12 Tempat Wisata Di Sigi Terpopuler dan Paling Banyak Dikunjungi Yang Wajib Kamu Kunjungi - WisataHits
wisatahits

12 Tempat Wisata Di Sigi Terpopuler dan Paling Banyak Dikunjungi Yang Wajib Kamu Kunjungi

Pemandangan & Tengara di Sigi – Nama Kabupaten Sigi menjadi buah perbincangan karena baru belakangan ini tempat ini mengalami gempa yang cukup dahsyat.

Namun, sebelum dan sesudah gempa, Sigi sebenarnya adalah tempat yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Banyak tempat wisata alam yang memamerkan keindahan dan keanggunannya.

Akan sangat sayang jika dilewatkan. Jika anda merasa tertarik dengan daerah Sulawesi Tengah ini, berikut beberapa tempat wisata di Kabupaten Sigi yang cocok untuk traveler seperti anda.

Rekomendasi tempat wisata di Sigi

Berikut ini Wisataseru.com rekomendasi tempat wisata di sigi terbaik yang wajib anda kunjungi :

1. Paralayang Matantimali

Paralayang Matantimali via Antaranews - Tempat Wisata di SigiParalayang di Matantimali via Antaranews

Lokasi: Desa Matantimali, Banawa Selatan, Kabupaten Sigi

Penggemar olahraga ekstrim tentu tidak asing dengan paralayang. Ternyata, Kabupaten Sigi juga menawarkan wisata paralayang. Namanya Paralayang Matantimali karena terletak di Desa Matantimali, Banawa Selatan, Kabupaten Sigi.

Hanya 2 km dari desa Wayu yang juga terkenal dengan paralayangnya. Desa Matantimali sendiri berada di ketinggian sekitar 1.500 meter di atas permukaan laut.

Desa ini juga cukup bersejarah karena pernah menjadi lokasi pos jaga Belanda. Jika Anda takut untuk pergi paralayang, Anda juga bisa menikmati pemandangan kota Palu dari sini.

2. Wisata Alam Kapopo

Wisata Alam Kapopo via Antarafoto - Tempat Wisata di SigiWisata Alam Kapopo via Antarafoto

Lokasi: Ngatabaru, Kec. Sigi Biromaru, Kab. Sigi

Tahura yang artinya Taman Hutan Raya merupakan salah satu tempat wisata di Kabupaten Sigi yang sayang jika harus dilewatkan. Di taman ini terdapat objek wisata alam yang bernama Wisata Alam Kapopo.

Seperti namanya, wisata ini menyuguhkan pemandangan alam dengan pepohonan lebat di mana-mana. Pohon yang menghiasi antara lain Angsana, ebony, cendana dan sebagainya. Belum lagi, ada fasilitas untuk outing, tour, dan tracking.

Anda yang ingin menginap bisa mengunjungi hostel yang ada di dalamnya. Ada juga shelter yang biasa digunakan pengunjung untuk beristirahat. Wisata alam ini sendiri sudah dijalankan sejak tahun 1990, namun baru diresmikan sebagai Wisata Alam Kapopo pada tahun 2003.

3. Air Terjun Wera dan Taman Wisata

Air Terjun Wera via Sulawesi Tengah - Tempat Wisata di SigiAir Terjun Wera via Sulawesi Tengah.go.id

Lokasi: Balumpewa, Kec. Dolo Barat, Kab. Sigi

Ketika Anda pergi ke taman wisata Wera, jangan lupa untuk mengunjungi air terjun Wera. Taman Wisata Wera sendiri merupakan kawasan hutan lindung dengan vegetasi yang beragam dan terawat dengan baik.

Jika beruntung, Anda dapat menemukan burung gagak, kasuari, ayam hutan, dan berbagai jenis mamalia. Jika sudah puas berjalan-jalan, Anda bisa menuju air terjun Wera yang tingginya 80 meter.

Bermain di Sungai Wera dan di sekitar air terjun pasti akan membuat Anda merasa segar kembali. Untuk lokasinya sendiri berada di Desa Balumpewa, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi. Harga tiket masuknya sekitar Rp 10.000. Harga dapat berubah sewaktu-waktu.

4. Arung Jeram di Sungai Oloboju

Arung Jeram di Sungai Oloboju - Tempat Wisata di SigiArung Jeram di Sungai Oloboju

Lokasi: Olobuju, Kec. Sigi Biromaru, Kab. Sigi

Tempat wisata lain di Kabupaten Sigi yang bisa memacu adrenalin Anda adalah arung jeram di Sungai Oloboju. Lokasinya berada di pintu keluar Oloboju, Sigi biromaru, Kabupaten Sigi.

Di sini Anda bisa melakukan tubing, menyusuri sungai yang deras dengan ban. Harga untuk tube sekitar Rp 75 ribu dan minimal 5 orang. Ini sudah termasuk biaya sewa helm, rompi safety, ban, dipandu guide, dokumentasi dan snack.

Ada juga yang lebih mahal sekitar Rp 200 ribu minimal 7 orang. Termasuk 2 kali makan, barbekyu, peralatan naik eretan, dan banyak lagi. Untuk menyusuri sungai sendiri biasanya memakan waktu lebih dari satu jam.

5. Matantimali

Puncak MatantimaliPuncak Matantimali

Alamat: Desa Matantimali, Kecamatan Banawa Selatan, Sigi

Objek wisata Desa Matantimali memang sangat menakjubkan. Desa yang terletak di Gunung Gawalise ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah, dan Anda dapat melihat negara di atas awan di pagi hari.

Di desa ini juga sering diadakan lomba paralayang bertaraf internasional. Anda juga bisa berkemah di Matantimali, tetapi karena udaranya dingin Anda harus membawa jaket dan selimut untuk mempersiapkan malam.

Ada juga kios di dekatnya, jadi Anda tidak perlu khawatir membawa terlalu banyak perbekalan. Jika ingin ke desa ini silahkan datang ke Kecamatan Banawa Selatan, Sigi.

6. Tanda bulu

tanda bulutanda bulu

Lokasi: Sibedi, Kec. Marawola, Kab. Sigi

Tempat wisata bertema alam lainnya di Kabupaten Sigi adalah Bulu Tanda. Bulu Tanda adalah sebuah bukit yang hanya dikelilingi oleh rerumputan. Tidak ada pohon di bukit ini kecuali pohon di puncak bukit. Inilah yang membuat Bulu Tanda begitu unik.

Bisa dibilang Bulu Tanda adalah kunjungan bagi pecinta landscape photography atau wisatawan yang duduk tenang menikmati pemandangan sambil menyeruput kopi.

Tempat ini sendiri terletak di Desa Sibedi, Kecamatan Marawola, Kabupaten Sigi. Jika Anda berangkat dari Palu, hanya 25 menit perjalanan untuk sampai ke Bulu Tanda.

7. Air Terjun Mantikole

Air Terjun Mantikole melalui UnipaliAir Terjun Mantikole via Unipalu

Lokasi: Balomoa, Kec. Dolo, Kab. Sigi

Tidak hanya Air Terjun Wera, Sigi juga memiliki air terjun lain yaitu Air Terjun Mantikole. Lalu ada yang unik dari air terjun ini, karena di dekatnya terdapat pemandian air panas alami.

Air Terjun Mantikole memiliki tiga sumber air panas, sehingga sering dikunjungi tidak hanya untuk jalan-jalan, tetapi juga untuk perawatan kesehatan. Apalagi di sekitar air terjun, pemandangannya masih alami. Banyak burung masih berkeliaran bebas di kawasan ini.

Jika Anda ingin menuju air terjun ini, Anda hanya perlu datang ke Balomoa, Dolo Barat, Kabupaten Sigi. Untuk tiket sendiri, Anda perlu menyiapkan uang tiket karena penjaga pintu biasanya meminta uang tiket. Harga tiket bervariasi.

8. Pemandian Air Panas Bora

Pemandian Air Panas Bora melalui CodplayerPemandian Air Panas Bora melalui Cosplayer

Lokasi: Bora, Kec. Sigi Biromaru, Kab. Sigi

Tidak kalah dari Mantikole, ada lagi pemandian air panas terkenal di Sigi, yaitu Pemandian Air Panas Bora. Lokasinya berada di Desa Bora, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi. Pemandian air panas ini telah dibentuk seperti kolam besar melalui pengelolaan yang baik.

Di sekitar pemandian umum ini juga terdapat banyak fasilitas seperti tempat makan atau menginap. Harga tiket dibagi menjadi tiket untuk pengunjung biasa dan pengunjung yang ingin mandi. Harganya sekitar Rp 6000 per orang.

9. Danau Lindu

Danau Lindu via KabarseleberDanau Lindu via Kabarseleber

Lokasi: Puro’o, Kec. Lindu, lingkungan. Sigi

Danau Lindu memiliki luas kurang lebih 34,88 km², menjadikan danau ini sebagai danau terbesar kedua di Sulawesi Tengah.

Danau ini juga merupakan danau tektonik, dikelilingi oleh beberapa gunung seperti Gunung Lantawungu, Gunung Tumawu dan Gunung Nokilalaki.

Hal ini membuat danau ini sangat indah dengan pemandangan pegunungan yang menakjubkan. Ada banyak hal yang dapat dilakukan di Danau Lindu termasuk berkeliling menggunakan perahu sewaan, fotografi, dan banyak lagi.

Namun, untuk sampai ke Danau Lindu, Anda harus menyewa ojek dan angkutan barang. Ongkos angkut barang sekitar Rp 80.000. Anda bisa memulai perjalanan menggunakan ojek dari kabupaten Kulawi.

10. Sekolah Alam Kamalisi “Awan Hijau”

Sekolah Alam Kamalisi 'Awan Hijau' via SultengnewsSekolah Alam Kamalisi ‘Awan Hijau’ via Sultengnews

Lokasi: Daenggun, Kec. Kinovaro, Kab. Sigi

Green Cloud School terletak di Pegunungan Kamlisi, Desa Denggune, Kabupaten Sigi. Sekolah ini dikelilingi oleh pegunungan dan memiliki Sungai Ta yang airnya dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat.

Sekolah Alam Awan Hijau sendiri merupakan sekolah dengan konsep lingkungan dan diperuntukkan bagi anak-anak Kamalisi.

Banyak fasilitas sekolah ini antara lain sawah, wahana flying fox, rumah baca, dan pembibitan. Jika ingin melihat proses belajar atau bahkan ikut belajar, coba saja datang ke sini.

Kunjungi juga: 25 Tempat Wisata Terbaik di Bulukumba

11. Pertapaan Kopi Organik

Kopi organik Padepokan via Desaporame.blogspotcomKopi organik Padepokan via Desaporame.blogspot.com

Lokasi: Porame, Kec. Kinovaro, Kab. Sigi

Selain itu, Wisataseu.com juga merekomendasikan pertapaan kopi organik untuk Anda lakukan sebagai tujuan akhir pekan atau liburan.

Sekaligus menikmati secangkir kopi nikmat sambil menikmati udara segar di cabanas by pool yang disediakan pengelola.

Apalagi kafe Padepokan organik ini juga menjadi salah satu rekomendasi wisata kuliner di Sigi yang recommended banget. Wisatawan bisa memilih sendiri jenis ikan dan sayuran untuk dimasak, dan tentunya masih segar.

12. Air Terjun Parapa

Air Terjun ParapaAir Terjun Parapa

Lokasi: Tongoa, Kec. Palolo, Kab. Sigi

Tempat wisata terakhir di Sigi yang kami rekomendasikan adalah air terjun Parapa yang sangat eksotis. Air terjun yang ada di desa Tongoa, kabupaten Palopo ini sangat seru untuk dijadikan sebagai tempat pemandian.

Air Terjun Parapa memiliki kolam alami yang sangat menyenangkan untuk digunakan sebagai tempat untuk membenamkan diri sepuasnya, air terjun ini memiliki debit air yang cukup besar sehingga tidak heran jika wajah Anda bisa terkena cipratan air atau setidaknya embun segar.

Penutupan

Wah, banyak sekali destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. itulah ulasan rekomendasi tempat wisata di kabupaten sigi yang sangat recommended untuk dikunjungi.

Kunjungi juga: 21 Tempat Wisata di Pinrang

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button