Lac Seran, destinasi liburan favorit di Banjarbaru - WisataHits
wisatahits

Lac Seran, destinasi liburan favorit di Banjarbaru

Danau Seran yang kaya akan pesona dan menjadi objek wisata alam lebih baik di Banjarbaru. Sebuah danau indah yang menawarkan berbagai wahana menarik untuk dikunjungi.

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 07.00-18.00 WITA, Alamat: Manggis Guntung, Kec. Peron Ulin, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan; Kasus: Cek lokasi

Banjarbaru adalah kota yang masih menjadi bagian dari provinsi Kalimantan Selatan. Memiliki segudang sumber daya alam sebagai destinasi wisata membuat kota ini cukup terkenal di mata masyarakat. Salah satu yang menghebohkan dunia travel akhir-akhir ini adalah Danau Seran.

Seiring dengan panorama utamanya, keindahan pemandangan di sekitar danau langsung membuat tempat wisata Banjarbaru ini melambung di berbagai kalangan. Bahkan kabarnya peminatnya akan terus bertambah seiring berjalannya waktu dan tidak menutup kemungkinan Danau Seran akan dinobatkan sebagai destinasi terfavorit di Kalimantan.

Oleh karena itu, jika Anda sedang berada di kawasan ini atau berencana untuk datang, jangan lupa untuk berlibur ke tempat ini. Dijamin kamu akan betah berlama-lama disana. Untuk itu, agar Anda bisa lebih mengenal wisata ini, silahkan simak penjelasannya berikut ini.

Sejarah Singkat Danau Seran Banjarbaru

Sejarah Danau SeranKredit gambar: Google Maps Eirlin Febriana

Meski kini memiliki keindahan surgawi yang mampu memikat hati pengunjung, namun siapa sangka sebelumnya tempat ini tidak dijadikan sebagai tempat wisata. Telaga Seran sebenarnya merupakan kawasan pertambangan PT Galuh Cempaka.

Namun, kegiatan ini sudah tidak berlangsung lagi untuk saat ini, bahkan jika hak milik menetapkan bahwa sampai tahun 2034 danau ini akan selalu berstatus perusahaan pertambangan. Perlu diketahui juga bahwa danau ini terbentuk akibat lama dari hasil galian tambang yang sudah tidak digunakan lagi.

Sehingga ketika hujan terus turun, air tersebut ditampung dalam galian besar dan kemudian menjelma menjadi sebuah telaga besar. Setelah itu, masyarakat memanfaatkannya sebagai sumber pendapatan dengan mengubahnya menjadi tempat wisata yang indah dan alami.

Karena keindahannya, para turis menyerbu dan ingin melihat sendiri kebenarannya. Banyak dari mereka yang datang dari jauh hanya untuk berlibur di Lac Seran yang menawarkan panorama keindahan alam sekitar dan airnya yang jernih.

Tempat wisata milik Lac Seran

Atraksi Danau SeranKredit gambar: Twitter Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Seperti halnya tempat wisata lain yang memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Danau ini memiliki pemandangan sekitar yang sangat memanjakan mata setiap orang yang mengunjunginya. Sudah pasti wisatawan akan terpukau dengan keindahan yang dipunyainya.

Dengan luas 10 hektar, tak heran jika danau ini juga memiliki kedalaman hingga 30 meter. Selama ini, udara di sekitar tempat ini sangat sejuk seperti di pegunungan. Hal ini dikarenakan lingkungan sekitar masih ditumbuhi pepohonan yang rimbun dan hijau.

Bukan itu saja yang akan Anda dapatkan pada liburan Lac Seran. Kejernihan airnya akan menunjukkan kepada Anda dan wisatawan lain kehidupan biota bawah laut. Meski berenang diperbolehkan namun untuk alasan keamanan Anda tetap harus berhati-hati karena kedalamannya sangat curam.

Meski keberadaannya tergolong baru, namun nama Danau Seran selalu menjadi destinasi wisata untuk refreshing. Keunikan lain yang dimilikinya adalah terletak di sebuah pulau kecil di tengahnya. Dimana seluruh permukaannya tertutup oleh rindangnya pepohonan liar.

Namun, Anda akan menemukan ayunan kecil yang menempel pada batang pohon yang tumbuh di sana. Jika mau, Anda dapat mengunjunginya saat berada di tempat tujuan. Dengan cara ini, Anda tidak hanya dapat menikmati pemandangan danau, tetapi juga pulau-pulau kecil di sana.

Daya tarik lain yang mungkin mengejutkan Anda selama kunjungan Anda adalah adanya mitos. Dimana pulau kecil tersebut bernama Pulau Asmara dan jika anda datang kesana bersama pasangan maka hubungan akan langgeng sampai kakek dan nenek anda.

Percaya atau tidak, namun banyak juga wisatawan yang mengajak kekasihnya untuk berkunjung ke Pulau Asmara. Dengan adanya hal-hal yang masih tabu akan menambah kesan unik Danau Seran, sehingga tidak menutup kemungkinan juga untuk menambah jumlah pengunjung.

Lokasi dan rute menuju area Lac Seran

Lokasi Danau SeranKredit Gambar: Google Mapsjumara agustian

Danau Seran terletak di Kecamatan Ulin, Banjar Baru. Bagi anda yang ingin berlibur tidak perlu khawatir jika tersesat, karena rutenya sangat mudah walaupun anda baru pertama kali ke tempat ini. Jika dari kota Banjarmasin, Anda bisa langsung melanjutkan perjalanan ke Banjarbaru Kalimantan Selatan.

Kemudian, jika Anda menemukan persimpangan di lampu merah, silakan belok kanan. Setelah itu Anda tinggal mengikuti jalan lurus sepanjang sekitar 6 km. Nanti ada tanda Lac Seran di pinggir jalan dan kamu sudah sampai.

Jika Anda masih bingung, gunakan Google Maps untuk mempermudah perjalanan Anda. Sedangkan untuk berwisata ke danau ini, usahakan menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil. Hal ini dikarenakan selama ini masih belum ada angkutan umum yang dapat mengantar Anda ke titik lokasi.

Harga tiket masuk kawasan wisata danau

Tiket ke Danau SeranKredit gambar: Google Maps AanKhan 87

Begitu juga jika Anda sedang berlibur di suatu destinasi wisata, maka akan dikenakan biaya masuk atau tiket masuk. Danau Seran dinilai memiliki harga tiket yang sangat murah, yakni hanya Rp 5.000 per orang.

Namun, biaya parkir juga dikenakan harga sendiri, yaitu Rp 3.000 untuk kendaraan bermotor dan Rp 5.000 untuk mobil. Jangan lupa juga siapkan budget tambahan untuk bisa menikmati wahana dan menyewa fasilitas di lokasi.

Kegiatan menarik untuk dilakukan di Lac Seran

Aktivitas di Lac SeranKredit Gambar: Facebook Delila Dhiantie – Buku Harian Dee

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Danau Seran memiliki pulau kecil yang juga bisa dikunjungi. Dengan cara ini Anda bisa melakukan penyeberangan untuk sekedar menikmati pemandangan dari atas perahu yang disediakan pengelola.

Bahkan ketika Anda tiba di pulau, Anda juga dapat mencoba ayunan yang dipasang dengan hati-hati di sana. Aktivitas seru lainnya yang bisa Anda lakukan adalah naik perahu kelotok atau sepeda air. Anda bisa menyewanya dengan harga yang cukup murah.

Dengan dua kendaraan yang cukup menarik, Anda bisa berkeliling danau sambil menikmati keindahan air dan pepohonan yang ada. Suasana yang cukup sejuk akan membuat anda lebih rileks dan tentunya anda akan ketagihan untuk melakukannya lagi.

Jika Anda ingin mencoba sesuatu yang lain, Anda bisa berenang di sekitar danau, tetapi Anda harus selalu waspada dan hati-hati. Anda bisa meminta pemandu untuk menemani Anda untuk berjaga-jaga. Dengan melakukan aktivitas ini Anda akan merasakan sensasi yang berbeda karena Anda bisa berenang di danau yang sangat luas.

Kegiatan terakhir dan wajib dilakukan adalah berfoto. Dengan latar belakang pemandangan yang sangat indah, dipastikan hasil jepretan Anda akan semakin berkelas. Ada juga spot foto yang menarik, yaitu tulisan danau Seran besar di tengah permukaan air.

Fasilitas yang tersedia di Lac Seran

Fasilitas Danau Seran DanauKredit gambar: Google Maps Agus Kurniawan

Lac de Seran menawarkan penawaran yang variatif dan cukup lengkap, bahkan jika dianggap sebagai tempat wisata baru. Diantaranya adalah sepeda air dan perahu kelotok yang bisa digunakan untuk menuju pulau atau sekedar naik di permukaan air.

Anda hanya perlu merogoh kocek Rp5.000/orang untuk menyewa perahu kelotok, sedangkan untuk sepeda air Rp20.000. Tak hanya itu, di kawasan ini juga terdapat beberapa penjual makanan yang bisa Anda manfaatkan sebagai tempat mengisi perut.

Tidak hanya fasilitas tersebut, Danau Sentaran juga menawarkan kebebasan bagi wisatawan untuk berfoto. Pengelola dengan senang hati melakukan berbagai tempat menarik seperti bentuk cinta tepi danau, tulisan Dana Seran, jembatan panjang, dll.

Anda bahkan bisa menyaksikan hiburan musik dangdut secara langsung yang dimulai dari pagi hingga siang hari. Jadi meski sedang bersantai dan tidak melakukan apa-apa, selalu ada hiburan menarik yang bisa mencairkan suasana. Memang, Danau Seran adalah tujuan terbaik.

Sedangkan jika Anda berlibur bersama anak-anak, Anda tidak perlu khawatir jika mereka akan bosan selama Anda menginap. Karena ada beberapa wahana khusus untuk anak-anak agar mereka bisa bebas bermain selama liburan di Lac de Seran.

Ada juga kolam renang anak yang terletak di sebelah danau. Jika si kecil sedang menikmati air kolam, Anda bisa mengabadikan momen tersebut dan hasilnya akan seperti anak berada di danau.

Ke depan, ada rencana yang memungkinkan pembangunan kolam pemancingan terutama bagi wisatawan yang hobi memancing. Sungguh sangat mengasyikkan jika itu benar dan tentu saja Anda harus mencobanya.

Sedangkan untuk fasilitas yang terakhir sendiri, mungkin sudah umum untuk beberapa tempat wisata lainnya. Seperti kamar mandi, tempat parkir, tempat ibadah, dll. Dengan kelengkapan yang akan membuat wisatawan betah.

Demikian penjelasan mengenai Lac Seran yang kini menjadi tempat wisata favorit semua orang. Tak hanya anak muda yang terpikat dengan pesonanya. Namun, juga orang yang sudah memiliki keluarga. Itu sebabnya Anda tidak boleh melewatkannya. Segera atur jadwal liburan ke danau cantik ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button