalan, Anda juga akan menemukan pemandangan alam yang indah di sekitar lereng Gunung Lawu. Setelah berjalan kurang dari setengah kilometer, Anda akan sampai di lokasi air terjun dengan suasana yang sejuk dan hawa dingin akan menyapa Anda.

Dengan udara khas pegunungan dan pemandangan indah berupa sungai yang mengalir di muara air terjun serta jembatan yang menghubungkan dua sisi jalur trekking.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Jumog

Anda hanya perlu membayar Rp 5000 per orang untuk masuk ke tempat wisata di Karanganyar ini. Jika membawa kendaraan pribadi maka harus membayar parkir Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Tidak perlu khawatir karena disini sudah tersedia tempat parkir yang cukup luas.

Fasilitas yang tersedia

Ada beberapa fasilitas pendukung untuk kenyamanan pengunjung di sini. Tempat disini juga terjaga dan bersih sehingga suasana liburan disini semakin nyaman. Dilengkapi dengan kolam khusus untuk anak di bawah tujuh tahun. Kolam ini hanya sedalam 50 cm. Oleh karena itu aman untuk anak-anak dan balita.

Nah, bagi anda yang ingin menginap, anda bisa menyewa homestay di kawasan tersebut, jaraknya sekitar 1 km dari tempat wisata air terjun ini. Untuk biaya akomodasi, Anda hanya mengeluarkan uang antara Rp50.000 hingga Rp250.000.

Disini juga dilengkapi dengan gazebo untuk anda beristirahat. Ada banyak warung yang menyajikan makanan ringan dan minuman.

Periksa juga: 15 oleh-oleh khas Karanganyar

Menikmati keindahan kawasan air terjun

Wisata Air Terjun Jumog memiliki air terjun yang berdampingan dengan ketinggian sekitar 30 meter - Google Maps joelulukWisata Air Terjun Jumog memiliki air terjun yang berdampingan dengan ketinggian sekitar 30 meter – Google Maps joeluluk

Liburan alam selalu menjadi pilihan terbaik untuk melepas dahaga liburan kita, apalagi dengan keseharian aktivitas kantor dan kampus kita tentunya terkadang membuat kita lelah, jenuh bahkan stress.

Nah, mengunjungi air terjun Jumog ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk menyegarkan pikiran agar tetap fokus dan rileks.

Air terjun Jumog ini memiliki keindahan alam yang luar biasa mempesona, dengan suasana alamnya yang asri, udara pegunungan yang segar pasti akan membuat kita betah berada disini.

Selain itu alam yang mengelilinginya masih sangat terjaga, tentunya udara yang kaya akan oksigen ini akan membuat paru-paru kita merasakan kesegaran yang tiada tara.

Apalagi pahatan-pahatan alam di sekitar air terjun juga tak kalah indahnya, Anda juga akan diperkenalkan dengan keberadaan teras berundak yang terbuat dari bebatuan alam.

Keindahan alam ini akan berpadu dengan gemuruh air terjun dan terkadang juga hembusan embun yang menyegarkan.

Selain itu, burung juga sering berkicau menyambut wisatawan. Sehingga tidak jarang orang menyebut air terjun Jumog ini sebagai surga hilang atau surga yang hilang.

Bermain air dan berenang

Bermain di air dan berenang di aliran Cascade yang jernih dan sejuk – Google Maps dan hikayesBermain di air dan berenang di aliran Cascade yang jernih dan sejuk – Google Maps dan hikayes

Aktivitas yang wajib banget kamu lakukan di waktu senggang di air terjun Jumog ini adalah berenang dan bermain air. Kurang menyenangkan jika Anda memiliki hobi di sini tetapi tidak basah, karena bermain air dan berenang bisa dikatakan sebagai kegiatan liburan utama di sini.

Air terjun dengan ketinggian sekitar 30 meter ini memiliki air yang sangat jernih dan berhembus embun, sehingga Anda akan merasakan kesejukan saat mendekatinya.

Anda bisa bermain air sepuasnya di ‘kolam’ yang berada di depan air terjun dengan air yang sangat segar, karena langsung berasal dari mata air pegunungan.

Jadi kalau ke sini jangan bawa baju ganti karena pasti tidak tega menceburkan diri ke dalamnya.

Kolam Renang Anak Air Terjun Jumog

Kolam renang anak di kawasan wisata ini sangat cocok untuk wisatawan, apalagi bersama keluarga dan anak-anak -Photo Google Maps Ir FX MaruwahKolam renang anak di kawasan wisata ini sangat cocok untuk wisatawan, apalagi bersama keluarga dan anak-anak -Photo Google Maps Ir FX Maruwah

Bagi anda yang sedang berlibur bersama keluarga terutama dengan anak-anak mungkin sedikit khawatir jika anak-anak anda mandi di sungai atau di bawah air terjun, jadi jangan khawatir, karena pihak pengelola tempat wisata ini juga menawarkan fasilitas berenang. kolam renang yang asyik buat anak-anak kebasahan lho.

Kolam ramah anak ini juga dilengkapi seluncuran air yang dijamin seru untuk anak-anak berenang.

Spot Foto Instagrammable

Jembatan yang berada tepat di depan air terjun ini menjadi salah satu tempat favorit wisatawan - foto Google Maps ariesieassJembatan yang berada tepat di depan air terjun ini menjadi salah satu tempat favorit wisatawan – foto Google Maps ariesieass

Air terjun ini memiliki banyak spot foto Instagramable yang wajib banget kamu abadikan. Bagi Anda yang gemar eksis di media sosial, sebaiknya siapkan kamera beresolusi tinggi agar hasil jepretan yang Anda dapatkan lebih segar.

Anda bisa mencoba teknik long exposure yang akan menghasilkan beberapa bidikan yang keren, teknik ini sangat cocok untuk mendapatkan cascading landscape dengan aliran yang lembut. Oh ya, saat cuaca sedang bagus, warna air terjun dan kehijauan di sekitarnya akan semakin semarak.

Salah satu tempat terbaik untuk berfoto adalah jembatan di depan air terjun yang menjadi spot favorit wisatawan untuk berfoto. Nah dari tempat ini kamu akan mendapatkan pose terbaik dengan background air terjun yang sangat jernih.

* * * * * *

Demikian informasi mengenai Air Terjun Jumog Karanganyar yang menawarkan keindahan alam yang mempesona. Abadikan momen liburan Anda menggunakan kamera atau ponsel.

Ingatlah untuk selalu menjaga kebersihan di kawasan wisata dan menghormati aturan yang telah ditetapkan oleh pengelola wisata. Agar liburan Anda lebih menyenangkan dan aman.

Kunjungi juga: 12 air terjun di Karanganyar

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button