Tiket ke monumen nasional dan 7 atraksi menyenangkan - WisataHits
wisatahits

Tiket ke monumen nasional dan 7 atraksi menyenangkan

Harga Tiket Masuk Monumen Nasional: Rp2.000 – Rp35.000 Jam Buka: 06:00 – 16:00 WIB Telp: -Alamat: Jl.Monas, Gambir, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10110

Monumen Nasional merupakan ikon kota Jakarta yang sudah terkenal hampir di seluruh penjuru dunia. Konstruksinya sendiri dikerjakan oleh tiga arsitek ternama Indonesia. Ketiganya adalah Frederich Silaban, Ir Rooseno dan Soedarsono. Konstruksi dimulai pada 17 Agustus 1961.

Kemudian resmi dibuka untuk umum pada tahun 1975. Padahal, ide mendirikannya sudah ada pada tahun 1954. Namun, baru terwujud tujuh tahun kemudian. Kekhasan bangunan ini terletak pada bentuk api yang menyala-nyala di bagian paling atas.

Harga tiket masuk Monas – Monumen Nasional

Ruang Monas terbagi menjadi tiga bagian. Terdiri dari api, pelataran cangkir dan bagian atas. Masing-masing memiliki harga tiket yang berbeda. Pengelompokan ini didasarkan pada tingkat usia pengunjung.

Harga tiket masuk Monas
Jenis tiket Anak Murid Dewasa
Pengadilan Cawan Rp2.000 Rp 3.000 Rp 5.000
Puncak Monas Rp 4.000 Rp 8.000 Kartu Jack: Rp 15.000, kartu non-jack: Rp 35,00

Baca: Harga Tiket dan Aktivitas PIK White Sand Beach 2

Jam buka Monas

Monumen Nasional selalu buka dari pagi hingga sore hari. Dalam seminggu hanya bekerja selama enam hari. Pada hari Senin, Monas tidak menerima kunjungan wisatawan.

Jam buka monumen nasional
Selasa – Minggu 08.00 – 16.00

Aktivitas dan wahana menarik di monumen nasional

Monumen Nasional atau Monas bukan sekedar tugu peringatan. Namun juga sebagai destinasi wisata sejarah bagi masyarakat Jakarta. Seiring berjalannya waktu, pemerintah mulai melakukan perbaikan di daerah tersebut. Setidaknya ada wahana dan aktivitas yang menarik dan unik untuk dicoba wisatawan.

1. Pemandangan Jakarta dari Puncak Monas

Kagumi pemandangan Jakarta dari atas MonasMonas memiliki wahana menarik bernama Peak Court yang biasa digunakan untuk melihat kota Jakarta dari ketinggian. Foto: Instagram/monumen.nasional

Wisatawan yang berkunjung ke Monas biasanya ingin melihat ibu kota dari atas. Untuk mencapai ruangan berukuran 11 x 11 meter ini, Anda bisa naik lift. Kapasitasnya hanya mampu menampung 6 sampai 8 orang. Jika Anda tidak mendapatkannya, Anda bisa menggunakan tangga sebagai alternatif.

Sesampainya di Peak Court, pengunjung akan langsung dibuat terpesona dengan keindahan kota Jakarta. Menariknya, ada teropong yang bisa digunakan untuk melihat lebih dekat. Saat cuaca tidak mendung, Anda akan melihat Gunung Salak dan Kepulauan Seribu. Dan hamparan laut biru terbentang dengan pulau-pulau kecil yang menghiasi sekitarnya.

Baca: 8 Aktivitas Wisata di SENAYAN PARK SPARK

2. Berburu foto di tempat keren

Saat berkunjung ke Monas, jangan lupa untuk mencari gambar. Karena di kawasan ini banyak sekali spot-spot keren yang bisa jadi background.

Salah satu tempat yang sering dikunjungi wisatawan adalah Taman Monas. Meski baru dibuat, berhasil membuat orang tertarik untuk mampir. Di sini, banyak pengunjung yang melakukan aktivitas hunting foto sambil duduk dan bersantai.

Selain taman, ada juga spot patung yang tak kalah unik. Monas sendiri memiliki beberapa koleksi patung pahlawan. Diantaranya adalah RA Kartini, Chairil Anwar, MH. Thamrin, Pangeran Diponegoro. Ada juga patung IKADA yang menggambarkan sekelompok anak muda yang membawa bendera merah putih.

Baca: Harga Tiket Safari JAKARTA AQUARIUM dan 7 Aktivitas Menarik

3. Kunjungan Edukasi ke Museum Sejarah Gulat Indonesia

Kegiatan liburan tidak sebatas jalan-jalan atau foto-foto. Tapi isi dengan sesuatu yang bermanfaat. Berkunjung ke Monas bukan hanya sekedar melihat pemandangan alam. Di sini pengunjung juga bisa belajar dari wisata sejarah.

Salah satunya adalah Museum Sejarah Gulat Indonesia. Di dalamnya, 12 diorama menampilkan perjuangan para pahlawan Indonesia di masa penjajahan. Selain menimba ilmu, wisatawan juga didorong untuk mengenang jasa para pahlawan yang rela mengorbankan diri. Agar mereka tahu betapa sulitnya mengambil kemerdekaan untuk kehidupan yang lebih baik di masa depan.

Baca: Tiket Murah Kebun Binatang Ragunan Wisata Edukasi Satwa Lengkap

4. Berbagi sepeda

Berbagi sepeda adalah layanan sewa sepeda gratis bagi pengunjung Monas. Dengan wahana ini, wisatawan bisa berkeliling setiap kawasan tanpa perlu berjalan kaki. Tentu hal ini menghemat waktu dan tenaga. Lokasi sewa berada di sisi barat pintu masuk, tepat di seberang patung kuda.

Selain itu, pengunjung juga dapat menemukannya di sisi utara, timur dan selatan. Ide untuk jalan-jalan Berbagi sepeda diluncurkan oleh PT. Teknologi Surya yang Kuat. Untuk menyewa sepeda, pengunjung harus mengunduh aplikasi GOWES terlebih dahulu. Pertama, selesaikan proses pendaftaran lalu ikuti petunjuk di layar ponsel.

Baca: Tiket MOJA MUSEUM dan spot foto kreatif

5. Lift Bronto

Setiap hari Monas selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Bahkan penjualan tiket mencapai penjualan puncak dalam hitungan menit. Tapi jangan khawatir, ada alternatif lain untuk menikmati keindahan ibu kota dari atas. Menggunakan kendaraan Bronto Skylift milik Dinas Pemadam Kebakaran dan Keamanan Provinsi DKI Jakarta.

Bronto Skylift diperuntukkan bagi pengunjung yang kehabisan tiket untuk menuju puncak. Dan kendaraan ini dapat digunakan secara gratis, yaitu tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun. Dengan menaikinya, pengunjung bisa melihat kota Jakarta dari ketinggian. Segala sesuatu di bawah ini akan terlihat seperti kota mainan mini kecil.

Baca: Tiket Masuk ANCOL BEACH, Jam & Aktivitas

6. Atraksi Tari Air Mancur

Air Mancur MonasPada akhir pekan, kota Jakarta akan dipenuhi dengan lampu warna-warni dari lampu-lampu menari di Air Mancur Monas. Foto: Googlemap/Maximo Bench

Lima tahun lalu, Pemprov DKI Jakarta meresmikan kendaraan baru di Monas. Momen epik itu terjadi pada 12 Agustus 2017. Tepatnya saat Jakarta masih diperintah oleh Gubernur Djarot Saiful Hidayat. Saat itu, muncul ide untuk membuat pertunjukan air mancur di sekitar kawasan Monas.

Sayangnya, pengunjung tidak bisa melihatnya setiap hari. Karena atraksi air mancur menari hanya berlangsung pada hari Sabtu dan Minggu. Dari pukul 19:30 hingga 20:30 Tarian air mancur memungkinkan semua orang di Jakarta untuk menontonnya tanpa membayar biaya apapun.

Baca: Tiket dan Aktivitas Jakarta MANGROVE TOURS

7. Wahana Taman Monas

kegiatan relaksasi di Taman MonasMonas memiliki taman yang hijau dan sejuk yang dapat digunakan wisatawan untuk bersantai atau berolahraga. Foto: Googlemap/Fahroji 1989

Wahana terbaru lainnya yang menjadi favorit wisatawan adalah Taman Monas. Sebuah kawasan dengan konsep hutan kota yang dipenuhi rerumputan hijau dan pepohonan yang rindang. Pengunjung umumnya menggunakan kawasan tersebut sebagai tempat bersantai setelah puas dengan kunjungannya.

Dengan luas minimal 80 hektar, terdapat rusa yang lucu dan menggemaskan. Memang pemerintah sengaja memelihara rusa agar semakin menambah keindahan kawasan wisata Monas. Selama ini wisatawan bisa langsung berinteraksi dan memberi makan mereka. Jangan khawatir, hewan ini jinak dan mudah beradaptasi dengan siapa saja.

Baca: Tiket Monas dan Tempat Wisata Menarik

Instalasi monumen nasional

Hal yang menarik dari Monas adalah memiliki fasilitas olahraga yang lengkap. Contohnya lapangan basket, futsal, dan voli. Lalu ada juga tempat pijat refleksi yang bisa dinikmati wisatawan secara gratis. Ada juga warung makan dan toko yang menjual berbagai suvenir.

Lokasi monumen nasional

Wisata sejarah ini terletak di Jalan Tugu Monas. Tepatnya di kawasan Gambir, di pusat kota Jakarta. Lokasinya sendiri tidak terlalu jauh dari stasiun Juanda atau Gondangdia. Perjalanan selanjutnya bisa dilakukan dengan jalan kaki atau naik ojek online.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button