Tiket & Atraksi CURUG CIBULAO - WisataHits
wisatahits

Tiket & Atraksi CURUG CIBULAO

Harga Tiket Masuk Air Terjun Cibulao: Rp 15.000-Rp. 35.000 Jam Operasional: 07:00 – 16:00 WIB Telepon: +62 852-9544-7037 Alamat: Puncak, Megamendung, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16770

Menghabiskan akhir pekan di tempat yang jauh dari hiruk pikuk kota sebagai tempat wisata alam sepertinya tidak mungkin. Rekreasi alam biasanya terletak terlalu jauh dari pusat kota dan membutuhkan waktu yang lama untuk sampai ke sana. Namun, itu tidak berlaku untuk Air Terjun Cibulao yang berlokasi di Bogor.

Di antara 300 air terjun yang ada di Bogor, Curug Cibulao adalah salah satunya. Air terjun ini terletak di kawasan Megamendung, Puncak, Bogor. Tempat wisata ini kerap menjadi pilihan untuk menjadi short escape bagi warga kota-kota besar di sekitar Bogor. Sebuah objek wisata yang menawarkan berbagai pesona alam yang masih terjaga keasliannya.

Tiket masuk

Orang dewasa dan anak-anak membayar harga tiket yang sama. Ada juga tiket terpisah untuk parkir, ruang ganti, pelampung, dan area foto.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Cibulao
Tiket masuk nasional Rp 15.000
Tiket masuk turis internasional Rp 50.000
Tiket masuk ke perkemahan domestik Rp 35.000
Tiket masuk ke perkemahan turis internasional Rp 100.000
Tiket parkir kendaraan
Tempat parkir mobil Rp 10.000
Parkir untuk sepeda motor saja Rp 5.000

Baca: Tiket Masuk CURUG CILEMBER Bogor dan Kegiatan Utamanya

Informasi penting sebelum berkunjung:

  • Curug Cibulao menghimbau pengunjung untuk membawa bukti vaksin.

Jam operasional

Curug Cibulao buka setiap hari untuk umum. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah di pagi hari saat pengunjung tidak terlalu banyak dan saat musim kemarau. Memang arus air tidak terlalu penting, warna air lebih jernih dan akses jalan yang tidak licin akan lebih mudah untuk dilalui.

Jam buka
Setiap hari 07.00 – 16.00 WIB

Air Terjun Cibulao

Curug di atas CibulaoAda dua air terjun di Curug Cibulao – Foto: Google Maps/aulia akbar

Nama “Cibulao” merupakan deskripsi dari air terjun ini. Berasal dari bahasa Sunda, “ci” berarti “air” dan “bulao” berarti “biru”. Kata ini menunjukkan keadaan Curug Cibulao yang sangat biru muda.

Selain menawarkan pemandangan alam yang indah, wisatawan dapat memilih banyak kegiatan lain di sini. Dari aktivitas sederhana seperti berenang dan menyelam, hingga melompat ke air dari bebatuan yang tinggi. Ada juga area foto di ketinggian yang menawarkan pemandangan indah.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas CURUG BIDADARI

Kejernihan Air Terjun Cibulao

Air yang jernih dari air terjun CibulaoPengunjung dapat melihat dasar danau karena airnya yang jernih – Foto: Google Maps/Gugun Gumilar

Curug Cibulao merupakan hulu atau sumber dari beberapa air terjun lain di Bogor, seperti Curug Panjang dan Curug Orok. Posisi ini membuat air di danau dan sungai di sekitar Curug Cibulao selalu bersih. Warna biru juga menjadi asal mula nama tempat ini.

Tidak banyak wisata alam di sekitar kota padat penduduk yang masih asri. Oleh karena itu, kondisi air yang jernih menjadi salah satu daya tarik Curug Cibulao. Wisatawan bahkan bisa melihat dasar danau dengan jelas karena airnya masih sangat bersih.

Baca: Tiket Masuk CURUG LEUWI HEJO dan Kegiatannya

Musim kemarau adalah waktu yang tepat untuk berkunjung ke sini. Pasalnya, debit air saat itu tidak terlalu tinggi. Arus air tidak terlalu deras. Warna airnya cenderung jernih dan bersih, tidak bercampur lumpur dari dasar danau.

Berenang, menyelam, dan Loncat tebing

Melompat dari tebingPenggemar aktivitas ekstrim bisa mencoba melompat dari tebing berbatu di sekitar Curug Cibulao – Foto: Google Maps/ANDika Desrianto

Curug Cibulao dengan airnya yang jernih tentu sangat menarik bagi wisatawan yang gemar melakukan aktivitas air. Kedalaman air di danau ini tidak terlalu dalam, sehingga wisatawan bisa berenang di dalamnya dengan bebas.

Ada dua tempat untuk berenang atau snorkeling di sini. Yang pertama adalah danau di bawahnya dengan kedalaman 8 meter. Soal keamanan jangan khawatir karena pengunjung bisa menggunakan jaket pelampung yang disewa pengelola seharga 10.000 rupee. Ada juga tali pengaman yang bisa digunakan sebagai pegangan bagi pengunjung yang tidak bisa berenang.

Baca: Tiket Masuk CURUG PANGERAN dan Aktivitas Tamasya

Tempat kedua adalah danau yang berada di atas air terjun. Danau ini memiliki kedalaman 5 meter dan dapat dicapai dengan memanjat bebatuan di tepi air terjun di bawahnya. Warna air cenderung lebih biru dan lebih jernih.

Jika Anda menyukai aktivitas yang sedikit ekstrim, Curug Cibulao juga dikelilingi oleh bebatuan alam yang bisa didaki. Jika kondisi bebatuan tidak licin, pengunjung bisa memanjat dan melompat ke danau melalui bebatuan di sekitarnya. Namun, pengunjung tetap harus berhati-hati agar tidak terpeleset saat mendaki batu karang.

Baca: Harga Tiket TAMAN SAFARI Cisarua & 7 Tempat Wisata Terbaik

Tempat selfie tembakan

Pemandangan dari dek atasPojok selfie dengan latar belakang pemandangan yang menakjubkan – Foto: Google Maps/hilman Putrawinata

Lokasinya yang berada di ketinggian Gunung Paseban membuat kawasan di sekitar Curug Cibulao menawarkan pemandangan yang indah. Hal ini terlihat sejak wisatawan tiba di loket tempat wisata. Pohon-pohon tinggi membentang sejauh mata memandang.

Baca: Tiket Masuk PANORAMA PABANGBON dan Wahana di Bogor

Jika ingin mengabadikan momen di sini, pengelola setempat menyediakan ruang khusus untuk Anda berfoto. Ada tempat tidur gantung, ayunan, rumah pohon dan teras untuk melihat pemandangan sekitar. Lima ribu rupiah per orang dikenakan untuk menikmati semua fasilitas tersebut. Peminatnya banyak dan sering menimbulkan antrian, jadi semoga tidak berlama-lama disini.

Piknik dan berkemah

Setelah lelah bermain air dan menjelajah, perut Anda akan lapar. Tak perlu khawatir, karena di sekitar air terjun terdapat warung-warung yang menyediakan makanan dan minuman. Bagi pengunjung yang membawa makanan sendiri, sangat disarankan untuk piknik di sana. Cari tempat yang cukup luas dan kering untuk menyantap makanan yang dibawa.

Wisatawan juga bisa bermalam di sekitar air terjun. Pengelola menyediakan area camping yang cukup luas. Dengan biaya 40.000 rupee, pengunjung bisa mendirikan tenda di sana. Di luar kawasan Curug Cibulao juga banyak terdapat bumi perkemahan yang bisa dicoba.

Baca: 10+ Air Terjun Paling Keren Di Bogor

Fasilitas air terjun Cibulao

Tiket masukFasilitas yang disediakan di Curug Cibulao cukup memadai – Foto: Google Maps/Bang Epul 13

Fasilitas yang ada di Curug Cibulao antara lain tempat parkir sepeda motor, toilet, ruang flushing dan ruang ganti, mushola, serta warung makan dan minum. Bagi pengunjung yang membawa mobil dapat memarkir kendaraannya di pinggir jalan. Pengelola menawarkan jasa penyewaan jaket pelampung bagi pengunjung yang ingin berenang dan snorkeling. Ada juga ruang foto khusus.

Baca: Harga Tiket Terbaik CIMORY Dairyland & 5 Wahana Mendebarkan

Akses ke air terjun Cibulao

Dari Jalan Raya Puncak, belok kiri ke pintu masuk desa Cilember melewati lokasi Cimory River Side (tepat di sebelah department store Indomaret). Ikuti jalan sampai Anda belok kiri ke Jalan Pesantren. Kondisi jalan menanjak dan di beberapa bagian masih berbatu, sehingga pengunjung yang membawa kendaraan harus ekstra hati-hati.

Lokasi Curug Cibulao

Tempat wisata air terjun ini terletak di kawasan Puncak, Kecamatan Megamendung, Kota Bogor, Jawa Barat. Perkiraan perjalanan dari Jalan Raya Puncak memakan waktu sekitar 30 menit dengan mobil.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button