Gili Labak - WisataHits
wisatahits

Gili Labak

Gili Labak

Gili Labak atau Pantai Gili Labak mungkin tidak setenar tempat wisata lain di Jawa Timur. Namun jangan salah, seawall ini justru menawarkan lokasi yang sangat indah, apalagi dengan pantai alaminya yang memukau.

Jika Anda berencana untuk mengisi waktu liburan Anda di Gili Labak, artikel ini akan mengungkap semua hal yang bisa ditemukan di pulau ini.

Karena itu, lanjutkan, baca sampai akhir.

pulau gili-labak

Sekilas tentang Gili Labak

Siapa sangka di ujung timur Madura terdapat tanggul laut yang kini menjadi perbincangan para wisatawan karena daya tariknya.

Gili tidak lain adalah Gili Labakyang membuka mata kita bahwa tanggul dengan nuansa alam yang asri tidak hanya terdapat di Lombok, tetapi juga di Pulau Jawa.

Gili Labak menawarkan daya tarik berupa keindahan alamnya yang masih sangat alami karena masih jarang dijamah manusia.

Selain itu pantai yang mengelilingi tanggul laut ini juga sangat menyenangkan untuk di lihat dengan pasirnya yang putih dan air lautnya yang biru dan bersih, sungguh tempat yang pastinya akan sangat nyaman untuk di tinggali sejenak bersantai setelah berhari-hari berenang. .pekerjaan sibuk.

gili-labak-dimana-mana

Gili Labak masih jarang dikunjungi wisatawan. Namun, bukan karena Gili Labak tidak menarik, melainkan karena letaknya yang jauh di tengah lautan, sehingga butuh tenaga dan tidak mudah untuk dikunjungi.

Gili Labak memiliki luas 6 hektar yang hanya dihuni oleh 30 kepala keluarga. Banyak hal yang bisa Anda lakukan saat berlibur di sini termasuk snorkeling untuk menikmati kekayaan bawah laut Pantai Gili Labak.

Alamat dan Rute Menuju Gili Labak

Dibutuhkan sekitar 2 jam perjalanan laut untuk mencapai Gili Labak dari Madura. Alamat lengkap tanggul ini berada di Desa Kembang, Talango, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Sedangkan mengenai akses jalan atau rute menuju Gili Labak, Anda bisa memilih beberapa rute menuju Gili Labak di bawah ini.

rute-ke-tanggul-lab

Ada 4 pilihan rute yang bisa Anda jadikan titik awal perjalanan Anda ke Gili Labak. Namun bagi Anda yang berasal dari luar Jawa Timur atau Sumenep, Anda harus menuju Sumenep terlebih dahulu untuk mengakses keempat jalan tersebut.

Empat rute yang dimaksud adalah:

Tanjung Saronggi

Terdapat sebuah dermaga yang umumnya digunakan sebagai titik awal perjalanan menuju Gili Labak yang terletak di sebelah timur pertigaan Saronggi. Dari dermaga ini Anda bisa menyewa perahu yang biasa mengantarkan wisatawan ke Gili Labak.

Desa Lobuk

Sama seperti jalan Tanjung Saronggi, melalui jalan desa Lobuk Anda juga bisa menyebrang Gili Labak dengan perahu. Di desa ini terdapat sebuah dermaga yang sering menjadi jalur lintas wisatawan menuju Gili Labak.

jalan-ke-gili-labak-via-lobuk-desa

Desa Kombang

Jalur ini sebenarnya cukup rumit, namun sering dipilih wisatawan karena waktu yang dibutuhkan untuk mencapai Gili Labak lebih singkat dibandingkan jalur lainnya. Selain itu, biaya penyeberangan juga akan lebih murah.

Rute ini akan membawa Anda ke Gili Labak setelah menempuh perjalanan darat dari Kalianget ke Talango dan Kombang.

Pelabuhan Kalianget

Pelabuhan ini berada di sebelah timur Kabupaten Sumenep. Di sini Anda bisa menyewa perahu untuk berlayar ke Gili Labak.

Jam operasional

paket gili labak

Anda bisa datang ke Gili Labak kapan saja karena pulau ini terbuka untuk semua orang 24 jam sehari. Jadi, untuk jam operasi atau Jam buka Gili Labak tidak ada aturan sama sekali.

Harga tiket masuk Gili Labak

Karena jam buka belum diatur, pengunjung atau wisatawan yang datang ke Gili Labak juga bisa masuk ke gili ini tanpa membeli tiket masuk. Harga tiketnya gratis kecuali untuk biaya sewa perlengkapan kegiatan wisata yang bisa anda lakukan nanti di tanggul atau di pantai.

Fasilitas wisata di Gili Labak

Sayangnya keindahan Gili Labak dan potensinya untuk menjadi tempat wisata di Madura yang mampu menarik banyak wisatawan tidak dimaksimalkan oleh pihak pengelola maupun pemerintah setempat.

Fasilitas umum belum tersedia sama sekali di Gili Labak, yang secara tidak langsung mempengaruhi tingkat minat wisatawan datang ke gili ini.

Baca juga : Pantai Cemara, Tuban, Jawa Timur

menara gili-labak

Anda tidak akan menemukan fasilitas seperti toilet atau warung makan di sini. Agar nantinya tidak lapar, Anda perlu menyiapkan makanan yang cukup di rumah. Sedangkan untuk toilet, Anda selalu bisa menumpang di toilet orang.

Begitu juga dengan fasilitas akomodasi atau perlengkapan untuk kegiatan wisata seperti snorkeling. Ketersediaannya di gili ini masih sangat minim atau bahkan tidak ada sama sekali.

Misalnya untuk akomodasi, meski ada beberapa rumah yang disewa warga sekitar, biasanya penyedia jasa tour Gili Labak sudah ludes terlebih dahulu.

Baca juga : Keindahan Pulau Pahawang

Aktivitas wisata yang menarik di Gili Labak

gili-labak-buka-wisata

Selain minimnya fasilitas umum di Gili Labak, menghabiskan liburan di pulau ini memang sangat menarik dan akan menjadi waktu yang menyenangkan bagi Anda dan keluarga.

Di tanggul ini Anda bisa melakukan berbagai aktivitas wisata seru yang tentunya sayang untuk dilewatkan. Kegiatan tersebut meliputi:

Mainkan sepeda gunung

Jika Anda menyukai aktivitas semi-ekstrim seperti bersepeda gunung, Anda juga bisa melakukannya di Gili Labak. Di tanggul ini sudah terdapat tempat persewaan sepeda gunung dengan harga sewa yang tidak terlalu mahal.

Dengan area yang luas dan datar, dipastikan aktivitas bermain ATV di tempat ini akan sangat aman dan menyenangkan.

Baca juga : Saksikan upacara mengenakan unik di Pantai Ngliyep, Malang, Jawa Timur

gili-labak-atv

Snorkeling

Tentunya kegiatan ini akan sangat menyenangkan jika dilakukan di pantai Gili Labak. Pantai Gili Labak bahkan dikenal sebagai pantai yang sangat cocok untuk snorkeling karena memiliki air laut yang jernih dan berbagai jenis biota laut menghiasi dasar lautnya.

gili-labak-snorkeling

berburu foto

Panorama alam di Gili Labak dan keindahan pantainya menjadi objek foto yang sangat indah untuk diabadikan.

Selain itu, Anda juga bisa memilih angle atau spot foto yang menurut Anda paling indah di tanggul laut ini dan berfoto bersama keluarga dengan background spot ini.

hunting foto gili-labak

Berenang di pantai

Ombak di pantai Gili Labak sangat aman untuk aktivitas berenang. Selain itu, air pantainya yang jernih dan bersih juga akan membuat Anda bisa berenang sambil melihat keindahan bawah lautnya.

Biar makin seru, ajak anak atau istri Anda untuk berenang bersama di pantai ini dan nikmati hari yang menyenangkan.

gili-labak-renang

Berburu saat matahari terbit dan terbenam

Letak breakwater yang berada di tengah lautan dan jauh dari daratan membuat fenomena matahari terbit dan terbenam terlihat dari breakwater ini.

Sore harinya, Anda bisa menuju sisi barat tanggul untuk mengagumi keindahan sunset.

Kemudian di pagi hari, sisi timur tembok laut adalah tempat yang tepat untuk menyaksikan matahari terbit.

gili-labak-matahari terbit

Baca Juga : Daftar Tempat Wisata di Banyuwangi

Meski letaknya sangat jauh di tengah lautan, namun keindahan pemecah gelombang yang juga kerap disebut Pulau Gili Labak ini perlahan membuatnya semakin populer di kalangan wisatawan. Jika saja pihak pengelola atau pemerintah setempat memperhatikan tanggul ini dengan menambah fasilitas dan wahana wisata yang ada, maka dipastikan tanggul ini nantinya akan menjadi salah satu tempat wisata favorit di Jawa Timur.

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button