Sejarah dan Mitos Taman Sari, Tempat Wisata Keraton Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Sejarah dan Mitos Taman Sari, Tempat Wisata Keraton Yogyakarta

Taman Sari Jogja tidak hanya dikenal oleh masyarakat sekitar Yogyakarta tetapi juga para wisatawan. Tempat ini merupakan salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi, terutama oleh wisatawan lokal.

Dengan bangunan yang unik dan bernuansa antik, Taman Sari memiliki daya tarik tersendiri. Namun, di balik keindahannya yang memikat, ada beberapa mitos tentang tempat wisata yang satu ini.

Lihat Dongeng dan Mitos Taman Sari Jogja di bawah ini untuk lebih jelasnya. terus bergulir, Ya memang!

1. Terletak di tempat wisata

Sejarah dan Mitos Taman Sari, Tempat Wisata Keraton YogyakartaTaman Sari Yogyakarta (Dok. Private/Reksita Wardani)

Taman Sari terletak di kompleks megah Keraton Yogyakarta. Lokasi ini sangat strategis karena berada di kawasan dengan tempat wisata.

Bagi Anda yang ingin berwisata, Anda bisa mengunjungi Kompleks Taman Sari, Desa Patehan, Kecamatan Kraton Yogyakarta. Anda akan dimanjakan di dalamnya dengan keindahan dan hal-hal menarik.

Baca Juga: Mitos Keraton Yogyakarta, Komunikasi dengan Penguasa Pantai Selatan

cerita ke-2

Sejarah dan Mitos Taman Sari, Tempat Wisata Keraton YogyakartaTaman Sari Jogja (jbkultur.jogjalearning.org)

Taman Sari dibangun pada masa pemerintahan Sultan Hamengku Buwono I. Memiliki arsitektur yang indah dengan perpaduan budaya yang lengkap seperti budaya Hindu Eropa, Jawa dan Cina. Tempat ini digunakan untuk memandikan permaisuri dan putri raja.

Menurut warga sekitar, Taman Sari adalah sebuah danau besar. Selain itu, dilengkapi pula dengan parit dan segaran atau danau buatan untuk mengakses bangunan pusat keraton.

Taman Sari dibangun sebagai taman kerajaan. Ini termasuk kolam mandi, saluran air, kamar dan kolam besar.

3. Mitos Taman Sari

Sejarah dan Mitos Taman Sari, Tempat Wisata Keraton YogyakartaTaman Sari Jogja (ayoyogya.com)

Di Taman Sari terdapat terowongan kuno yang diyakini sebagai jalan pintas menuju Pantai Selatan. Terowongan itu bernama Sumur Urung Urung Gumuling.

Tak hanya itu, mitos lain menyebutkan bahwa tempat ini merupakan tempat pertemuan antara Sultan Yogyakarta dengan Nyi Roro Kidul. Padahal, perkembangan Taman Sari berjalan pada sumbu linier yang menghubungkan Pantai Parangtritis dan Gunung Merapi.

Hingga saat ini, Taman Sari tetap menjadi salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Jogja. Tentunya selain sejarah dan mitos Taman Sari, Anda juga akan disuguhkan keindahan di dalamnya. Siapa disini yang penasaran ingin berkunjung?

Baca Juga: Taman Sari Jogja: Harga Tiket, Lokasi dan Spot Foto Estetika

Source: jogja.idntimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button