Pantai Ujung Genteng - WisataHits
wisatahits

Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng merupakan salah satu objek wisata pantai di ujung barat provinsi Jawa Barat.

Jika Anda menyukai suasana liburan di pantai yang memiliki nuansa alam yang asri, alami, asri dan jauh dari hiruk pikuk kota, maka Pantai Ujung Genteng ini adalah tujuan yang paling tepat.

pantai-tip-tile-sukabumi

Sekilas Tentang Pantai Ujung Genteng

Mari kita mulai dengan ulasan singkat namun tidak singkat tentang Pantai Ujung Genteng ini dengan menelusuri sejarah atau asal usul penamaan pantai ini dengan nama Pantai Ujung Genteng.

Seperti ketika kita bertemu atau tidak mengetahui sesuatu, perkenalan pasti hal pertama yang harus kita lakukan.

Ya. Pantai Ujung Genting yang merupakan salah satu tempat wisata di Kota Sukabumi Jawa Barat sebenarnya menyandang nama asli Pantai Ujung Genting.

sejarah-pantai-la-pointe-tile

Sebutan ini berdasarkan letaknya di desa Ujung Genting, sebuah desa yang terletak di ujung barat bawah pulau Jawa yang luasnya menyerupai gunting.

Seiring berjalannya waktu, kata gunting pada nama pantai ini berubah pengucapannya menjadi kata genteng. Entah kenapa, tapi selama ini pantai ini lebih dikenal oleh penduduk lokal dan wisatawan dengan sebutan Pantai Ujung Genteng.

Aktivitas di Pantai Ujung Genteng

Ada banyak hal yang bisa Anda alami dan nikmati saat berkunjung ke Pantai Ujung Genteng.

Selain lokasinya yang tenang cocok sebagai tempat pelarian, panorama alamnya juga sangat indah dengan pasir putih dan udara yang segar, sehingga sangat nyaman sebagai tempat ketenangan.

Pantai Ujung Genteng memang terletak di pesisir selatan laut yang terkenal dengan ombaknya yang ganas.

pantai-ujung-ubin-jawa barat

Namun uniknya, ombak di pantai Ujung Genteng tidak terlalu tinggi dan masih dalam batas aman jika ingin berenang atau bermain di pantai.

Pantai ini juga memiliki beberapa spot yang bisa dieksplor setelah menghabiskan waktu di pantai.

Di sekitar pantai terdapat tempat penangkaran penyu, serta area yang berisi bangunan bersejarah tua yang bisa dijadikan tempat bersantai atau berfoto.

Agar lebih jelas tentang daya tarik Pantai Ujung Genteng, berikut ini rincian tempat dan hal menarik di Pantai Ujung Genteng serta aktivitas yang bisa Anda lakukan di sana.

1. Tempat yang sempurna untuk pensiun

slab-tepi-pantai-surade

Letak pantai ini cukup jauh dari pusat keramaian, aksesnya juga cukup sulit sehingga masih jarang orang atau wisatawan datang ke pantai ini.

Namun, hal ini tidak menyurutkan minat wisatawan yang menyukai tempat sepi namun indah untuk datang ke pantai ini.

Sebaliknya, lokasinya yang tenang akan membawa ketenangan pikiran yang akan mengusir semua kekhawatiran.

2. Area bersih

Karena masih minimnya wisatawan yang datang, maka lokasi atau kawasan Pantai Ujung Genteng selalu bersih dari sampah yang biasanya terdapat di tempat-tempat wisata terkenal dan ramai dikunjungi pengunjung.

Pastinya akan menambah kenyamanan bagi anda yang datang berlibur ke pantai ini.

3. Spot Foto Instagramable

foto-foto-spot-tipis-pantai

Hamparan pasir putih pantai Ujung Genteng dan hamparan birunya air pantai menjadi spot foto yang sangat indah.

Anda bisa berpose di tengah pasir dan menjadikan hamparan lautan sebagai background foto.

Atau jika kurang puas, Anda juga bisa memilih spot foto yang tak kalah indah di sekitar pantai.

4. Tempat selancar yang menggoda

Terlihat seperti Pantai Menganti Kebumen, ombak di pantai ini selalu aman dan tidak berbahaya meskipun lokasinya berada di pantai selatan laut, ombaknya sedang namun cocok untuk berselancar.

Sayangnya, di pantai ini masih belum ada persewaan peralatan selancar, sehingga Anda harus membawa peralatan selancar sendiri dari rumah.

5. Matahari terbit dan terbenam yang menawan

pantai-tepi-ubin-matahari terbit

Bagi Anda yang suka dan suka melihat sunrise dan sunset, Pantai Ujung Genteng juga menjadi tempat yang sangat cocok untuk melihat dua fenomena ini.

Jika Anda ingin melihat matahari terbit, Anda bisa datang lebih awal sebelum matahari terbit. Kemudian, jika ingin mengabadikan momen matahari terbenam, Anda bisa menunggu hingga sore hari hingga matahari terbenam sebelum meninggalkan pantai.

Baca juga: Pesona sunset di Pantai Santolo, Garut

Benarkah Pantai Ujung Genteng Berhantu?

berhantu di ujung pantai

Selain keindahannya yang tak terbantahkan, ceritanya Keindahan Pantai Ujung Genteng juga menjadi bumbu cerita liburan pantai Ujung Genteng anda.

Ada beberapa cerita seram dan angker yang terjadi di pantai ini.

Mulai dari berita hilangnya tiga mahasiswa ITB saat mandi di pantai, hingga pengakuan wisatawan yang mengaku melihat makhluk halus muncul di sekitar asrama.

Kisah-kisah tersebut membuat warga sekitar dan sebagian wisatawan percaya bahwa kabar tentang Pantai Ujung Genteng yang angker itu benar adanya.

Namun bagi Anda yang sudah merencanakan liburan pantai di Ujung Genteng, cerita mistis tentang keangkeran atau pantangan saat mengunjungi suatu tempat jangan dianggap terlalu serius.

Selama Anda sopan dan tidak melanggar norma, kami yakin liburan Anda akan baik-baik saja.

Ada penangkaran penyu di Pantai Ujung Genteng

penangkaran penyu di tepi pantai

Di tempat yang tidak terlalu jauh dari Pantai Ujung Genteng ini, Anda bisa menemukan tempat penangkaran penyu yang berfungsi sebagai tempat penangkaran penyu sekaligus perlindungan dari serangan binatang buas.

Di sini kamu bisa melihat induk dan bayi penyu yang lucu dan berinteraksi dengan mereka.

Dan pada waktu-waktu tertentu, Anda dan wisatawan lain juga bisa membantu para agen mengantarkan bayi penyu ke tengah laut.

Penangkaran Penyu Mosaic Tipping terletak sekitar 3 kilometer dari Pantai Ujung Genteng. Dari pantai Anda bisa berjalan menyusuri pantai menuju lokasi penangkaran.

Baca juga: Lihat penangkaran buaya di Pantai Tanjung Pasir, Banten

Alamat Pantai Ujung Genteng

lokasi-ujung-pantai-ubin

Alamat Pantai Ujung Genteng berada di Desa Ujung Genteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Lokasinya cukup jauh dari pusat kota Sukabumi yaitu sekitar 110,9 kilometer yang jika ditempuh dengan kendaraan akan memakan waktu sekitar 3 jam lebih.

Namun perjalanan menuju lokasi tepi laut ini akan sangat menyenangkan karena sepanjang perjalanan anda akan di suguhkan dengan hamparan pemandangan yang menakjubkan mulai dari perbukitan, perkebunan teh, perkebunan kelapa hingga gerombolan sapi yang terlihat di pinggir sungai.

Jam Buka Pantai Ujung Genteng

Anda bisa datang ke pantai ini kapan saja sepanjang hari selama 24 jam. Saat ini belum ada aturan khusus yang mengatur jadwal jam buka atau jam tutup Pantai Ujung Genteng.

Tiket Masuk Pantai Ujung Genteng

Meski tidak ada aturan mengenai jam buka dan tutup, untuk memasuki kawasan pantai ini Anda juga harus membeli tiket masuk.

harga-masuk-pantai-le-pertarungan-du-tile

Tiket Pantai Ujung Genteng dijual seharga Rp 10.000 per orang setiap hari kerja atau hari libur.

Kemudian bagi anda yang datang dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum juga perlu membayar tiket parkir dengan rincian Rp 2000 untuk sepeda motor, Rp 5000 untuk mobil dan Rp 10.000 untuk mobil bus.

Tiket Masuk Pantai Ujung Genteng

Jenis tiket Harga
Tiket masuk Rp 10.000
PARKIR MOTOR Rp2000
Tempat parkir mobil Rp5000
Parkir bus Rp 10.000

Fasilitas di Pantai Ujung Genteng

Meski jumlah pengunjung yang datang ke pantai ini setiap hari masih rendah, namun ketersediaan fasilitas umum di Pantai Ujung Genteng sudah mencukupi.

Fasilitas umum di pantai ini antara lain:

  • Tempat parkir
  • ruang sholat
  • Toko
  • Toilet
  • Restoran
  • Akomodasi

Bagi Anda yang ingin mencicipi cita rasa masakan khas pantai dengan menu utama seafood, Anda bisa mengunjungi beberapa restoran di sekitar pantai.

Kemudian, bagi Anda yang ingin bermalam di tempat yang tidak jauh dari pantai, Anda juga bisa memilih beberapa akomodasi berupa bed and breakfast dengan harga sewa sekitar Rp 150.000 per malam.

penginapan-pantai-tip-ubin

Baca juga: Pantai Cirewang, Subang

Pantai Tepi Genteng Sukabumi sangat layak sebagai tujuan liburan bagi anda yang sangat menyukai pantai yang masih tenang dan alami. Dengan ruang yang bersih dan suasana yang tenang, liburan Anda dan keluarga tentunya akan lebih maksimal dan menyenangkan.

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button