Program Recak Digital menjangkau SMA di pelosok desa - WisataHits
Jawa Timur

Program Recak Digital menjangkau SMA di pelosok desa

ABATANEWS, GORONTALO – Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Discominfotik) Provinsi Gorontalo melaksanakan kegiatan pemuda siap digital pada Selasa (11.1.2022) di aula SMAN 1 Dulupi.

Selama program Cakap Digital (Recak Digital) Pemuda, lokasi SMA/SMK tempat pelaksanaan program selalu berada di kawasan yang cukup ramai atau dekat dengan ibu kota kabupaten.

Kini recak digital sudah mendekati sekolah yang letaknya cukup jauh di pelosok desa. Salah satunya adalah SMA Negeri 1 Dulupi, Kabupaten Boalemo.

Baca Juga: Desa Wisata di Gorontalo Raih Penghargaan dari Kemenparekraf

Saat Direktur SMAN 1 Dulupi, La Ode Sultan menerima kunjungan tim digital tracking Dinas Komunikasi dan Komunikasi Provinsi Gorontalo, ia mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini.

Ia mengungkapkan, kegiatan seperti ini baru pertama kali dilakukan tim di SMA yang dipimpinnya.

“Saya sebagai kepala sekolah belum pernah menyaksikan kegiatan seperti itu,” kata La Ode Sultan.

Baca Juga: Desa Lonuo Raih Juara Ketiga Desa Wisata Kategori Homestay Terbaik

Dia mengatakan saat ini kita berada di era digitalisasi tetapi kita menemukan sangat sedikit aktivitas digital.

“Kementerian Komunikasi dan Informatika merupakan salah satu lembaga yang berinisiatif memasukkan arsip digital dalam dunia pendidikan. Meskipun dunia pendidikan bertujuan untuk hal-hal yang positif, namun ada kasus yang terjadi terkait penggunaan media sosial yang melibatkan warga sekolah,” jelas La Ode Sultan.

Ia berharap kegiatan ini dapat berkelanjutan, tidak hanya bagi siswa, guru, tetapi juga bagi orang tua siswa.

Baca Juga: KKMD Gorontalo Lakukan Studi Banding di Jawa Timur, Ini Hasilnya

“Karena orang tua juga memiliki tanggung jawab yang besar untuk mengontrol penggunaan media sosial anak-anaknya di rumah, terutama ketika mereka menghabiskan lebih banyak waktu di rumah daripada di sekolah,” pungkas La Ode Sultan.

Kegiatan rekap digital diisi dengan berbagai materi tentang keamanan informasi, media sosial yang positif dan penggunaan media sosial untuk keperluan lainnya.

Pembicara berasal dari lembaga fungsional Humas, lembaga komputer, kepala dinas dan pegawai disko-informatika Provinsi Gorontalo.

Baca juga: Mahasiswa Ilmu Komunikasi FIS UNG Jadi Magister Peksiminas Malang

Pada kesempatan ini juga diserahkan panduan literasi digital kepada La Ode Sultan oleh Ketua IKP Zakiya Baserewan sebagai materi literasi di sekolah.

penulis: Wahyu Susanto

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button