Air Terjun Bantimurung Maros, destinasi wisata alam yang kaya akan pesona - WisataHits
wisatahits

Air Terjun Bantimurung Maros, destinasi wisata alam yang kaya akan pesona

Harga tiket: Rp30.000; Kasus: Cek lokasi
Alamat: Kalabirang, Kec. Bantimurung, Kab. Maros, Sulawesi Selatan.

Berwisata di Sulawesi Selatan tidak perlu bingung saat memutuskan tempat wisata mana yang akan dijelajahi. Wisatawan bisa mengunjungi Air Terjun Bantimurung di Maros. Kata “indah” adalah kata yang paling tepat untuk menggambarkan pemandangan indah yang disajikan. Wisatawan tidak akan mendapatkan pemandangan yang biasa ketika berkunjung ke sini.

Selain menyuguhkan pemandangan yang indah, air terjun yang terletak di Maros ini juga memiliki latar cerita yang cukup menarik untuk dibaca. Konon air terjun ini ditemukan oleh seorang penguasa kerajaan Simbang bernama Karaeng Simbang. Cerita awalnya datang dari penguasa yang berencana memperluas lokasi kerajaan ini dengan membuat jalan.

Jalan yang direncanakan ini mengambil lahan dari hutan. Ketika para pekerja sedang melakukan tugasnya, ada suara gemuruh yang jika didengar terdengar sedikit menakutkan. Kemudian seseorang dikirim untuk memeriksa situasi dan mendapatkan air terjun. Hingga akhirnya penguasa raja menyebutnya Benti Merrung yang berarti gemuruh air dan kemudian nama air terjun Bantimurung.

Objek wisata air terjun Bantimurung

Air Terjun BantimurungKredit gambar: Google Maps (Emhaer_1811)

Ternyata air terjun ini tidak hanya memiliki keindahan pemandangan yang akan memikat siapa saja yang melihatnya, tetapi juga tempat asal namanya ditemukan. Lengkapi semua hal yang terdapat di air terjun ini. Namun tidak berhenti sampai di situ saja, air terjun yang terletak di Maros ini juga memiliki beragam atraksi lain yang akan membuat Anda datang ke sini.

1. Gua Mimpi dan Gua Batu

Air Terjun Bantimurung dengan pemandangan yang indah ini memiliki destinasi tambahan yang bisa dijadikan objek wisata lain selain air terjun. Tempatnya di sebelah kiri air terjun, terdapat sepasang goa yang terlihat sangat megah dari kejauhan. Sepasang gua ini bernama Dream Cave dan Batu Caves yang terletak di sebelah kiri air terjun dengan pemandangan yang tak kalah indah.

Gua pertama adalah Gua Mimpi yang memiliki kedalaman mulai dari 1500 meter. Gua Impian ini memiliki rute dimana rute tersebut masuk ke sumber air terjun yang berada di atas pegunungan. Gua kedua adalah Gua Batu yang berisi makam. Stalaktit yang tampak indah dapat dengan mudah ditemukan di Batu Caves, tentunya dengan bantuan senter.

2. Habitat Berbagai Jenis Kupu-Kupu

Air terjun ini juga terkenal dengan lokasinya yang menjadi habitat berbagai jenis kupu-kupu. Bahkan air terjun ini disebut Kingdom oh Butterfly karena banyaknya kupu-kupu yang menghuni tempat ini. Kupu-kupu yang hidup di sini bukan sembarang kupu-kupu, melainkan jenis kupu-kupu langka dengan pola sayap yang jarang dilihat wisatawan.

Segala sesuatu tentang kupu-kupu di tempat wisata ini seluruhnya ada di museum yang terletak tidak jauh dari pusat air terjun. Dengan demikian, wisatawan akan mengenal kupu-kupu, terutama yang ada di air terjun ini. Museum yang membahas tentang kupu-kupu ini bisa menjadi wisata edukasi setelah daya tarik wisata utamanya adalah air terjun.

3. Pesona keindahan air terjun

Air terjun dengan ketinggian sekitar 15 meter ini memiliki aliran air yang jernih dengan debit yang cukup besar. Namun, jangan hanya membayangkan air putihnya saja karena air terjun ini bisa digunakan sebagai tempat berenang. Hal ini dikarenakan adanya bebatuan kapur yang berada di bawahnya yang dapat dimanfaatkan oleh wisatawan sebagai tempat untuk berenang.

Batugamping yang berada di bawah Bantimurung sudah cukup tua, sekitar ratusan tahun. Sedemikian rupa sehingga batuan kapur yang keras tertutup lapisan mineral akibat aliran air yang panjang. Apalagi air terjun ini memiliki kandungan udara yang cukup bersih karena lokasinya yang dikelilingi pepohonan hijau. Sehingga akan tercipta suasana yang segar.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun BantimurungKredit Gambar: Twitter.com @RadioPLS_mks

Air terjun dengan jutaan atraksi ini jelas merupakan tempat terbaik untuk menghabiskan liburan. Hingga tak jarang banyak wisatawan dari luar daerah memilih berlibur ke sini. Mengetahui lokasi yang tepat dari tujuan sangat penting sebelum mengunjunginya. Seperti air terjun yang ada di Maros, tepatnya di kabupaten Bantimurung, di selatan Sulawesi.

Wisatawan dapat menempuh perjalanan dari pusat kota Makassar selama 1 jam menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi dengan jarak 140 km. Atau mungkin ada wisatawan yang lebih dekat, bisa memulai perjalanan dari Bandara Hasanuddin Kabupaten Maros dengan waktu tempuh sekitar 30 menit saja sampai ke destinasi wisata air terjun tujuan.

Wisatawan bisa berangkat dari Bandara Hasanuddin hingga Jalan tiba. Kemudian belok kiri menuju Jalan Poros Bandara Baru sampai Anda melihat bundaran dan terus ke Jalan Poros Bantimurung. Langsung ke Jalan Jend. Sudirman belok kanan ke Jalan Andi Pangerang dan bertemu bundaran lalu menuju Jalan Ahmad Yani. Setelah itu, belok kanan dan terus lurus hingga mencapai tujuan.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Air Terjun BantimurungKredit gambar: Google Maps (Rizki Ekananda)

Keindahan pemandangan yang disuguhkan oleh Air Terjun Bantimurung mampu membuat siapapun ingin datang dari jauh hanya untuk merasakan fakta tentang suguhan alamnya. Mulai dari habitat berbagai jenis kupu-kupu langka hingga hadirnya tempat wisata tambahan berupa dua buah goa tentu sayang untuk dilewatkan, apalagi bagi Anda yang hobi traveling ke berbagai daerah.

Wisatawan yang berencana mengunjungi air terjun ini dapat menyiapkan dana mulai dari Rp100.000 hingga Rp300.000 untuk biaya perjalanan dari Bandara Hasanuddin ke tempat tujuan. Biaya perjalanan ini menggunakan kendaraan roda empat berupa taksi, wisatawan tinggal memilih menggunakan taksi offline atau taksi online yang bisa dipesan di bandara Hasanuddin.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di air terjun

Aktivitas Air Terjun yang MenyenangkanKredit gambar: Facebook.com @(Wahyuddin Halim)

1. Jelajahi kedalaman Gua Mimpi dan Gua Batu

Letak mulut goa yang tidak terlalu jauh dari pusat air terjun membuat objek wisata goa tidak kalah populer di sini dibandingkan objek wisata utama. Wisatawan bisa menjelajahi kedalaman goa, tentunya dengan ditemani oleh pemandu yang akan memandu wisatawan sekaligus memberikan peringatan tentang semua yang ada di dalam goa ini. Sama seperti jangan ribut di gua Batu karena di sini ada makam.

Batu Caves yang terletak 800 meter dari air terjun ini hanya dapat diakses oleh wisatawan dengan berjalan kaki. Wisatawan akan disambut dengan mulut gua yang terbuat dari batu-batu besar dengan respon kelelawar dari dalam gua. Selain Batu Caves, wisatawan juga bisa mengunjungi Dream Cave yang tak kalah indahnya dengan Batu Caves. Stalaktit dan stalagmit dapat dengan mudah ditemukan oleh wisatawan.

2. Melihat keindahan kupu-kupu sekaligus memperkaya pengetahuan

Wisatawan tidak hanya menikmati kupu-kupu di air terjun tetapi juga di museum. Wisatawan dapat mengunjungi museum yang terletak tidak jauh dari air terjun dan mendapatkan berbagai hal yang berhubungan dengan kupu-kupu di sini. Jadi, ketika memutuskan untuk berlibur di air terjun ini, wisatawan tidak hanya mendapatkan pengalaman liburan yang berkesan tetapi juga memperkaya pengetahuan mereka.

3. Rasakan aliran air terjun yang sejuk

Tetesan air kubik dari ketinggian 15 meter akan menantang semua orang untuk merasakan kesejukan air. Lokasinya yang dilengkapi dengan pondasi batu kapur membuat air terjun ini cocok jika dijadikan area pemandian. Dengan demikian, wisatawan bisa merasakan kesejukan air saat mandi di sini.

Fasilitas yang tersedia di Air Terjun Bantimurung

Fasilitas Air Terjun BantimurungKredit gambar: Google Maps (Rista Nanda Sari)

Objek wisata yang memiliki sejuta atraksi menarik seperti habitat kupu-kupu dan dua goa membuat ketersediaan fasilitas di sini tidak perlu diragukan lagi. Berbagai fasilitas yang berfungsi untuk menunjang berbagai aktivitas pengunjung sudah tersedia di kawasan Air Terjun Bantimurung. Sehingga para wisatawan yang berkunjung tidak perlu khawatir dengan keberadaan fasilitas tersebut.

Masjid di sini tidak terlalu jauh dari pintu masuk, tepatnya di sebelah kanan, sehingga mudah ditemukan. Masjid ini juga memiliki berbagai fasilitas yang lengkap, seperti masjid sejahtera dengan fasilitas yang memadai. Gazebo yang tersedia dapat digunakan wisatawan untuk bersantai.

Selain masjid dan gazebo, air terjun ini juga memiliki fasilitas berupa pemandian anak dan museum kupu-kupu. Sehingga bisa dikatakan air terjun yang menawan ini cocok jika dijadikan sebagai tempat rekreasi keluarga. Anak-anak dapat berenang di pemandian anak-anak mereka dan kemudian memperkaya pengetahuan mereka di museum kupu-kupu.

Itulah berbagai hal menarik terkait Air Terjun Bantimurung. Sayang sekali untuk melewati satu-satunya objek wisata alam ini. Berbagai hal menarik mulai dari kupu-kupu, gua hingga pemandian alam tentu menarik setiap orang berlibur ke sini. Aliran air yang jernih dengan udara segar di sekitarnya juga akan menemani wisatawan saat berlibur di sini. Tertarik ke Air Terjun Bantimurung?

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button