Tiket dan Atraksi Monumen Nasional MONAS - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Atraksi Monumen Nasional MONAS

Harga Tiket Masuk Monumen Nasional – Monas: Gratis – Rp 15.000 Jam Buka: 06:00 WIB – 16:00 WIB Telp: (021) 3504333Alamat: Jl.Monas, Gambir, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10110

Monumen Nasional atau kependekan dari monas adalah ikon kota Jakarta yang terkenal. Monumen nasional dibuat pada bulan Agustus 1959. Kemudian diresmikan oleh Presiden Ir. Soekarno pada tanggal 17 Agustus 1961. Kemudian Monumen Nasional dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975.

Pendirian Monumen Nasional bertujuan untuk memperingati dan mengabadikan perjuangan para pahlawan revolusi Indonesia. Selain itu, Monumen Nasional juga merupakan wahana untuk mengangkat semangat patriotisme bagi generasi sekarang dan yang akan datang.

Saat ini Monas menjadi pusat wisata sekaligus pusat pendidikan bagi masyarakat. Tak hanya warga Jakarta, masyarakat dari luar Jakarta juga senang mengunjungi monumen nasional.

Baca: Tiket Masuk Kebun Binatang Ragunan dan Atraksi Satwa

Monumen nasional memiliki gaya konstruksi dengan karakteristik yang unik. Hal yang paling dominan saat melihat monumen nasional adalah keberadaan monumen api yang seolah tidak pernah padam.

Api di atas tugu melambangkan semangat juang bangsa Indonesia yang tidak pernah surut. Sedangkan kobaran api di atas Monumen Nasional adalah perunggu berlapis emas yang beratnya mencapai 50 kilogram.

Harga tiket masuk Monas

Saat memasuki kawasan Monumen Nasional, sebenarnya tidak ada biaya masuk. Pengunjung harus membayar tiket masuk jika ingin memasuki gedung Monumen Monas. Untuk tiket masuk Monas, pengunjung kini harus membeli kartu elektronik.

Tiket elektronik Monas dijual dengan harga berbeda. Sementara itu, e-card tidak hanya berguna sebagai tiket masuk monumen Monas, tetapi juga untuk fasilitas umum lainnya, seperti tiket bus Trans Jakarta.

Kemudian bagi yang tertarik melihat kota dengan teropong harus membeli koin. Teropong yang tersedia hanya sedikit sehingga harus bergantian dengan wisatawan lain.

Pembelian tiket masuk dapat dilakukan dalam 3 sesi yaitu pagi, siang dan sore. Jika Anda membeli tiket masuk di pagi hari, Anda hanya bisa naik ke Monumen Nasional di pagi hari. Hal yang sama berlaku bagi mereka yang membeli tiket masuk pada sore atau malam hari. Pengunjung tidak diperbolehkan membeli tiket masuk di pagi hari jika ingin memasuki monumen pada sore atau malam hari.

Harga tiket masuk Monas
Tiket masuk kawasan GRATIS
Tiket masuk monumen Monas
Jenis tiket Puncak Monas Grail & Museum
Tiket masuk dewasa Rp 15.000 Rp 5.000
Tiket masuk pelajar/anak Rp 4.000 Rp2.000
Tiket masuk siswa Rp 8.000 Rp 3.000
Jakcard (harga kartu + saldo awal) Rp 35.000

Baca: Aktivitas dan Atraksi Tiket Masuk Museum Nasional

Informasi penting sebelum mengunjungi Monumen Nasional:

  • Tidak ada batasan usia untuk mengunjungi Monas.
  • Syarat masuk Monas minimal harus punya 2 dosis vaksin.
  • Memiliki dan mengkonfigurasi aplikasi PeduliLindung atau Jaki.
  • Menganalisa barcode aplikasi CareProtect.
  • Jaga kebersihan dan jangan buang sampah sembarangan.
  • Akses pintu masuk melalui Lenggang Jakarta atau Parkir IRTI.
  • Pengunjung yang membeli Tiket Masuk Piala memiliki akses ke Museum Hall, Independence Hall dan Grail Courtyard.
  • Pengunjung yang membeli tiket masuk puncak mendapatkan akses ke Peak Courtyard dan termasuk Museum Sejarah Nasional, Independence Hall, dan Grail Courtyard.
  • Pembelian tiket masuk Monumen Monas hanya menggunakan kartu Jakcard.
  • Harga tiket Jakcard dengan rincian harga kartu Rp 15.000 dan harga saldo awal Rp 20.000.
  • 1 Jakcard dapat digunakan oleh lebih dari satu orang.
  • Pengunjung bisa membeli kartu Jakcard di loket Monas.

Baca: Tiket Masuk PIK WHITE SAND BEACH 2 dan Aktivitas

Modalitas untuk mengunjungi Tugu Monas:

  • Pendaftaran H-1 atau H-hari selama kunjungan melalui tautan bit.ly/kunjungantugumonas
  • Untuk mengisi menganalisa QR pendaftaran yang tersedia dan formulir pendaftaran hanya berlaku sesuai tanggal yang tertera.
  • Wajib menganalisa Aplikasi QR CareProtect dan telah menerima vaksin pemacu.
  • Ikuti protokol kesehatan yang berlaku di kawasan Monas.
  • Pengunjung tidak diperbolehkan makan dan tidur di dalam kawasan Tugu Monas.
  • Tiket masuk ke Peak Court hanya tersedia di loket tiket.

Jam buka Monas

Monumen Nasional tutup pada hari Senin dan buka dari Selasa hingga Minggu. Jika Senin jatuh pada hari libur, tugu ini juga dibuka untuk umum.

Jam buka kawasan Monas (Selasa hingga Minggu)
Senin TEGAS
Selasa – Minggu (Wilayah) 06.00 – 16.00 WIB
Selasa sampai Minggu (Monas Monas) 08.00 – 16.00 WIB

Atraksi dan aktivitas di Monumen Nasional

Wisata Malam Monas - Monumen NasionalKunjungan malam Monas – Monumen Nasional. gambar :

Ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan dan banyak atraksi untuk dilihat di Monumen Nasional. Berikut adalah beberapa.

Bersantai dan menikmati Taman Monas

Di Taman Monas terdapat rerumputan hijau yang terawat dan bersih, sehingga nyaman sebagai tempat bersantai. Selain itu, ada juga berbagai jenis pohon yang membuat taman indah dan segar.

Biasanya, pengunjung lebih suka menghabiskan waktu di taman monumen nasional pada sore hari. Tempat ini sangat cocok sebagai tempat rekreasi bersama keluarga dan teman.

Kegiatan olahraga

Memiliki area yang cukup luas, Monas juga dijadikan sebagai tempat berolahraga bagi pengunjung. Salah satu lapangan olahraga yang tersedia di Taman Monas adalah lapangan voli.

Hampir setiap hari, banyak pengunjung yang lari marathon di sekitar lapangan Monas. Pengunjung juga bisa berlatih olahraga lain seperti bulu tangkis. Namun lakukan di tempat yang tidak mengganggu aktivitas pengunjung lain.

Atraksi air mancur menari di Monas

Objek wisata ini dibuka untuk umum setiap Sabtu dan Minggu malam tanpa dipungut biaya. Dalam satu hari, air mancur menari biasanya hanya berlangsung dua sesi.

Sedangkan durasi setiap sesinya adalah 20-30 menit. Dengan sesi pertama pukul 19.30 WIB dan sesi kedua pukul 20.30 WIB. Air mancur di monumen nasional ini baru beroperasi sejak 2009 karena sudah rusak.

Baca: Tiket Masuk Museum Macan dan Atraksi Koleksi Seni

Setiap sesi air mancur menari ini akan diiringi oleh beberapa lagu nasional dan daerah. Lagu tersebut hadir sebagai aransemen instrumental oleh musisi Addie MS dengan PT Garuda Indonesia sebagai pemegang hak cipta.

Dengan setiap gerakan air, itu akan menyesuaikan musik agar terlihat seperti Anda sedang menari. Selain itu, air mancur menari juga memiliki lampu warna-warni dan tembakan laser yang membuat atraksi ini sangat indah.

Lihat rusa

Kegiatan ini sangat menarik bagi pengunjung yang membawa anak-anak. Di dalam Taman Monas terdapat lahan luas yang dikenal dengan sebutan kandang rusa.

Di sini pengunjung dapat melihat rusa dari luar kandang dan seringkali rusa tersebut mendekat. Pengunjung disarankan untuk melestarikan hewan ini dengan tidak sembarangan memberi makan rusa.

Kunjungan ke Museum Sejarah Nasional

Monas memiliki museum yang terletak 3 meter di bawah permukaan tanah dengan ukuran ruangan 80×80 meter. Museum Sejarah Nasional memiliki kamar-kamar yang dilapisi marmer di semua dinding dan lantai.

Museum Monumen Nasional memiliki kapasitas sekitar 500 orang. Aula museum ini berisi tentang sejarah Indonesia dari zaman prasejarah hingga zaman Orde Baru.

Pemandangan ibu kota dari Monas

Monumen nasional juga menawarkan wahana untuk melihat keindahan ibu kota Jakarta dari halaman monumen. Untuk mendaki ke puncak Monumen Nasional, pengunjung bisa menggunakan lift yang sudah tersedia.

Di puncak Monas juga terdapat beberapa teropong yang berguna untuk mengamati kota lebih dekat. Namun, pelataran Monas hanya mampu menampung sekitar 50 orang. Oleh karena itu, bagi yang ingin mendaki ke puncak harus mengantri terlebih dahulu.

Baca: Tiket Masuk & Atraksi Alive Museum & Alive Star Tour

Rental Sepeda

Taman Monas memiliki area yang luas, sehingga cukup melelahkan untuk mengelilinginya secara keseluruhan. Selama ini, kendaraan pribadi hanya bisa mencapai batas area parkir.

Oleh karena itu, bagi yang tidak ingin berjalan kaki bisa berkeliling lapangan Monas dengan sepeda. Sementara itu, sepeda yang tersedia bisa disewa di dalam Taman Monas. Biasanya kegiatan ini sering dilakukan oleh anak-anak yang berkeliling lapangan Monas pada sore hari.

Nikmati seni rupa

Hampir di setiap sudut Taman Monas terdapat patung-patung yang mencerminkan sejarah Indonesia. Contoh arca yang terdapat disini adalah MH Thamrin, Pangeran Diponegoro, RA Kartini, Chairil Anwar dan arca Ikada.

Selain itu, terdapat juga relief timbul yang menggambarkan sejarah Indonesia, dari kerajaan Majapahit hingga Indonesia pasca kemerdekaan. Relief ini terbuat dari semen dengan bentuk patung menyerupai tokoh sejarah Indonesia.

Nikmati makanan dan aneka oleh-oleh di Lenggang Jakarta

Lenggang Jakarta menjual berbagai makanan khas Indonesia yang terletak tidak jauh dari area parkir kendaraan. Pengunjung yang ingin mencoba masakan khas Jakarta juga bisa menikmatinya di sini.

Untuk menikmati masakan di sini, pengunjung harus membayar menggunakan uang elektronik. Selain itu, Lenggang Jakarta juga menjual berbagai souvenir dengan berbagai ilustrasi kota Jakarta yang dapat dijadikan oleh-oleh.

Fasilitas di Monumen Nasional

Fasilitas yang tersedia cukup lengkap, seperti toilet umum dan untuk difabel. Selain itu, 400 lampu LED dipasang untuk menerangi setiap sudut taman.

Petunjuk transportasi umum ke Monas

Bagi yang ingin mengunjungi Monas, bisa menggunakan bus Transjakarta jurusan Kota-Blok M atau Pulogadung. Kemudian turun di halte Monumen Nasional. Jika Anda menggunakan kereta api jalur komuterAnda kemudian harus turun di stasiun Gondangdia.

Kemudian naik bus Kopaja P 20 menuju Pasar Senen lalu turun di stasiun Gambir. Dari stasiun Gambir, Anda bisa berjalan langsung menuju monumen nasional.

Alamat dan kontak monumen nasional

Monumen nasional ini terletak di Jalan Silang Monas, Gambir, di pusat kota Jakarta, tepatnya di tengah Lapangan Medan Merdeka. Untuk menghubungi unit pengelola, pengunjung dapat menghubungi nomor telepon (021) 3504333. Atau melalui email dengan alamat [email protected] untuk suatu kepentingan.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button