Tiket dan Aktivitas CURUG CIKENDANG - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Aktivitas CURUG CIKENDANG

Harga Tiket Masuk Air Terjun Cikondang : Rp 5.000

Cianjur yang terkenal sebagai lumbung padi juga memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Wilayah ini memiliki banyak hamparan sawah, hutan dan sungai yang menjadi air terjun. Salah satu air terjun Cianjur yang patut dikunjungi adalah Air Terjun Cikondang.

Bentuknya yang tinggi dan lebar memberikan tampilan yang luar biasa sehingga mendapat julukan Niagara Mini. Air terjun ini dikelilingi oleh persawahan dan perkebunan yang masih asri seperti dulu. Tak heran jika tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata alam favorit di Cianjur.

Tiket Masuk Air Terjun Cikondang

Untuk memasuki Curug Cikondang, pengunjung harus membayar tiket yang terjangkau. Jika membawa kendaraan, pengunjung juga harus membayar biaya parkir.

Biaya masuk
Tiket masuk Rp 5.000

Baca: Tiket Masuk CURUG CITAMBUR dan Pesona Cianjur

Jam operasional

Objek wisata air terjun ini dibuka untuk umum setiap hari mulai pukul 08:30 hingga 16:00. Kawasan air terjun ini juga sering menjadi tujuan untuk kegiatan camping atau berkemah.

Jam buka
Setiap hari 08.30 – 16.00 WIB

Air Terjun Cikondang

Air Terjun Cikondang di musim kemarauAir terjun yang berkurang debitnya saat musim kemarau jelas terlihat konturnya – Foto: Google Maps/indra triadhi

Baca: Tiket Masuk Archipelago Flower Garden dan 9 Taman Bunga Keren

Curug Cikondang adalah sebuah air terjun yang terletak di Desa Sukadana, Kabupaten Cianjur. Namanya bukan berasal dari bahasa Sunda yang berarti “terkenal”, melainkan dari nama sebuah tumbuhan. Kondang adalah nama lain dari loa, tanaman yang ditandai dengan buahnya yang tumbuh di dahan.

Namun, sepertinya istilah “terkenal” cukup cocok untuk aksi ini. Bentuknya yang besar mengingatkan orang pada Niagara, air terjun di Amerika. Curug Cikondang memang menjadi salah satu air terjun eksotis yang layak untuk dikunjungi.

Pemandangan di sepanjang jalan

perkebunan tehArea perkebunan teh yang menjadi pemandangan sepanjang jalan menuju air terjun – Foto: Google Maps/Indra Gunawan

Baca: Tiket Masuk Venice Little Town of Flowers dan Berbagai Wahana

Lokasi wisata air terjun ini tidak terlalu sulit untuk dijangkau. Namun, pengunjung harus berjalan sedikit dari tempat parkir melalui jalan setapak untuk sampai ke sana. Jalur ini cukup mudah diakses dan dapat digunakan oleh berbagai kelompok.

Jalur ini akan membawa pengunjung melewati area perkebunan teh. Hamparan pohon teh yang hijau akan menyegarkan mata selama perjalanan. Tak ada salahnya menyempatkan diri untuk berfoto sejenak.

Jarak parkir tidak terlalu jauh dari lokasi air terjun. Setelah menyeberangi sungai yang airnya jernih, pengunjung akan melewati persawahan terasering yang eksotis. Tidak jauh dari situ, air terjun akan lebih terlihat dari suara gemuruh air.

Air Terjun Cikondang

Tempat Wisata Air Terjun CikondangObjek wisata Curug Cikondang yang dilengkapi dengan tempat peristirahatan dan platform selfie di atas batu karang – Foto: Google Maps/Indra Gunawan

Baca: Tiket Masuk Situs Gunung Padang dan Pesona Masa Lalu

Jalur menuju lokasi air terjun ditandai dengan pagar yang dicat warna-warni. Rute ini akan membawa pengunjung ke air terjun melalui area yang lebih rendah. Ada beberapa gubuk peristirahatan yang nyaman di tepi sungai.

Curug Cikondang mengalir dari sungai yang sempit. Aliran ini kemudian melebar di tepi tebing dan menjadi muara air terjun yang lebarnya diperkirakan hampir 30 meter. Ketinggian air drop sekitar 50 meter.

Lihat air terjun dari dekatWisatawan melihat Curug Cikondang dari dekat – Foto: Google Maps/Ayub Miftah

Baca: Tiket Masuk Curug Cibeureum dan Berbagai Kegiatan Menariknya

Curug Cikondang terdiri dari beberapa panggung bersusun. Wajah tebing berwarna hitam dan diapit oleh vegetasi alami. Air terjun ini mengalir ke sungai yang dihiasi bebatuan besar di sana-sini.

Pengunjung dapat mendekati air terjun melalui bebatuan ini. Air panas mendinginkan area sekitar air terjun. Demi keamanan, pengunjung yang ingin bermain air sebaiknya tidak terlalu dekat dengan lokasi air terjun. Pengunjung bisa bermain di sungai yang alirannya lebih aman.

Nyaman dan indah

Berkemah di sekitar air terjunPengunjung bermalam mendirikan tenda di area dekat air terjun – Foto: Google Maps/Ari Naura Channel

Sejak keberadaannya dikenal luas, pihak pengelola telah meningkatkan sarana dan prasarana objek wisata ini. Di sekitar air terjun, sejumlah warung istirahat dan bola telah dibangun. Bagi yang ingin bermalam, tersedia lahan yang cukup untuk mendirikan tenda.

Pengunjung berfoto di depan air terjunPlatform selfie atau selfie di atas batu dengan latar belakang Curug Cikondang – Foto: Google Maps/Sinzu Naomi

Pengelola juga menyediakan tempat terbaik untuk berfoto. Tempat ini berada di atas sebuah batu besar tidak jauh dari air terjun. Ada Platform dengan railing yang dapat digunakan sebagai tempat berfoto bagi pengunjung. Berhati-hatilah saat mendaki batu ini saat musim hujan karena permukaannya akan sangat licin.

Baca: 10 Tempat Wisata Seru di Cianjur

Fasilitas Air Terjun Cikondang

Kawasan di sekitar air terjun dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap dan memadai. Area parkir yang tersedia menggunakan pekarangan rumah warga sekitar. Toilet, mushola dan warung makan juga terdapat di sini.

Akses dan lokasi air terjun Cikondang

Ada dua rute yang bisa dipilih untuk menuju Curug Cikondang. Rute pertama melewati Cilaku dan Cibeber. Rute kedua melewati Warung Kondang dan Lampegan dengan kondisi jalan yang sedikit rusak.

Dari tempat parkir, pengunjung masih harus berjalan kaki menuju lokasi Curug Cikondang. Namun, tidak perlu khawatir karena jaraknya tidak terlalu jauh dan bisa dilalui oleh para amatir.

Objek wisata air terjun ini terletak di Desa Sukadana, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur. Lokasinya dikelilingi oleh persawahan dan perkebunan teh. Air terjun ini termasuk dalam kawasan PTPN VIII Panyairan. Tidak ada angkutan umum yang melewati kawasan ini, sehingga pilihan berkendara terserah kendaraan pribadi roda empat atau roda dua saja.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button