Bukit Wairinding, pesona padang savana yang indah di Sumba Timur - WisataHits
wisatahits

Bukit Wairinding, pesona padang savana yang indah di Sumba Timur

Bukit Wairinding, pesona padang savana yang indah di Sumba Timur

Bukit Wairinding merupakan wisata bukit yang sangat mempesona. Keindahan pemandangan alam yang disuguhkan membuat wisatawan terpikat!

Harga tiket: Bebas, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Pambotanjara, Kec. Kota Waingapu, Kab. Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur; Kasus: Verifikasi lokasi

Liburan dengan mengunjungi objek wisata berupa pegunungan atau perbukitan memberikan pengalaman tersendiri. Berhadapan dengan pemandangan alam sejauh mata memandang dari atas membuat pikiran lebih rileks. Wisata Bukit Wairinding bisa menjadi pilihan wisata bukit yang menakjubkan!

Bukti yang ditemukan di Sumba memiliki pemandangan alam yang unik dan khas. Oleh karena itu, cocok bagi wisatawan yang ingin merawat mata dan menyegarkan diri dari rutinitas sehari-hari.

Di mana lokasi bukit yang indah ini? Bagaimana cara pergi ke sana? Apa saja tempat wisata Wairinding? Jika Anda penasaran dan ragu, simak artikel di bawah ini tentang wisata menakjubkan Wairinding!

Objek Wisata Bukit Wairinding

Atraksi Bukit WairindingKredit gambar: Google Maps Danny Tirta

Wisata Bukit Wairinding merupakan destinasi wisata yang unik dan memiliki ciri khas tersendiri. Karakteristik dan keunikannya menjadikannya daya tarik wisata. Oleh karena itu, banyak orang yang penasaran dan ingin berkunjung dan berwisata.

1. Pesona Padang Savannah Luas

Bukit Wairinding memiliki ketinggian 100 hingga 200 meter di atas permukaan laut, di puncak bukit ini wisatawan dapat leluasa mengagumi keindahan hamparan savana yang luas sejauh mata memandang. titik bergelombang.

Saat musim hujan, bukit sabana akan hijau dan menyejukkan mata. Sedangkan saat musim kemarau, pemandangan berubah dengan perbukitan savana berubah warna menjadi kekuningan.

Destinasi wisata Bukit Wairinding ini memang cocok dikunjungi setiap saat sepanjang tahun. Apalagi keindahan hamparan bukit savana juga bisa dinikmati dari pagi hingga malam hari. Namun, pastikan membawa topi jika berkunjung di siang hari karena matahari cukup terik.

Perbukitan sabana yang luas membuatnya menjadi ‘gelombang keindahan Sumba Timur’. Beberapa wisatawan yang pernah berkunjung ke destinasi ini bahkan memberinya julukan “taman surga di tanah Sumba”.

2. Matahari terbenam yang mempesona

Bukit Wairinding pertama kali dikenal masyarakat luas setelah menjadi lokasi syuting film ‘Pendekar Tongkat Emas’ yang disutradarai oleh Mira Lesmana. Selain daya tarik utama berupa bukit savana yang luas dan bergelombang, wisata ini memiliki keindahan lain.

Wisatawan dapat menikmati matahari terbenam atau sunset yang menawan dan mempesona dari atas bukit yang cukup tinggi ini. Keindahan sunset di Bukit Wairinding menarik perhatian banyak orang, sehingga tidak jarang banyak wisatawan dari berbagai daerah datang ke sini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Bukit WairindingKredit gambar: Google Maps Adam Zulma

Di manakah lokasi Bukit Wairinding? Bukit cantik ini terletak di Desa Pombotanjara, Kota Waingapu, Kecamatan Pandawai, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

Jika dari pusat kota Waingapu, rute yang harus ditempuh berjarak 25 km. Perjalanan akan memakan waktu kurang lebih 41 menit melalui akses jalan beraspal yang bagus menuju arah barat.

Rute perjalanan Kota Waingapu dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi, seperti sepeda motor atau mobil. Namun pastikan kendaraan dalam kondisi baik karena jalur menuju Bukit Wairinding cukup berliku.

Begitu tiba di lokasi yang direncanakan, kendaraan bisa diparkir. Setelah itu, wisatawan harus mendaki bukit sejauh kurang lebih 500 meter.

Harga tiket masuk objek wisata

Wisatawan bebas mengunjungi Bukit Wairinding Sumba kapan saja. Namun, sebaiknya hindari berkunjung pada sore hari hingga matahari terbenam atau malam hari karena penerangan di kawasan ini sangat terbatas.

Harga tiket masuk kawasan wisata perbukitan ini belum ditentukan secara pasti. Wisatawan hanya perlu mengisi buku kunjungan lalu membayar dengan sungguh-sungguh.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Bukit Wairinding

Aktivitas menarik di Bukit WairindingKredit gambar: Google Maps Wiwin Lukman Febrianto

Hal seru apa saja yang bisa dilakukan saat mengunjungi Wairinding Hills? Padahal, banyak aktivitas seru yang bisa dinikmati di Bukit Wairinding, apalagi jika Anda datang bersama keluarga, teman, atau pasangan.

Berikut beberapa pilihan aktivitas yang bisa dilakukan selama liburan di salah satu objek wisata Sumba Hills, yaitu:

1. Bersantai dan menikmati keindahan alam

Wisata alam berupa perbukitan memang sangat kondusif untuk dikunjungi untuk bersantai sambil menikmati pemandangan. Di Wairinding Hills wisatawan bisa duduk santai menikmati pesona hamparan savana yang luas.

Semilir angin yang sejuk pastinya akan menambah nyaman suasana saat berlibur di bukit menawan ini. Wisatawan bisa duduk santai sambil menikmati minuman dan makanan dingin di cabana yang disediakan pengelola.

Jika tidak memiliki gubuk, duduk di atas tikar juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menikmati keindahan Perbukitan Wairinding.

2. Saksikan matahari terbenam yang mempesona

Aktivitas lain yang bisa dilakukan adalah menikmati keindahan matahari terbenam atau sunset dari Bukit Wairinding. Langit yang semula cerah lama kelamaan akan berubah menjadi jingga.

Tontonan memukau seperti ini tidak boleh dilewatkan! Jangan lupa membawa jaket saat pergi menikmati sunset di atas bukit karena anginnya cukup kencang.

3. Bepergian dengan menunggang kuda

Jika bosan duduk, maka menunggang kuda bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan di destinasi wisata Sumba. Di sini, masyarakat setempat menyewa kuda jinak untuk ditunggangi selama perjalanan menyusuri kawasan wisata.

Harga sewa kuda cukup terjangkau dan tentunya aman. Jika tidak ingin naik kuda, wisatawan bisa menyewanya saja untuk berfoto.

4. Berburu Foto

Berburu foto menjadi kegiatan yang wajib dilakukan saat liburan ke berbagai tempat wisata termasuk Bukit Wairinding. Foto yang dihasilkan pasti menarik, unik dan Instagrammable!

Keindahan hamparan savana yang luas dan berbukit bisa menjadi background atau background foto yang estetik! Selain itu, mengabadikan momen di bukit indah ini juga bisa dilakukan dengan mengambil video.

Wisatawan bisa berkenalan dengan anak-anak Sumba yang sedang asyik bermain di lokasi wisata. Apalagi mereka juga sangat ramah dan senang diajak berfoto bersama. Jika ada kesempatan, anak-anak Sumba juga bisa dijadikan objek foto yang menarik.

Pastikan membawa perlengkapan yang memadai agar hasil pemotretan lebih memuaskan. Jika ada kendala ketersediaan peralatan, tidak ada salahnya menggunakan kamera smartphone.

Ingat! Hasil pemotretan tidak hanya bergantung pada peralatan, tetapi juga pada teknik fotografi yang dikuasai.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Bukit Wairinding Sumba TimurKredit gambar: Google Maps Wiwin Lukman Febrianto

Menikmati keindahan Bukit Wairinding akan semakin nyaman karena bukit indah ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas pendukung. Fasilitas penunjang tempat wisata alam ini dikelola oleh masyarakat setempat.

  • Beberapa kabin
  • Area parkir
  • Kamar mandi
  • Kandang penyewaan kuda
  • warung makan

Meski fasilitas tempat ini masih sederhana dan terbatas, liburan tetap bisa nyaman dan menyenangkan. Jika wisata Wairinding Hills semakin ramai kemungkinan akan dilakukan pengembangan lebih lanjut untuk menambah fasilitas.

Bukit Wairinding adalah tujuan wisata yang indah di perbukitan Sumba di Nusa Tenggara Timur. Keistimewaan utama tempat ini adalah pemandangan hamparan savana yang luas dan bergelombang atau berbukit. Sangat mempesona!

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button