Keindahan Curug Cibulao Bogor, nikmati kesegaran dan kejernihan air terjunnya - WisataHits
wisatahits

Keindahan Curug Cibulao Bogor, nikmati kesegaran dan kejernihan air terjunnya

Harga tiket: Rp12.000, Jam operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Megamendung, Kec. Megamendung, Kab. Bogor, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Liburan adalah waktu yang tepat untuk bersantai. Setiap orang memiliki cara yang berbeda untuk pergi berlibur. Beberapa berjalan-jalan di kota, yang lain menikmati pemandangan laut. Ada juga yang menikmati suasana air terjun. Seperti Curug Cibulao Bogor. Air terjun yang populer ini memiliki keindahan alam yang luar biasa.

Keindahan ini mendorong banyak wisatawan, terutama penduduk lokal, untuk mengunjunginya. Sensasi dan cipratan air terjun memberikan terobosan baru bagi ketenangan. Pusat perhatian tidak hanya keindahan dan kesegaran air terjun. Tapi juga keindahan alam yang mengelilinginya. Dengan berwisata ke tempat ini, wisatawan bisa mendapatkan banyak keuntungan.

Curug Cibulao sudah ada sejak lama dan menjadi tempat wisata yang paling didambakan. Meski kunjungannya memakan waktu yang relatif lama, namun tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Meski sangat lelah, namun rasa lelah tersebut seolah terbayar dengan keindahan yang akan didapatkan di air terjun ini.

Tempat Wisata Curug Cibulao

Air Terjun CibulaoKredit gambar: Facebook.com @curug_cibulao

Wisata ini memiliki berbagai atraksi. Dari lokasinya yang unik dan dekat dengan keindahan alam, hingga suasana yang menyenangkan. Hal ini membuat tempat ini sangat diminati oleh para wisatawan. Tidak hanya berlibur, tetapi juga dengan melepaskan hasrat seseorang terhadap alam. Berikut beberapa tempat wisata air terjun Cibulao.

1. Warna air biru jernih

Pernahkah Anda melihat air terjun berwarna biru? Kejernihan air di lokasi ini memang sangat bagus. Selain jernih, airnya memiliki warna biru yang indah. Bahkan jika mereka tidak menyelam, wisatawan dapat dengan mudah melihat melalui permukaan air. Pasalnya, begitu jernihnya air terjun ini.

Nyatanya, biru bukanlah warna asli air. Air tetap jernih. Namun, ketika sudah jatuh dan berkumpul dalam jumlah banyak, air akan tampak berwarna biru muda. Tentu saja, kejadian ini merupakan hal yang sangat unik. Juga, jika Anda melihatnya, itu akan sangat menyegarkan dan menenangkan.

2. Memiliki dua kolam

Keunikan dari tempat wisata ini adalah terdapat dua buah danau yang berbeda dengan kedalaman yang berbeda. Danau pertama yang biasa digunakan untuk berenang adalah yang memiliki kedalaman sekitar 8 meter. Meski relatif dalam, pengelola telah menyiapkan sarana dan prasarana untuk keselamatan setiap wisatawan yang berkunjung.

Ada juga danau dengan kedalaman sekitar 5 meter. Danau ini berada di zona atas. Dengan kedalaman tersebut, air danau ini terlihat sangat jernih. Danau ini juga menjadi salah satu tempat favorit para pengunjung. Bukan hanya karena tidak terlalu dalam, lokasinya yang berada di puncak menjadi tantangan tersendiri jika ingin mengunjunginya.

Tempat wisata CibulaoKredit gambar: Google Maps (Ceng Chiang)

3. Jalan-jalan di bebatuan alam

Batuan Curug Cibulao murni dan terbentuk dari alam. Oleh karena itu bentuknya sangat menarik meskipun tidak simetris. Batuan ini biasa digunakan wisatawan untuk menguji adrenalinnya. Mereka diperbolehkan memanjat dengan bebas oleh pawang. Namun, jika kondisi cuaca buruk dan bebatuan licin, wisatawan tidak boleh bermain di atasnya.

Ada banyak bebatuan di tempat wisata ini. Jika dipadukan dengan kesejukan air terjun dan pemandangan alam yang menarik, tentunya momen duduk di atas batu akan sangat unik. Jika sedang musim kemarau, wisatawan akan mendaki batu karang selama berjam-jam. Mereka berfoto atau sekedar menyaksikan pesona keindahan alam wisata ini.

4. Hamparan pepohonan

Air terjun selalu ditemukan di tempat-tempat di sekitar hutan dan pepohonan. Seperti Curug Cibulao. Wisata ini dikelilingi oleh pepohonan yang sangat rindang. Bahkan saat pertama kali datang ke tempat ini, wisatawan akan dibuat takjub dengan hamparan pepohonan yang tertata sempurna. Bahkan sejauh mata memandang, hanya pepohonan rindang yang terlihat.

Bahkan saat wisatawan melakukan pembayaran di loket, banyak yang terkagum-kagum dengan keindahan sirkuit alam ini. Terlihat lengkap, air terjun berpadu dengan hutan yang memiliki pepohonan rindang. Wisatawan selalu mengambil foto estetis di sekitar pepohonan. Banyaknya pepohonan yang rindang juga menjadi daya tarik wisata utama Air Terjun Cibulao.

Alamat dan rute menuju lokasi air terjun Cibulao

Alamat Curug CibulaoKredit gambar: Google Maps (Roma Afrizon)

Bagi masyarakat Jawa Barat tentunya sudah tidak asing lagi dengan air terjuj ini. Air Terjun Curug Cibulao terletak di Jawa Barat, khususnya di wilayah Bogor. Lokasi tepatnya berada di puncak kecamatan Megamendung. Akses menuju lokasi ini juga sangat mudah. Setiap wisatawan dapat dengan mudah dan tanpa kesulitan menemukan tempat-tempat wisata.

Sedangkan untuk rute, pengunjung bisa memulai dari Jalan Raya Puncak. Kemudian Anda dapat mengambil arah kiri untuk memasuki Desa Cilember. Dari arah ini tinggal mengikuti arah saja yaitu menuju Jalan Pesantren. Saat memasuki kawasan ini, wisatawan harus benar-benar berhati-hati dengan langkahnya.

Karena jalan utama di sekitar bisa dibilang sangat curam. Bagi wisatawan yang baru pertama kali datang ke tempat ini sebaiknya bertanya terlebih dahulu kepada warga sekitar. Sehingga Anda bisa bersiap-siap saat melewati jalur ini. Meski jalannya terjal, namun keindahan yang didapat akan sangat menakjubkan. Untuk membuat wisatawan merasa puas.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Cibulao

Harga Tiket Air Terjun CibulaoKredit gambar: Google Maps (Mawardy Gardening)

Pihak pengelola telah menetapkan harga yang berbeda untuk setiap wisatawan. Ini adalah cara mengelola kekayaan pariwisata di Indonesia. Setiap turis rela membayar berapa pun untuk menikmati tur yang sangat menyenangkan ini.

Untuk wisatawan lokal dikenakan biaya masuk sebesar 12.000 per orang. Sedangkan wisatawan asing harus merogoh kocek sebesar 50.000 untuk menikmati destinasi wisata ini. Kemudian untuk camping domestik tarif yang dikenakan adalah 22.000. Wisatawan asing membayar biaya sebesar 60.000.

Bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi, juga disediakan tempat parkir yang cukup luas. Parkir kendaraan roda dua, dikenakan biaya 5 ribu. Sedangkan untuk mobil, tarifnya 10.000 rupee. Wisata ini buka dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Curug Cibulao

Aktivitas di Curug CibulaoKredit gambar: Instagram.com @curugcibalao

Wisatawan dapat menikmati berbagai aktivitas di tempat wisata ini. Bukan hanya tempatnya saja yang mendukung karena menyatu dengan alam. Tapi juga kondisi dan suasananya sangat alami. Berikut beberapa aktivitas menarik yang biasa dilakukan wisatawan di Curug Cibulao.

1. Berenang

Banyak wisatawan yang membawa baju ganti super lengkap. Karena mereka selalu memanfaatkan tamasya ini untuk berenang. Danau ini tidak terlalu dalam. Sedangkan wisatawan diperbolehkan berenang dengan bebas. Namun, dia masih dalam pengawasan. Bagi wisatawan yang tidak bisa berenang, bisa menggunakan alat bantu.

Alat renang bisa dibawa sendiri atau disewa. Tempat wisata ini menawarkan persewaan peralatan untuk bermain air. Harganya sendiri juga bervariasi. Sehingga wisatawan tidak perlu repot dan membawa alat berat dari rumah.

2. Menyelam

Keindahan di bawah Danau Curug Cibulao memang sangat menakjubkan. Banyak wisatawan memilih untuk menyelam. Hal ini dilakukan agar mereka bisa langsung menikmati keindahan alam di bawah permukaan air. Kondisi air yang jernih juga memberikan kemudahan bagi wisatawan untuk melihat.

Menyelam sendiri harus menggunakan peralatan khusus. Wisatawan juga bisa menyewa dari tempat ini. Kemudian, untuk lokasi menyelam, wisatawan akan ditempatkan di lokasi prima. Oleh karena itu tidak bercampur dengan permainan air lainnya. Pengelolanya mengelola tempat wisata ini dengan sangat baik.

3. Lompat tebing

Game ini hanya bisa dimainkan oleh para ahli profesional. Untuk itu dibutuhkan keberanian yang luar biasa. Namun bagi orang yang menyukai tantangan ekstrim, mereka akan merasa tertantang dan sangat bersemangat. Untuk melakukan ini, pengunjung harus terlebih dahulu berani mendaki dan kemudian melompat ke dalam danau.

Kegiatan ini bisa sangat berbahaya jika dilakukan oleh orang yang masih amatir. Oleh karena itu sangat disarankan untuk para profesional saja. Karena lompat tinggi sangat berbahaya.

Aktivitas di Air Terjun CibulaoKredit gambar: Google Maps (Muhammad Ramdani)

4. Ambil gambar

Wisatawan biasanya suka berfoto di lokasi air terjun Cibulao ini. Karena keindahan yang ada di wisata alam ini sangat menakjubkan. Mereka dapat memilih berbagai latar belakang alam yang mereka inginkan.

Dari pepohonan yang rindang dan menarik. Kemudian airnya sangat jernih dengan suara gemericik yang menenangkan. Ada juga beberapa batu besar yang sangat bagus.

5. Main air terjun

Kegiatan ini memang merupakan kegiatan utama dan wajib dilakukan. Bermain di bawah air terjun sangat menyegarkan. Sehingga banyak wisatawan yang memanfaatkannya sebagai sarana terapi. Beberapa percaya bahwa berendam di bawah air terjun dapat menyembuhkan penyakit seperti pegal-pegal.

Pengelola akan memberikan arahan mengenai tempat-tempat resmi yang akan digunakan untuk berenang. Air terjun ini memang menjadi destinasi wisata yang kaya akan aktivitas bermain air. Segala bentuk infrastruktur juga mendukung atraksi wisata.

6. Berkemah dan piknik

Memiliki lokasi yang masih asri membuat setiap wisatawan tertarik untuk mendirikan kemah atau piknik di Curug Cibulao. Ini menjadi lebih mudah dengan banyak soket yang disediakan. Menjual berbagai jenis makanan dan minuman. Wisatawan bisa leluasa mengisi perut saat lapar.

Jika ingin berkemah, pengunjung dapat membayar biaya sebesar 40.000. Dengan tarif tersebut, pengunjung dapat berkemah di area air terjun. Gemericik air dan semilir angin malam membuat pengalaman berkemah semakin menyenangkan.

Fasilitas wisata yang tersedia di Curug Cibulao Bogor

Fasilitas air terjun CibulaoKredit gambar: Google Maps (Ahmad Fauzi 21)

Pihak pengelola menawarkan berbagai fasilitas umum bagi wisatawan. Mulai dari toilet, mushola dan masih banyak lagi. Jadi wisatawan tidak perlu khawatir. Lalu ada juga berbagai gerai yang menawarkan berbagai makanan dan minuman. Tak hanya itu, berbagai macam permainan air juga disediakan sarana dan prasarana bagi wisatawan.

Curug Cibulao adalah tempat paling populer dengan semua destinasinya. Tak hanya air terjun, dua jenis danau yang rindang menjadi alasan banyak wisatawan yang tertarik. Tempat ini merupakan tempat wisata yang paling direkomendasikan saat wisatawan berlibur. Ini memiliki akses mudah ke keindahan alamnya yang menakjubkan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button