Tiket Kebun Raya Bogor dan 5 area taman - WisataHits
wisatahits

Tiket Kebun Raya Bogor dan 5 area taman

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Bogor: Rp 16.500 – Rp 26.500 Jam Buka: Hari Kerja: 08:00 – 16:00 WIB | Weekend 07.00 – 16.00 WIB Telp : 0251811362 / 085215668934Alamat : Jl.Ir.H. Juanda No.13 Paledang, Bogor Tengah, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16122

kebun Raya Bogor taman hijau di tengah kota dengan berbagai koleksi tumbuhan dan kerangka hewan. Misalnya kerangka ikan paus biru dan pohon korek api. Kedua koleksi tersebut langka dan hampir punah di alam liar.

Awalnya, kawasan Kebun Raya dimaksudkan untuk digunakan sebagai lokasi uji coba untuk menanam tanaman. Namun seiring berjalannya waktu, keberadaannya menjadi cikal bakal perkembangan ilmu pengetahuan di Indonesia. Dan lahirlah beberapa lembaga yang bergerak di bidang botani. Misalnya Kebun Raya Cibodas, Laboratorium Treub, Herbarium Bogoriense dan masih banyak lainnya.

Harga Tiket Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor telah mematok harga masuk yang sangat terjangkau. Sayangnya, antara hari kerja dan akhir pekan berbeda. Dan untuk turis asing tarifnya sama dengan turis lokal.

Harga Tiket Kebun Raya Bogor
Jenis tiket Hari dalam seminggu akhir pekan
wisatawan lokal Rp16.500 26.500 rupiah
luar negeri Rp16.500 26.500 rupiah
Sepeda Rp 15.000 Rp20.000
Parkir kendaraan
Sepeda motor Rp 5.000 Rp 5.000
Mobil Rp 50.000 Rp 50.000

Baca: Tiket & Wahana JUNGLE WATERPARK Lengkap

Jam Buka Kebun Raya Bogor

Jam buka Kebun Raya Bogor bervariasi. Antara hari kerja dan akhir pekan, jamnya berbeda. Tapi jam tutupnya sama.

Jam operasional
Senin Jum’at 08.00 – 16.00 WIB
Sabtu Minggu 07.00 – 16.00 WIB

Kawasan wisata di Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor memiliki sejumlah kawasan menarik yang belum banyak diketahui orang. Di antaranya adalah Ecodom, Taman Bambu, Museum Zoologi, Taman Meksiko, dan Istana Kepresidenan. Sebagian besar wahana ini mengusung tema wisata edukasi sejarah dan alam. Berikut adalah beberapa

1. Museum Zoologi

Semua orang tahu bahwa Kebun Raya Bogor identik dengan Istana Kepresidenan. Yang di sekitar pekarangan ditanami bunga-bunga bermekaran dan rerumputan hijau. Tapi tahukah Anda, ternyata kawasan wisata edukasi itu berbeda-beda. Salah satunya adalah museum zoologi yang berisi kerangka hewan langka.

Pendirian Museum Zoologi bertujuan untuk memberikan wawasan kepada masyarakat tentang dunia satwa liar. Tidak hanya mengetahui namanya, wisatawan juga dipersilakan untuk melihat langsung penampakan bentuk fosilnya. Seluruh kerangka hewan yang ada di museum ini telah mengalami proses konservasi dengan menggunakan teknik tertentu. Dengan cara ini tidak akan mudah rusak dan tentunya akan bertahan lama.

Salah satu kerangka hewan yang paling terkenal adalah paus biru. Hewan tersebut memiliki ukuran tubuh yang dua kali ukuran bangunan museum. Bayangkan, jika fosilnya saja sebesar itu, belum lagi ukuran tubuhnya. Sebenarnya jauh lebih besar dan bahkan mungkin terlihat seperti tubuh raksasa. Keajaiban luar biasa ini tidak mungkin ditemukan oleh wisatawan di tempat lain.

Baca: Harga Tiket, Jam Buka, dan Area Wisata Kebun Raya Bogor

2. Ekodom

Gedung Endocoma di Kebun Raya BogorEndocom menyimpan banyak jenis tanaman dari iklim tropis. Foto: Googlemap/MD. Habibur Rahman

Setelah menjelajahi dunia satwa liar di Museum Zoologi, lanjutkan kunjungan Anda ke Ecodom. Di sini wisatawan akan banyak belajar tentang dunia flora atau tumbuhan. Sebagian besar jenis tanaman berasal dari iklim tropis. Apalagi yang berasal dari Indonesia sendiri.

Keunikan lain dari Ecodom adalah bentuk bangunannya yang unik. Bentuknya kubah besar dengan tanaman lumut menghiasi atapnya. Penataannya sangat estetis dan membuatnya terlihat seperti daun yang menggantung dari bunga. Adanya busa berguna untuk membersihkan bakteri dan menyerap udara luar.

Tampilan eksterior Ecodom pun tak kalah indah. Puncaknya dihiasi keindahan langit biru dengan kumpulan awan putih. Sedangkan backgroundnya dihiasi dengan rerumputan hijau dan pepohonan yang rindang. Hal ini pula yang menjadikan Ecodom sebagai tempat favorit untuk berfoto.

Baca: Tiket Masuk, Jam Buka dan Aktivitas Kebun Raya Cibodas

3. Istana Kepresidenan

Pemandangan Istana Kepresidenan Kebun Raya BogorPemandangan Istana Kepresidenan menawarkan panorama bunga teratai yang bermekaran di atas jernihnya air kolam renang. Foto: Googlemap/Kurik saja

Sebagian besar dari mereka yang berkunjung ke Kebun Raya Bogor sangat ingin melihat kemegahan Istana Kepresidenan. Bagaimana tidak tertarik, gratis dan Anda bisa menjelajahi sekitar sepuasnya. Belum lagi keindahan taman dan danau yang menakjubkan. Kemudian di sekitar istana, banyak tanaman teratai bermekaran di atas kolam.

Wisatawan bisa duduk santai di tepi kolam sambil menikmati keindahan bunga teratai. Warna bunganya sangat indah dan sangat memanjakan mata. Anda bisa melihat warna pink yang berkilauan di sekitar kolam. Dan keunikan dari daunnya yang bulat berwarna hijau mengambang di bagian bawah.

Baca: Harga Tiket Terbaik CIMORY Dairyland & 5 Wahana Mendebarkan

4. Taman bambu

Jalan-jalan Kebun Bambu Kebun Raya BogorKebun Bambu Kebun Raya Bogor menampilkan pemandangan pepohonan bambu yang hijau dan rindang. Foto: Googlemap/Anna As’ari

Selain memiliki kemegahan Istana Kepresidenan, Kebun Raya Bogor juga memiliki banyak taman yang indah. Salah satunya adalah Taman Bambu yang sering menjadi ruang foto. Dibandingkan daerah lain, kebun bambu bisa dibilang paling unik. Pasalnya, kawasan ini banyak dihiasi ornamen bambu yang menarik.

Salah satu tempat terbaik untuk taman bambu ramah foto adalah kubah segitiga. Ornamen kayu bambu berbentuk atap rumah. Setiap potongan kayu diikat dengan tali agar menyatu dengan sempurna. Bangunan ini terletak di jalan setapak dekat bambu.

Baca: Tiket Masuk WISATA ALAM SEVILLAGE dan Wahana Spektakuler

5. Taman Meksiko

Agave dan sukulen di Kebun Raya Bogor.Berbagai jenis tanaman Katus, Agave dan sukulen dapat dilihat di Kebun Raya Bogor. Foto: Google Map/ Fardiah Nafisah Oemar

Kebun Raya Bogor memang terkenal dengan pesona tamannya yang unik dan berbeda. Kali ini ada taman Meksiko dengan ciri khas kaktusnya. Setiap tanaman memiliki ukuran yang berbeda-beda. Dari yang terkecil hingga yang terbesar, semuanya tumbuh subur di sini.

Berhati-hatilah saat melintasi kawasan Mexico Park. Karena jalur jalannya dipenuhi bebatuan besar dan kerikil kecil. Wisatawan disarankan untuk memakai sepatu yang tebal, tidak terlalu longgar. Karena tidak jarang kerikil kecil tidak sengaja masuk ke dalam sepatu.

Dan juga selalu waspada terhadap duri kaktus. Tepi yang tajam dapat melukai wisatawan yang lewat.

Baca: Tiket Masuk dan Tempat Wisata TAMAN SAFARI Bogor

Meredakan

Pengelolaan kawasan ini telah menyediakan berbagai fasilitas yang lengkap dan memadai. Terdapat tempat parkir yang luas yang dapat menampung banyak kendaraan. Serta toilet umum yang bersih dan terawat. Ada juga tempat untuk menyewa sepeda, restoran dan bangku taman untuk duduk dan bersantai.

Lokasi Kebun Raya Bogor

Wisata ini berlokasi di Jl. Ir. H. Juanda No. 13 Paledang, Kabupaten Bogor Tengah. Tepatnya berada di kota Bogor, Jawa Barat. Misalnya dengan menggunakan transportasi mobil, wisatawan dapat mengambil jalan tol Jagorawi dan berbelok ke kanan menuju Tugu Kujang. Selanjutnya menuju BTM Mall, pintu masuk Kebun Raya sebelum BTM Mall.

Sedangkan pengunjung yang naik kereta api bisa berhenti di Stasiun Bogor. Keluar dari stasiun di sebelah kiri dan lanjutkan sampai lampu lalu lintas. Setelah lampu lalu lintas, belok kanan ke pintu masuk Kebun Raya setelah pusat perbelanjaan BTM.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button