Pemerintah Kabupaten Bogor membuat desa wisata di kecamatan - WisataHits
Jawa Barat

Pemerintah Kabupaten Bogor membuat desa wisata di kecamatan

Pemerintah Kabupaten Bogor membuat desa wisata di kecamatan

Membelah


tweet

Membelah

Membelah

Surel


BOGOR-KITA.com, CIBINONG – Sejumlah kecamatan di Kabupaten Bogor memiliki potensi wisata yang bisa dikembangkan. Namun dulu pemerintah lebih fokus pada pembangunan desa.

Namun saat ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor mulai menggali potensi wisata yang ada di kawasan Kelurahan dengan merencanakan pendirian desa wisata.

Kepala Disbudpar Kabupaten Bogor Deni Humaedi mengatakan, secara administratif wilayah Kabupaten Bogor memiliki 40 kecamatan, 19 kecamatan, dan 416 desa. Namun nyatanya, fokus pembangunan lebih pada desa, karena desalah yang paling dominan di bumi keyakinan teguh ini.

Padahal, potensi wisata di kelurahan juga banyak. “Oleh karena itu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata akan mulai mempromosikan potensi wisata yang ada di desa tersebut, yaitu membentuk desa wisata,” kata Deni Humaedi, Senin (16.1/2023).

Pendirian desa wisata pasti akan berlangsung tahun ini.

“Desa wisata di Kecamatan Cibinong akan kita dirikan dulu karena hampir semua Cibinong sudah menjadi kampung desa,” ujarnya.

Direncanakan pada tahun 2023 akan ada empat kecamatan yang membentuk desa wisata.

“Tapi desanya belum bisa kami pastikan, total ada empat kecamatan atau empat desa wisata,” jelasnya.

Secara konseptual, desa liburan lebih heterogen daripada desa liburan. Konsep tersebut didasarkan pada tradisi daerah.

“Kalau ada kesenian tradisional yang kuat akan kita tampung, kalau ada potensi lain tinggal kita kembangkan,” terangnya.

Mudah-mudahan tahun ini rencana pembentukan desa wisata di empat kecamatan di Kecamatan Cigombong bisa terlaksana, dan dia berharap desa wisata ini bisa menjadi pilot project bagi kecamatan lainnya.

Sementara itu, salah satu Lurah di Kecamatan Cisarua mengapresiasi berdirinya desa wisata di Kelurahan tersebut.

“Desa wisata akan menjadi ikon kelurahan sebagai destinasi wisata. Semoga Desa Cisarua bisa menjadi desa wisata. Tinggal menggali potensi wisata yang ada,” kata Kepala Desa Cisarua Heru Heriawan. [] Danu

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button