Green Canyon, lembah hijau eksotis di Pangandaran - WisataHits
wisatahits

Green Canyon, lembah hijau eksotis di Pangandaran

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp150.000, Jam operasional: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Jl. Dusun Raya Cijulang. Karangpaci, Kertayasa, Kec. Cijulang, Kab. Pangandaran, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Berbicara tentang Pangandaran, sebagian besar dari Anda pasti sangat mengenal kota ini. Pangandaran memang sudah sangat terkenal, terutama dalam hal pariwisata. Bukan hanya soal pantainya saja, namun ada berbagai destinasi wisata alam lainnya yang kurang asik.

Sebagian besar wisatawan pasti tahu keindahan Pantai Pangandaran. Hamparan pasir putih yang memanjang disertai air biru jernih menambah eksotisme pemandangan pantai. Namun jika bosan berada di pantai, masih banyak destinasi wisata menarik di Pangandaran.

Salah satu destinasi wisata yang harus Anda kunjungi saat berada di Pangandaran adalah Green Canyon. Pesona sirkuit akuatik ini menampilkan keindahan yang mempesona. Berada di Green Canyon akan kondusif untuk menghilangkan penat. Berikut ulasan lengkapnya.

Mengenal Green Canyon yang eksotis

Mengenal Green CanyonKredit Gambar: Google Maps anang irawan

Green Canyon atau Cukang Taneuh merupakan wisata air yang sangat populer di Pangandaran. Berbeda dengan wisata lainnya, di tempat wisata ini pengunjung akan ditantang untuk memacu adrenalin saat mengikuti beberapa kegiatan. Namun, situasi ini akan semakin seru karena pemandangan setiap perjalanan akan terlihat alami dan menawan.

Saat pertama kali datang ke Green Canyon, Anda perlu menyiapkan perahu dayung untuk membawa Anda ke tempat wisata. Aktivitas sebenarnya belum dimulai, namun di sini Anda akan merasakan kesejukan yang luar biasa, dimulai dengan keanekaragaman alam yang indah berpadu dengan bebatuan yang unik dan eksotis. Belum lagi hamparan perbukitan yang bisa dilihat dari sisi kanan dan kiri.

Saat berkunjung ke tempat ini, sebaiknya datang bersama teman atau keluarga. Dengan begitu Anda tidak sendirian dalam melihat pemandangan indah yang ditawarkan tempat wisata populer ini. Segala aktivitas penat akan hilang seketika melihat sejuknya nuansa perjalanan seolah-olah sedang berada di Grand Canyon.

Sejarah penamaan Green Canyon sendiri begitu menarik. Awalnya, nama tersebut disandang oleh warga Prancis yang melihat hamparan bebatuan dan air yang hijau. Maka, nama Green Canyon dipilih karena dianggap tepat. Selanjutnya, nama tersebut juga merupakan plesetan dari Grand Canyon di Colorado, AS.

Atraksi Green Canyon di Pangandaran

Atraksi Green CanyonKredit gambar: Google Maps ilham_official208

Nama asli tempat wisata air ini adalah Cukang Taneuh. Atau dalam bahasa Indonesia berarti jembatan darat. Nama seperti itu sepertinya tepat mengingat pemandangan alam yang begitu indah. Anda akan melihat berbagai bukit indah ditemani stalaktit saat melintasi rongga bukit di perjalanan perahu.

Perjalanan pertama harus dilakukan dengan perahu dari dermaga Ciseureuh. Perjalanan mungkin memakan waktu 30-45 menit tetapi tidak akan terasa karena Anda akan melihat berbagai pemandangan alam di sekitar. Soal keamanan, pengunjung juga tidak perlu khawatir karena sudah ada pemandu ramah yang siap melayani hingga pengunjung tiba di tempat tujuan.

Bagi Anda yang menyukai adrenalin dan tantangan, Green Canyon akan menjadi pilihan yang tepat. Karena setelah sampai di sana, kamu bisa mengikuti aktivitas air yang seru dan tentunya tidak membosankan. Mengunjungi rekan kerja pasti menambah keseruan dan membangun hubungan yang lekat.

Adrenalin Anda akan meningkat jika Anda memutuskan untuk melompat dari bebatuan. Ada beberapa spot yang memang digunakan untuk berenang. Keseruan akan semakin terasa mengingat pemandangan dan air hijau toska Green Canyon.

Aktivitas Arung Jeram Green Canyon

Aktivitas ngarai hijauKredit gambar: Google Maps Agung Nugraha

Setelah puas melihat keindahan pemandangan alam Pangandaran, Anda bisa mengikuti kegiatan body rafting. Body rafting adalah aktivitas hebat yang ditawarkan di Green Canyon. Pastikan untuk mempersiapkan mental dan stamina yang optimal, karena perjalanan akan melalui sungai yang panjang dan berdenyut.

Bagi Anda yang ingin mengikuti body rafting, ada dua pilihan yang bisa dijelajahi. Artinya, kedua hal ini menawarkan kesenangan menjelajahi sungai tetapi dengan durasi dan trek yang berbeda. Yang pertama adalah trek panjang dengan biaya 225.000. Anda akan diajak berpetualang seru selama 4-5 jam dengan panjang trek 10 km. Pengunjung dijamin akan merasa puas di segala medan.

Opsi kedua adalah trek yang lebih pendek, panjangnya 5 km. Namun tak kalah seru mengingat medannya cukup berliku dan sulit. Harga yang ditawarkan 220.000. Melewati jalur ini biasanya memakan waktu 1,5-3 jam.

Biaya yang dikenakan untuk body rafting mungkin terkesan mahal, namun jika digali lebih dalam, harga yang ditawarkan cukup masuk akal. Memang, pembayaran ini sudah mencakup perjalanan awal mobil, pemandu, makan, dan tentu saja perlengkapan. Perjalanan Anda juga akan aman karena pemandu selalu siap mengawasi dan berkoordinasi.

Akses jalan menuju tempat wisata Green Canyon

Akses ke ngarai hijauKredit gambar: Google Maps Suara – vlog

Untuk akses jalan, Anda tidak perlu khawatir tersesat. Banyak plang yang dipasang untuk memudahkan pengunjung menemukan kawasan wisata. Apalagi jarak dari pantai Pangandaran hanya sekitar 31 km. Jadi wajib mampir jika ingin lebih seru saat berada di destinasi wisata Jawa Barat ini.

Jika Anda datang dari Jakarta, waktu tempuhnya bisa mencapai 6-8 jam. Memang jalur yang akan ditempuh meliputi jalur Bandung – Tasikmalaya – Ciamis – Pangandaran – Cijulang. Akses jalan telah ditata sedemikian rupa untuk memudahkan akses pengunjung. Anda bisa datang baik dengan kendaraan pribadi atau dengan sarana transportasi yang ada.

Jika tidak ingin repot dengan perjalanan, ada beberapa pilihan lain yang bisa diambil. Salah satunya adalah dengan mendaftar beberapa paket wisata yang tersedia. Ini jelas ada mengingat Green Canyon telah menjadi tujuan wisata bahari yang populer.

Harga Tiket Masuk Green Canyon Tour

Harga Tiket Green CanyonKredit gambar: Google Maps Rudi Virana

Tiket masuk ke Green Canyon tidak mahal. Bahkan tergolong gratis karena pembayarannya hanya dilakukan sebagai alat transportasi ke tempat tujuan. Untuk menuju Green Canyon, Anda harus menyewa perahu yang telah disediakan di dermaga. Biaya sewa mencakup 150.000.

Biaya perjalanan dapat dibagi dengan 5-6 orang tergantung pada kapasitas perahu dayung. Oleh karena itu lebih baik untuk mengundang mitra agar dana dapat membayar untuk usaha patungan. Dengan cara ini, biayanya akan lebih murah. Selain itu, pemandangan selama perjalanan sangat menakjubkan dengan bebatuan dan air yang berwarna hijau toska.

Anda tidak perlu khawatir dengan masalah keamanan karena didampingi langsung oleh ahlinya. Tidak hanya ahli tetapi juga berpengalaman. Biaya tambahan mungkin dikenakan saat wisatawan mengikuti kegiatan arung jeram atau wisata kuliner. Namun, perubahan biaya dapat terjadi. Karena itu Anda harus selalu memperbarui biaya terbaru dengan memeriksa secara teratur.

Berikut beberapa fakta menarik tentang Green Canyon. Dengan segala keindahan dan aktivitas seru yang bisa diikuti, Anda tidak akan pernah bosan berlama-lama di tempat wisata tersebut. Segala penat dan hiruk pikuk aktivitas sehari-hari bisa dilupakan sejenak. Jangan lupa abadikan momen-momen tak terlupakan dengan memotret aktivitas seru Anda di Green Canyon.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button