Akan dibuka untuk kendaraan roda dua, kontraktor uji jembatan Jurug A Solo - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Akan dibuka untuk kendaraan roda dua, kontraktor uji jembatan Jurug A Solo – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Pengendara sepeda motor melintasi Jembatan Jurug A, jembatan tertua dari tiga jembatan di Jurug, Jebres, Solo, Senin (19/09/2022). (Solopos/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SOLO — Jembatan Jurug A di Sungai Bengawan Solo akan dibuka untuk lalu lintas roda dua. Jembatan tertua di Jurug saat ini sedang diuji oleh konsultan yang ditunjuk oleh PT Bukaka sebagai kontraktor pengganti Jembatan Jurug B.

Seperti diketahui, Jembatan Jurug A ditutup karena konstruksinya yang lama dan dikhawatirkan membahayakan pengguna jalan. Jembatan Jurug-A akan dilestarikan mengingat status warisannya.

Iklan Nimo Highland, wisata hits Bandung mirip Santorini, Yunani

Kontraktor membuka kemungkinan Jembatan Jurug A bisa digunakan untuk lalu lintas roda dua. Jembatan Jurug A diuji oleh konsultan yang dikontrak oleh PT Bukaka, yang meliputi pengujian statis dan dinamis.

Pengujian ini berfungsi untuk mengetahui kekuatan struktur Jembatan Jurug A Solo. Menurut General Manager Konstruksi PT Baja Titian Utama, Bambang Nurhadi, uji coba itu dilakukan dengan harapan bisa segera dijalankan untuk roda dua.

“Saat ini proses pengujian statis dan dinamis sedang dilakukan oleh konsultan Jembatan Jurug A. Pengujian yang dilakukan adalah pengujian statis dan dinamis. Nanti kita akan melihat kemampuan struktural apa yang dimiliki Jembatan Jurug A untuk memungkinkan kendaraan roda dua untuk melewatinya ‘ dia menjelaskan dalam sebuah wawancara Solopos.comSenin (10/3/2022).

Baca Juga: Jurug Solo Lagi Diblokir, Antrian Kendaraan Capai 1,2 Km Menuju Koramil Jebres

Bambang memperkirakan Jembatan Jurug A masih bisa dilintasi kendaraan roda dua. Namun perlu perbaikan terutama pada lantai jembatan yang banyak lubangnya. Selain itu, diperlukan persetujuan dari otoritas terkait sebelum melintasi Jembatan Jurug A.

Memperbaiki lantai jembatan Jug A

“Saat hasil uji coba sudah masuk, kita bisa lihat seberapa kuat strukturnya, lantainya akan diperbaiki dulu agar tidak berlubang, kemudian kita akan minta izin agar jembatan Jurug A bisa dilewati dua kali. roda”, katanya.

Soal kapan Jembatan Jurug A bisa dilintasi, Bambang berharap hasil uji coba bisa segera diketahui. “Karena kalau bisa lolos, kita akan menunggu hasilnya, yang merupakan hasil proses, dan kita akan segera meminta izin,” ujarnya.

Baca Juga: Dibom Berulang Kali, Jembatan Jurug A, Peninggalan PB X Tidak Hancur

Sebagai informasi: Jembatan Jurug A ditutup pada Selasa malam (20/9/2022) pukul 20.45 WIB. Jembatan ini dipadati oleh kendaraan roda dua ketika jembatan Jurug B awalnya ditutup.

Kontraktor kemudian menutup Jembatan Jurug A karena khawatir strukturnya tidak mampu menahan beban berat. Saat ini, satu-satunya jembatan di kawasan Jurug yang masih digunakan adalah Jembatan Jurug C yang dilalui baik dari arah Karanganyar menuju arah Solo maupun sebaliknya.

Source: www.solopos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button