Tiket dan Atraksi Mercusuar Pulau Sebira - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Atraksi Mercusuar Pulau Sebira

Tiket dan Atraksi Mercusuar Pulau Sebira

Tiket masuk mercusuar di pulau sebira Harga : gratis. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon: -. Alamat/Lokasi: Pulau Sebira, Pulau Harapan, Kepulauan Seribu Utara, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, Indonesia, 14540.

Mercusuar Pulau Sebira bangunan tua peninggalan belanda yang bersejarah. Terletak di Kepulauan Seribu, pulau terjauh dari daratan Jakarta. Dalam bahasa Belanda, mercusuar disebut Noordwachter. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, Noordwachter berarti menjaga utara.

Karena letaknya di Pulau Sebira, orang menyebutnya Mercusuar Pulau Sebira. Mercusuar ini didirikan sejak tahun 1869 oleh penjajah Belanda. Dan itu berarti sekarang sudah berusia lebih dari 150 tahun. Mercusuarnya masih berdiri meski ada bagian yang berkarat.

Biaya masuk

Masuk ke tujuan wisata top ini gratis. Sehingga pengunjung dapat melihat keindahan mercusuar secara gratis. Pengunjung hanya perlu membayar tiket kapal untuk menuju Pulau Sebira.

Jika menggunakan kapal Dinas Perhubungan dari Muara Angke ke Pulau Sebira membutuhkan waktu 2,5 jam. Dengan harga tiket kapal Rp 74.000. Pilihan lainnya adalah dengan menggunakan speedboat dari Marina Ancol yang memakan waktu 2,5 hingga 3 jam. Namun, tarifnya cukup mahal dan lebih mahal dari kapal Dishub.

Harga tiket
Tiket masuk Bebas

Baca: PULAU SEBIRA sangat indah di utara Kepulauan Seribu

Jam buka

Wisatawan yang ingin mengunjungi mercusuar ini bebas datang kapan saja. Karena tempat wisata ini buka setiap hari. Tidak ada jam buka yang berlaku, dengan kata lain tempat ini buka 24 jam sehari.

Jam buka
Setiap hari 24 jam

Sejarah Mercusuar Pulau Sebira

Pemandangan pulau SebiralPemandangan indah di Pulau Sebira. Foto: instagram/isabiraofficial

Mercusuar Pulau Sebira adalah salah satu peninggalan paling bersejarah di Indonesia. Pembuatannya dilakukan pada masa pemerintahan Raja ZM Willem III di Belanda. Ini juga tertulis di atas pintu masuk mercusuar tetapi tulisannya dalam bahasa Belanda. Tujuan pendiriannya memang untuk menjadi mercusuar navigasi kapal.

Ternyata potongan demi potongan mercusuar itu tidak langsung dibuat di Indonesia melainkan di Belanda. Tepatnya di sebuah pabrik metalurgi yang ditugaskan mengerjakan pembangunannya pada tahun 1867. Kemudian pada tahun 1869 kapal uap Hertog Bernard membawa pembangunan mercusuar tersebut ke Indonesia. Pembangunannya dilakukan dengan sangat serius dan penuh perhitungan.

Baca: Tiket PULAU JAWA UNTUNG dan Ragam Kegiatannya

Bentuk unik Mercusuar Pulau Sebira

Mercusuar Pulau SebiraMercusuar yang mengesankan. Foto: google maps/Bony Kumaha

Daya tarik bangunan ini adalah konstruksi tanpa embel-embelnya. Konstruksinya terbuat dari baja metalik dan memiliki ketinggian sekitar 48 meter. Sudut bagian dalam mercusuar unik karena memiliki 12 sudut atau dodecagon. Ada 12 piringan jaring yang menopang bangunan mercusuar dengan diameter lebih kecil ke atas.

Kemudian, struktur tersebut kembali ditopang oleh 12 batang rangka. Angka 12 pada struktur bangunan ini masih menjadi misteri. Namun pada kenyataannya bangunan tersebut memiliki konstruksi yang kompleks. Bangunan mercusuar juga hanya memiliki sedikit jendela untuk ventilasi.

Baca: Tiket Burung Kepulauan Seribu dan Aneka Aktivitas

Bantuan navigasi kapal

Bagian atas mercusuarPuncak mercusuar. Foto: instagram/isabiraofficial

Mercusuar ini dilengkapi dengan lampu khusus yang berfungsi sebagai lampu pijar untuk membantu navigasi kapal. Lampu Mercusuar Pulau Sebira bisa bersinar hingga jarak 35 kilometer. Menurut beberapa informasi, mercusuar ini masih berfungsi untuk navigasi laut.

Baca: 14 Aktivitas Seru di Kepulauan Seribu Jakarta

Mercusuar Pulau Sebira mulai menua

Bagian Tangga Mercusuar Pulau SebiraBagian tangga mercusuar berkarat dan tampak rapuh. Foto: instagram/sukmasantri

Dari kejauhan, mercusuar ini sangat mencolok dengan cat putihnya. Namun, jika dilihat lebih dekat, sudah terlihat berkarat di banyak sisi. Tak heran, karena mercusuar ini berusia sekitar satu setengah abad. Banyak tangga menuju atap yang keropos sehingga tidak aman untuk menaikinya.

Meski sudah berkarat, mercusuar ini tetap layak dikunjungi karena sarat dengan nilai sejarah. Ada beberapa sudut baja yang penyok karena terkena meriam saat perang. Hal ini seakan membuktikan bahwa mercusuar ini merupakan saksi bisu perang zaman penjajahan.

Interior mercusuar sendiri cukup menarik dan pengunjung bisa memasukinya. Di dasar mercusuar terdapat ruangan untuk menyimpan berbagai barang atau perlengkapan pendukung. Untuk mencapai puncak mercusuar, Anda harus menaiki 210 anak tangga melingkar. Di bagian atas terdapat kubah dengan jendela kaca yang berfungsi sebagai area pengawasan.

Baca: Tiket PULAU ONRUST dan Atraksi Peninggalan Purbakala

Spot Foto Instagrammable

Ambil foto di gerbang mercusuarGerbang mercusuar sering menjadi spot foto yang Instagrammable. Foto: google maps/Rizky Herdialam

Wisatawan yang berkunjung ke Mercusuar Pulau Sebira harus mengabadikan momen tersebut. Mengingat untuk mengunjungi pulau itu membutuhkan upaya besar karena Anda harus menyeberangi perairan. Wisatawan bisa berfoto dengan latar belakang mercusuar atau di depan gerbang mercusuar. Memotret diri sendiri di gedung-gedung tua bisa terasa seperti foto kuno yang Instagrammable.

Alam yang mempesona

Selain memiliki bangunan bersejarah Belanda, alamnya juga menawan. Pulau Sebira menawarkan pemandangan laut dengan pasir putih yang menawan. Banyak wisatawan yang melakukan aktivitas seru, misalnya memancing di pantai Pulau Sebira.

penduduk yang ramah

Dahulu kala, pulau ini hanya dihuni oleh penjaga mercusuar. Namun seiring berjalannya waktu, banyak penduduk suku Bugis yang merantau ke Pulau Sebira. Ada kurang dari 600 orang yang tinggal di pulau kecil ini.

Mercusuar ini berada di dekat pemukiman padat Pulau Sebira. Penduduk pulau ini dikenal ramah terhadap pengunjung. Selain ramah, penduduk pulau juga memiliki sikap sopan dalam mengundang pengunjung untuk menginap.

Kemudahan

Ada beberapa fasilitas umum yang bisa pengunjung dapatkan saat berkunjung ke Mercusuar Pulau Sebira. Diantaranya adalah Balai Peristirahatan dan Masjid Jami Nurul Bahri untuk tempat ibadah. Sedangkan untuk toilet, pengunjung bisa naik ke rumah warga. Karena belum ada keluarga angkat, pengunjung bisa menyewa rumah penduduk setempat untuk bermalam atau mandi.

Lokasi Mercusuar Pulau Sebira

Lokasi mercusuar ini berada di Pulau Sebira, Pulau Harapan, Kepulauan Seribu Utara, Kepulauan Seribu DKI Jakarta. Untuk mengunjunginya, Anda harus terlebih dahulu melakukan penyeberangan laut.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button