8 Destinasi Wisata di Banda Neira, Wisata Sejarah - Amazing Nature - WisataHits
wisatahits

8 Destinasi Wisata di Banda Neira, Wisata Sejarah – Amazing Nature

8 Destinasi Wisata di Banda Neira, Wisata Sejarah – Amazing Nature

Kunjungan ke Banda Neira – Ya, siapa yang tidak tahu tempat bersejarah ini. Terletak di Kepulauan Banda, Provinsi Maluku. Bagaimana kisah di balik nama besar Banda Neira?

Lantas peristiwa sejarah apa saja yang melatarbelakangi peristiwa sejarah bangsa Indonesia? Jadi guys, dalam artikel ini, Tempat wisata yang seru.com akan membahas kisah sejarah dan keindahan tersembunyi lainnya di Banda Neira. Mari kita lihat ini.

Sejarah BandaNeira

Berbicara tentang Banda Neira tentu tidak lepas dari sejarah penjajahan Belanda. Banda Neira juga menyimpan berjuta cerita dan menjadi saksi bisu banyaknya pejuang kemerdekaan Indonesia yang diasingkan dan diisolasi di tempat ini.

Panggil dia Moh. Hatta dan Sutan Syahrir. Kedua pejuang kemerdekaan itu diasingkan dan ditawan di Banda Neira. Di catatan itu juga, jika berkunjung ke sini kurang lengkap rasanya jika tidak menyempatkan diri untuk mampir dan berhenti sejenak di rumah tempat Moh berada. Hatta dan Sutan Syahrir tertinggal dan menjalani hari-harinya.

Wisata sejarah di Banda Neira

Tak bisa dipungkiri, Banda Neira sangat erat kaitannya dengan dua pahlawan kemerdekaan, seperti Moh. Hatta dan Sutan Syahrir tentunya punya tempat dan rumah yang layak dikunjungi jika datang ke Banda Neira. Ada beberapa tempat wisata yang masih menjadi andalan Banda Neira.

1. Rumah Pengasingan Bung Hatta

Rumah Pengasingan Bung Hatta via WikipediaRumah Pengasingan Bung Hatta via Wikipedia

Rumah ini adalah peninggalan Moh. Hatta saat diasingkan dan dibuang ke Banda Neira. Masih ada beberapa peninggalannya seperti gelas, peci, rak, kendi, alat makan dan berbagai benda lainnya yang menjadi saksi bisu peninggalan sejarah bangsa Indonesia.

2. Rumah pengasingan Sutan Syahrir

Rumah Pengasingan Sutan SyahrirRumah Pengasingan Sutan Syahrir melalui Kemdikbud

Peninggalan Sutan Syahrir, meski terkesan lebih dipertahankan, masih menyisakan jejak-jejak peristiwa yang seharusnya dilestarikan. Meski isi dan bangunan kedua rumah tersebut bukan lagi bangunan aslinya dan telah dipugar, namun nilai dan pelajaran sejarahnya tetap dipertahankan.

3. Benteng Bersejarah

Benteng bersejarahBenteng bersejarah

Kemudian ada pula berbagai benteng bersejarah yang turut menyumbang jejak peninggalan budaya Banda Neira, seperti Benteng Nassau dan Benteng Belgica.

4. Obyek wisata rohani

Gereja Kerk BelandaGereja Hollandische Kerk melalui Tripadvisor

Tidak ketinggalan juga objek wisata spiritual yang melengkapi wisata di Banda Neira seperti Kelenteng Sun Tian Kong atau Gereja Hollandische Kerk, serta beberapa tempat lainnya seperti istana mini, dll.

Wisata alam di Banda Neira

Selain wisata sejarah, tempat wisata di Banda Neira juga menawarkan keindahan alam yang memukau. Berbagai jenis gugusan pulau pasir putih memberikan warna tersendiri bagi penikmat wisata pantai. Jadi, mari kita lihat beberapa referensi:

1. Pulau Nailaka

Pulau NailakaPulau Nailaka melalui Pegijo

Pulau ini merupakan surga bagi para penggemar diving. Selain itu, pasir putih dengan deretan karang yang indah menjadi salah satu daya tarik yang luar biasa dari Pulau Nailaka ini.

Jika beruntung dan berkunjung saat air surut, Anda bisa menikmati sensasi berjalan kaki dari Pulau Rhun ke Pulau Nailaka. Jangan khawatir, jika air sedang tinggi akan ada perahu yang bisa disewa untuk menjemput Anda.

2. Pulau Rhun

Pulau Rhun, Banda Neira, (Dok. Cilu Bintang)Pulau Rhun, Banda Neira, (Dok. Cilu Bintang)

Selain pulau ini dengan bentang alam dan pemandangan yang indah, sejarahnya pulau ini merupakan salah satu sentra produksi pala yang tumbuh subur di wilayah ini.

Dengan hasil alam yang melimpah saat itu, pulau ini pernah diperebutkan oleh Belanda dan Inggris hingga menghasilkan “Treaty of Breda” yang menukar Manhattan (saat ini: New York) dengan pulau Rhun.

Pulau Rhun sendiri merupakan pulau yang ukurannya bisa dibilang paling kecil dari beberapa pulau lainnya di kepulauan Banda Naira.

Pulau Rhun juga tidak memiliki banyak tempat wisata, namun keindahan pulau dan sejarah pulau itu sendiri bisa menjadi tujuan untuk dikunjungi wisatawan. Dan jenis wisata alam yang bisa anda lakukan disini adalah snorkeling. Surga bagi penggemar snorkeling.

3. Pulau Pisang

Pulau Pisang melalui YoutubePulau Pisang melalui Youtube

Mengapa pulau ini disebut Pulau Pisang? Ya memang benar, karena di pulau ini memang banyak terdapat pohon pisang. Selain menjanjikan suasana pantai yang asri, Anda juga bisa menikmati deretan terumbu karang yang megah menghiasi pinggiran pulau dan jutaan spesies biota laut seperti ikan dan lain-lain di sini.

Pulau Pisang juga sangat menarik bagi anda yang ingin menyelam atau sekedar snorkeling. Kondisi terumbu karang yang masih alami didukung oleh jarak pandang horizontal hingga 18 meter dan jarak pandang vertikal hingga 18 meter. Tutupan karang di lokasi penyelaman Pulau Pisang, Kepulauan Banda, mencapai 80% dari area penyelaman.

* * * * * *

Demikian beberapa cerita dan cerita seputar sejarah dan wisata di Banda Neira. Tempat dan tempat yang sangat bersejarah dan mengambil peran penting dalam peristiwa masa lampau sekaligus sebagai saksi bisu perjuangan para pahlawan Indonesia meraih kemerdekaan.

Apalagi, banyak juga wisata alam dan bahari yang bisa Anda lakukan di sana. Jadi tunggu apa lagi? Kemasi tas, mari lepaskan sejenak beban pikiran dan rutinitas pekerjaan yang padat, dengan mengunjungi Banda Neira. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda, dan selamat berlibur.

Kunjungi juga: 9 ‘Surga’ Pariwisata Indonesia Mirip Maladewa

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button