PLN perpanjang kerjasama dengan Tanagupa hingga 2032 - WisataHits
Jawa Barat

PLN perpanjang kerjasama dengan Tanagupa hingga 2032

Bentuk komitmen dalam perlindungan lingkungan

Bogor – PT PLN (Persero) memperluas kerja sama strategis yang tak terelakkan untuk pembangunan Transmisi Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150kV Ketapag-Sukadan yang berlokasi di kawasan lindung Taman Nasional Gunung Palung (Tanagupa), Kayong Utara, Kalimantan Barat, berlokasi provinsi melalui penandatanganan Perjanjian Kerjasama (25/11).

Pelaksana Kerjasama Pengelolaan Kawasan Hutan Tanagupa ini merupakan kelanjutan dari sebelumnya dari PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Barat (UIP KLB) menjadi PLN Unit Induk Distribusi dan Pengendalian Beban (UIP3B).

Acara diawali dengan penandatanganan perjanjian kerjasama antara General Manager PLN UIP3B Kalimantan dengan Kepala Balai Taman Nasional Gunung Palung, yang juga dihadiri oleh Direktur Perencanaan Kawasan Konservasi (RKK) dan General Manager PLN UIP KLB pada Jumat, 25 November 2022 di Kantor Direktorat Perencanaan Kawasan Lindung, Bogor, Jawa Barat.

“Perjanjian Kerjasama atau PKS ini sudah berakhir dan perlu dilanjutkan kembali, makanya kami mendukung kelanjutan PKS ini agar bisa segera dilaksanakan. Namun karena proyek sudah beroperasi, PLN UIP3B akan melanjutkannya karena akan menjadi aset menuju persatuan,” jelas Reisal Rimtahi Hasoloan, General Manager PLN UIP KLB

Pada kesempatan yang sama, Dirjen PLN UIKL Kalimantan Abdul Salam Nganro menyampaikan bahwa kerjasama ini merupakan tindak lanjut dari pengembangan strategis yang tak terelakkan dalam rangka pemeliharaan tower dan jaringan SUTT 150 kV di kawasan Taman Nasional Gunung Palung.

“Sebagai bagian dari transformasi PLN, kami terus berupaya meningkatkan kehandalan pasokan listrik ke pelanggan. Semangat transformasi PLN selalu menjadi landasan kami untuk memberikan pelayanan terbaik,” imbuhnya

Kerjasama dengan KLB UIP PLN dimulai dari tahun 2018 sampai dengan tahun 2022, kemudian diperpanjang selama 10 tahun yaitu sampai dengan tahun 2032.

Pernyataan Salam juga diamini oleh Kepala Balai Taman Nasional Gunung Palung Himawan Sasongko yang mengatakan PKS yang ditandatangani hari ini masuk dalam kategori kerja sama terkait kepentingan strategis nasional.

“Kami berterima kasih kepada PT PLN (Persero) atas kerja sama yang baik sehingga kami dapat mencapai tahap legalisasi infrastruktur kelistrikan di cagar alam ini,” kata Himawan.

“Saya menyampaikan kepada Balai bahwa pelaksanaan kesepakatan ini selalu hati-hati dan saya berharap kerjasama ini memberikan dampak yang positif. Pelaksanaan kerja sama ini juga harus didukung untuk mengoptimalkan pengelolaan Tanagupa dan saya berharap kerja sama seperti ini benar-benar dimanfaatkan,” ujar Direktur RKK Ahmad Munawir.

Jaringan transmisi di kawasan Taman Nasional Gunung Palung berperan strategis dalam distribusi listrik di Kabupaten Ketapang dan Kayong Utara. SUTT Ketapang – Sukadana 150 kV seluas 5,88 ha terdiri dari 7 (tujuh) site tower dan 10 (sepuluh) open space (RoW) bentang SUTT 150 kV dengan panjang transmisi 2,6 km dan lebar 20 m. (mse/ser)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button