Kedung Pengilon, Panorama Alam Eksotis Penuh Misteri di Bantul - WisataHits
wisatahits

Kedung Pengilon, Panorama Alam Eksotis Penuh Misteri di Bantul

Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Petung, Bangunjiwo, Kec. Kasihan Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Kasus: Verifikasi lokasi

Ada banyak objek wisata alam yang bisa dituju saat berkunjung ke Jogja, salah satunya Kedung Pengilon. Tempat ini menawarkan pesona air terjun alami yang indah. Keindahannya bahkan mampu menarik wisatawan yang datang dari jauh. Sebagian besar pengunjungnya adalah para remaja yang ingin mencari ketenangan saat berlibur.

Objek wisata berupa panorama alam masih diminati hingga saat ini. Selain digunakan untuk penyembuhan dan refreshing, rata-rata harga tiket masuknya juga murah. Namun dari segi peralatan, mereka tidak memenuhi syarat karena jaraknya yang jauh dari desa. Tidak masalah, karena Anda bisa mengantisipasinya sejak awal dengan membawa perbekalan yang cukup.

Bantul sendiri memiliki banyak objek wisata alam yang selalu memanjakan mata. Kedung Pengilon hanyalah salah satunya dengan berbagai atraksi. Karena objek wisata inilah banyak pengunjung yang datang. Tidak ramai, tapi tetap ada setiap hari. Saat liburan, jumlah wisatawan dari berbagai daerah cukup banyak.

Objek wisata Kedung Pengilon

Daya Tarik Kedung PengilonKredit gambar: Google Maps Yeni Anis Saputri

Bicara soal daya tarik, tentu sangat penting untuk mengetahui hal ini sebelum berkunjung. Tidak hanya untuk objek wisata yang kita bahas kali ini, semuanya seperti itu. Meskipun yang terbaik adalah melihatnya secara langsung, ada baiknya untuk mengetahui lebih banyak tentang gambar tersebut agar Anda tidak usil.

1. Kisah mistis Kedung Pengilon

Daya tarik Kedung Pengilon yang pertama terletak pada kisah mistis di balik pesonanya. Konon lokasi tersebut dulunya dijadikan tempat tinggal Nyi Blorong yang sering menuntut tumbal. Di tempat ini pernah terjadi tragedi pengunjung yang tenggelam dan meninggal dunia. Anehnya, semua korbannya adalah remaja, usianya hampir sama.

Menurut sesepuh desa, sebelumnya tempat wisata ini dihuni oleh humor yang bagus. Jangan pernah menyakiti siapapun yang datang, selama tidak ada niat jahat disana. Namun lambat laun banyak makhluk gaib lainnya yang juga ingin menghuni tempat indah di Jogja ini.

2. Air terjun yang indah

Terlepas dari sejarah mistis Kedung Pengilon yang sedikit menyeramkan, tak masalah jika Anda berkunjung hanya untuk menikmati pesonanya. Asal jaga hati dan selalu waspada, berkunjung ke sini selalu aman. Apalagi daya tarik keindahan air terjun tersebut tidak bisa dipungkiri oleh siapapun yang melihatnya.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 10 meter dengan aliran yang cukup besar. Keindahan air terjun yang mengalir melewati tebing bebatuan memang selalu memanjakan mata. Mirip dengan seluncuran air, tebing bebatuan tempat aliran air terjun terlihat sangat halus dan rata. Memang air membutuhkan waktu lama untuk melintasinya sehingga batuan yang tergerus menjadi mulus.

3. Bersihkan kolam

Daya tarik lain dari Kedung PengilonKredit Gambar: Google Maps Doomed Ddodo

Nama Kedung Pengilon sebenarnya tidak lepas dari kolam di bawah air terjunnya. Pengilon dalam bahasa setempat berarti cermin, menandakan bahwa kolam tersebut memiliki air yang jernih seperti kaca. Permukaannya yang tenang membuat hati siapapun yang memandangnya juga merasakan ketenangan.

Ukurannya tidak terlalu lebar, diameternya hanya 15 meter dan bentuknya hampir menyerupai lingkaran. Kolam ini memiliki kedalaman yang cukup dalam, sehingga disarankan untuk berhati-hati saat melakukan aktivitas apapun disana. Di tepi kolam tampak dangkal, tetapi sedikit ke tengah menjadi lebih dalam, hingga 5-8 meter.

4. Suasana yang indah

Selain aliran indah yang mengarah ke kolam, ada daya tarik lain yang harus Anda ketahui tentang Kedung Pengilon. Suasana disini selalu sangat alami, asri dan nyaman untuk dirasakan saat berkunjung. Hampir seluruh bagian tempat wisata di Jogja ini dikelilingi oleh pepohonan yang rindang. Warna hijau dicapai dengan melihat seluruh sudut lokasi.

Tak hanya saat berada di lokasi prima, perjalanan menyelam juga mengungkapkan keindahan yang sama. Vegetasi hijau selalu menemani Anda saat datang ke lokasi. Ada yang berupa semak, seperti jati dan bambu. Beberapa datang dalam bentuk tanaman liar berbunga indah. Semak dan rerumputan semakin mendukung suasana pedesaan yang asri.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Kedung PengilonKredit gambar: Google Maps Fadjari Wibowo

Kedung Pengilon merupakan tempat wisata di Bantul yang patut dikunjungi karena daya tariknya. Alamat lengkapnya di Petung, Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Jarak tempuh dari pusat kota Bantul tidak terlalu jauh, hanya sekitar 16 kilometer dengan waktu tempuh rata-rata 30 menit.

Ada banyak rute yang bisa Anda tempuh, salah satunya melalui Jalan Sultan Agung. Dari jalan ini lanjutkan perjalanan ke Jalan Srandakan lalu ke Jalan Sedayu – Gersikan. Rute selanjutnya menuju Jalan Krebek hingga menemukan Masjid Al-Aamin di sisi kanan jalan.

Dari musholla, ambil kanan setelah pertigaan, lalu belok kiri setelah kira-kira 200 meter. Perjalanan yang berliku bisa menjadi tantangan tersendiri, kemacetan kecil pun akan menguji kesabaran Anda. Tapi jangan khawatir, semuanya akan terbayar begitu Anda tiba di lokasi.

Harga Tiket Masuk Kedung Pengilon

Tiket Kedung PengilonKredit gambar: Google Maps Anastasia Inar Istinu

Mengunjungi objek wisata tidaklah gratis. Paling tidak, Anda harus membayar biaya parkir jika memang venue tersebut tidak memungut biaya masuk. Bisa dibilang harga tiket masuk ke Kedung Pengilon sangat murah. Anda hanya perlu membayar 5000 untuk satu orang. Biaya tambahan untuk parkir kendaraan adalah 3.000 untuk sepeda motor dan 5.000 untuk yang membawa mobil.

Meski begitu, lebih baik jika Anda tidak membawa uang tunai persis. Memang, biaya lain diperlukan, meskipun tidak wajib. Biaya yang dimaksud adalah sewa ban, sangat penting untuk menjaga keselamatan. Selain itu, kebutuhan perbekalan juga banyak, atau bisa dibawa sendiri dari rumah.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Kedung Pengilon

Kegiatan Kedung PengilonKredit gambar: Google Maps Rinto Heri Setiawan

Setelah membahas atraksi, alamat, dan tiket masuk, sekarang kita akan beralih ke aktivitas yang bisa dilakukan di Kedung Pengilon. Karena termasuk kunjungan ke air terjun dengan kolam yang indah, sebagian besar kegiatannya berhubungan dengan air. Daripada penasaran, yuk simak ragam kegiatan berikut ini!

1. Perjalanan ke lokasi

Aktivitas dijamin menarik pertama adalah menuju lokasi. Tracking di sini selalu menyenangkan karena dilengkapi dengan berbagai jenis pepohonan yang asri dan hijau. Meski cukup panjang dan sulit karena harus berjalan sekitar 500 meter dari tempat parkir, tentu tidak membosankan. Selain itu, hamparan sawah milik penduduk setempat selalu menemani perjalanan.

2. Berenang di kolam yang jernih

Hampir setiap wisatawan yang berkunjung ke Kedung Pengilon mau tidak mau basah kuyup. Kegiatan berenang pun sepertinya wajib dilakukan. Namun, karena kedalaman air kolam, Anda harus berhati-hati. Jika Anda tidak yakin cara berenang, lebih baik bermain di air dekat kolam yang jauh lebih aman.

3. Berburu spot foto

Keindahan tempat wisata di Bantul ini sayang jika harus dilewatkan begitu saja tanpa memiliki oleh-oleh. Oleh karena itu, aktivitas lain yang menarik dan wajib dilakukan adalah hunting spot foto. Kegiatan ini juga mendukung kegiatan lain, misalnya dokumentasi diri saat berenang atau di bawah air terjun.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Kedung PengilonKredit gambar: Google Maps Den Marga

Di awal pembukaan tadi, disebutkan bahwa fasilitas di Kedung Pengilon sangat tidak memadai. Itu kalau di tempat wisata utama, beda lagi kalau di desa. Artinya, fasilitas yang tersedia jauh lebih lengkap di kawasan hunian. Tersedia musholla untuk tempat ibadah, area parkir dan tentunya toilet untuk keperluan kebersihan diri.

Memilih tempat wisata bagi sebagian orang bukanlah hal yang mudah. Apalagi mereka punya tujuan tertentu, untuk menyembuhkan, menyegarkan semangat, misalnya. Setelah menyimak pembahasan Kedung Pengilon di atas, sepertinya tempat wisata ini masih layak dikunjungi. Disarankan untuk membawa perbekalan yang cukup di lokasi karena kurangnya fasilitas.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button