Pembukaan ATF 2023, ada 1000 penari Dolalak dan penampilan sendratari Ramayana yang megah - WisataHits
wisatahits

Pembukaan ATF 2023, ada 1000 penari Dolalak dan penampilan sendratari Ramayana yang megah

Pembukaan ATF 2023, ada 1000 penari Dolalak dan penampilan sendratari Ramayana yang megah

Piknikdong.com – ASEAN Tourism Forum (ATF 2023) yang menginisiasi kepemimpinan Indonesia di ASEAN 2023 resmi dibuka pada Jumat malam (03/02/203) di Candi Prambanan, Daerah Istimewa Yogyakarta.

ATF merupakan event pariwisata terbesar di kawasan ASEAN yang rutin diselenggarakan setiap tahun.

Upacara pembukaan ATF 2023 menjadi ajang promosi seni budaya nusantaraOpening ceremony ATF 2023 menjadi ajang promosi seni budaya nusantara, Foto: Kemenparekraf

Kehadiran ATF menjadi ruang kerjasama antar negara anggota ASEAN untuk mempromosikan kawasan ASEAN sebagai destinasi wisata.

Upacara pembukaan ATF 2023 mempertemukan negara anggota ASEAN dan negara mitra seperti ASEAN Plus Three, India, Rusia dan beberapa organisasi internasional lainnya. Turut hadir Wakil Presiden Republik Indonesia, KH. Maruf Amin.

Setibanya di Candi Prambanan, rombongan disambut oleh 1.000 penari Dolalak.

Tari Dolalak yang berasal dari Purworejo, Jawa Tengah, merupakan bentuk akulturasi budaya Jawa dan Belanda.

Gerakan tarian ini mengadopsi gerakan tari Jawa dan pencak silat. Diiringi sejumlah alat musik seperti jidhur, kendang dan terbang.

Para delegasi juga disuguhi tarian “Dewa Ruci” yang menggambarkan kekuatan dan kegigihan seseorang dalam mencari dan memahami jati dirinya.

Sendratari Ramayana yang menceritakan kisah cinta antara Rama dan Shinta.Sendratari Ramayana yang menceritakan kisah cinta antara Rama dan Shinta. foto: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Dilatarbelakangi kemegahan candi Prambanan, acara pembukaan ATF diakhiri dengan penampilan sendratari Ramayana yang mengisahkan kisah cinta Rama dan Shinta.

Perjalanan keduanya penuh dengan jebakan. Dimana Rama harus menyelamatkan Shinta yang diculik oleh raja iblis bernama Rahwana.

Singkat cerita, Rama berhasil menyelamatkan Shinta dengan bantuan Hanoman sang Raja Kera.

Namun, muncul keraguan dari dalam diri Rama tentang kesucian Shinta saat Rahwana menculiknya.

Kemudian Rama menuntut bukti kesucian Shinta dengan cara membakar Shinta sendiri. Shinta tidak menghilang dari kobaran api.

Justru dia diselamatkan oleh dewi api. Ini membuktikan kebenaran dan kemurnian Shinta.

Ragam penampilan seni budaya berhasil memukau para delegasi. Maka tak heran jika banyak yang mengabadikannya di perangkat masing-masing.

Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo mengatakan, tampilan atraksi seni dan budaya pada opening ceremony ATF 2023 harus memberikan kesan yang baik kepada para delegasi tentang keindahan serta keragaman seni budaya di Indonesia, khususnya Pulau Jawa.

“Sekaligus bisa menjadi sarana promosi pariwisata sekaligus ekonomi kreatif yang efektif bagi para delegasi.

Sehingga nantinya mereka bisa bercerita lebih banyak tentang keindahan dan ketertarikan terhadap alam dan budaya nusantara”,

ujar Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tersebut.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button