Tiket, Aktivitas, dan Fasilitas PANTAI NGANTEP - WisataHits
wisatahits

Tiket, Aktivitas, dan Fasilitas PANTAI NGANTEP

Tiket, Aktivitas, dan Fasilitas PANTAI NGANTEP

Harga Tiket Masuk Pantai Nganteb: Rp 10.000 Jam Operasional: 24 jam Nomor Telepon: -Alamat: Dusun Sidurejo, Gedangan, Malang, Jawa Timur, Indonesia, 65178

Pantai Ngantep menawarkan pemandangan pasir putih dengan ombak yang cukup besar seperti ciri khas pantai selatan jawa pada umumnya. Namun pantai ini tetap cocok dijadikan sebagai pantai wisata karena merupakan satu-satunya pantai di Jawa Selatan yang dapat digunakan untuk berselancar.

Tidak hanya itu, pemandangan di sekitar lokasi juga sangat menguntungkan. Di sini, wisatawan akan menemukan deretan pepohonan rindang yang mengelilingi lokasi. Ada juga muara di sisi kiri pantai. Padahal, keindahan tebing karang tidak boleh dilewatkan. Semua ini mendukung aktivitas pantai seperti berenang, traveling dan surfing.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngantep

Biaya masuk ke pantai ini cukup murah. Tiket hanya untuk remaja dan dewasa. Anak-anak tidak perlu membayar untuk masuk. Selain itu, harga fasilitas di pantai ini masih cukup terjangkau.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngantep
Setiap hari Rp 10.000
Harga pemasangan
Parkir untuk sepeda motor saja Rp 10.000
Tempat parkir mobil Rp 15.000
Kamar mandi Rp 2.000 – Rp 3.000
Penyewaan tenda Rp150.000

Baca: PANTAI TIGA WARNA Malang Tiket dan Aktivitas Seru

Jam buka

Wisata Pantai Ngantep tidak memiliki jam buka khusus. Kawasan pantai wisata ini buka 24 jam sehari namun biasanya akan ramai pada sore hari.

Jam buka
Setiap hari 24 jam

Rekreasi di Pantai Ngantep

Pantai Ngantep merupakan salah satu pantai di Jawa Selatan yang memiliki ciri khas tersendiri. Tidak banyak aktivitas air yang bisa dilakukan di pantai ini. Salah satunya karena laut di pantai selatan Jawa memiliki ombak yang cukup berbahaya. Namun, masih banyak aktivitas lain yang bisa dilakukan tanpa harus bersentuhan langsung dengan laut.

Keindahan Pantai Ngantep

Pemandangan pantai NgantebArea pasir dan pepohonan yang rimbun mengelilingi pantai. Foto: Google Maps/Agus Supriyono

Pantai Ngantep memiliki pesona pantai khas pantai selatan Jawa. Dimana memiliki pasir putih dengan tekstur yang halus dan lembut. Garis pantainya landai dan lebar sehingga wisatawan bisa lebih leluasa dalam bersantai.

Di ujung barat pantai ini menyuguhkan pemandangan tebing karang yang indah. Tebing karang di pantai ini tingginya sekitar 50 m. Dari atas tebing, wisatawan bisa melihat pemandangan perahu nelayan. Namun terlebih dahulu Anda harus mendaki ke tebing yang melewati pendopo Gunung Batok dan kemudian turun melalui jalur yang agak curam.

Tidak hanya tebing, pantai ini juga dikelilingi oleh pepohonan yang rindang dan menjulang tinggi. Pemandangan dapat dinikmati melalui kursi kayu di sekitar pantai.

Baca: Tiket dan Atraksi TELUK ASMARA Beach Malang

Berselancar seru di Pantai Ngantep

Ombak pantai NgantebPantai Ngantep memiliki ombak besar yang cocok untuk berselancar. Foto: Google Maps/Pejuang Pasuruan

Selain pasirnya yang putih, perairan pantainya juga memiliki ombak yang tinggi dan lebar khas pantai selatan. Untuk itu, wisatawan tidak diperbolehkan berenang di zona air. Anda hanya bisa bermain air di pantai jika Anda berhati-hati.

Memang dilarang mandi di laut, tapi untuk aktivitas lain seperti selancar atau surfing sangat cocok. Baik untuk pemain profesional maupun pemula. Meski ombaknya besar, wisatawan masih bisa berselancar pada jarak 10m dari pantai karena wilayahnya masih dangkal. Ingatlah untuk selalu waspada.

Berselancar di pantai ini akan sangat menyenangkan. Apalagi ini adalah satu-satunya pantai di Malang yang bisa digunakan untuk berselancar. Biasanya wisatawan yang melakukan surfing adalah wisatawan dari berbagai negara. Namun tidak menutup kemungkinan warga pantai juga berlatih selancar, terutama yang memiliki hobi ini.

Baca: Tiket dan Aktivitas PANTAI BALEKAMBANG Malang

Alternatif berenang di Pantai Ngantep

Wisatawan dapat berenang di muara yang terletak di sisi kiri pantai Ngantep. Foto: Instagram/@pantaiNgantep

Berenang di laut sekitar tidak diizinkan. Namun, ada alternatif agar wisatawan tetap bisa berenang saat berkunjung ke pantai ini. Alternatifnya adalah berenang di muara sungai. Muara sungai ini berada di sebelah kiri pantai.

Ada muara sungai dengan aliran air tawar. Muaranya cukup luas untuk tempat bermain air. Berenang di muara ini sangat aman karena ada beberapa penjaga yang aktif mengawasi wisatawan. Wisatawan bisa bermain air di sini tanpa harus khawatir dengan ombak laut.

Selain itu, di muara ini juga terdapat persewaan wahana perahu bagi yang ingin berpindah-pindah. Rute yang ditempuh hanya sekitar muara. Meski demikian, perasaan senang dan puas akan didapatkan dengan berkeliling muara menggunakan perahu.

Baca: Tiket PANTAI SENDIKI dan Berbagai Kegiatannya

Acara tradisional

Persiapan Upacara Larung Servis di Pantai NgantebWarga menyiapkan tumpeng buah untuk upacara Larung Saji. Foto: Google Maps/Pantai Ngantep

Selain keindahan pantainya, wisatawan juga bisa menyaksikan acara tersebut pada waktu-waktu tertentu. Misalnya pelaksanaan tradisi adat seperti Larungan Sesaji. Biasanya dilakukan setiap suro. Pada tahun 2022, Larungan Sesaji jatuh pada tanggal 31 Juli.

Acara ini mempertemukan warga sekitar pantai Ngantep dalam mensyukuri nikmat yang telah diberikan, terutama berupa hasil pertanian dan kelautan. Dalam acara ini, sesaji datang dalam bentuk kerucut yang terdiri dari berbagai jenis buah-buahan yang disusun berlapis-lapis.

Selain itu, pantai ini juga menjadi tempat pelestarian tradisi Pantai Seribu Kupat Lepet. Ritual ini menyajikan hidangan utama berlian berlapis-lapis. Dalam ritual ini, warga sekitar dan pengunjung pantai menikmati hidangan tersebut bersama-sama.

Baca: Tiket dan Atraksi PANTAI KINDANG MERAK

Wisata religi

Pendopo di pantai NgantebWisatawan bisa mengunjungi pendopo untuk wisata religi di pantai Nganteb. Foto: Google Maps/ Santri Mbeling

Saat berkunjung ke pantai ini, wisatawan juga bisa melakukan wisata religi. Wisata religi di pendopo yang berada di atas bukit karang. Tepatnya di sisi kanan jalan setelah pintu konter. Bukit ini terkenal dengan Gunung Batok. Orang-orang mengenal tempat ini sebagai Pantai Penembahan Ngantep. Di dalam pendopo terdapat genta yang biasanya berguna untuk upacara keagamaan.

Belanja oleh-oleh di Kampung Nelayan

Perahu nelayan di pantai NgantebWisatawan dapat menemukan perahu nelayan di bibir pantai Ngantep. Foto: Google Maps/Eni Rahayu

Pantai Ngantep dekat dengan desa nelayan. Mayoritas profesi penduduk setempat adalah nelayan, tak heran jika di sekitar pantai banyak terdapat penjual ikan laut. Sepulang dari melaut, para nelayan biasanya menjual ikan hasil tangkapannya kepada wisatawan sebagai oleh-oleh.

Di sini wisatawan bisa membeli oleh-oleh berbagai jenis ikan laut seperti tuna, kerapu, dan kakap merah. Bahkan, ada udang lobster. Bonusnya ikan yang dijual masih segar.

Bagi yang ingin langsung menikmatinya di tempat, maka jangan khawatir. Selain sebagai oleh-oleh, ikan yang dijual di pantai ini bisa dicicipi langsung di lokasi. Wisatawan bisa meminta penjual ikan untuk mentraktirnya sesuai menu yang diinginkan. Menu paling enak di sini adalah ikan bakar ditemani lalapan.

Berkemah di Pantai Ngantep

Perkemahan di Pantai NgantebSekelompok wisatawan berkemah dengan membangun tenda. Foto: Google Maps/Sds syauqia

Pantai Ngantep sangat cocok sebagai tempat camping. Selain suasana pantai yang nyaman dan tenang, wisatawan bisa mendapatkan bonus seperti panorama langit fajar saat matahari terbit dan langit sore saat matahari terbenam. Bahkan, wisatawan bisa melihat nelayan yang sedang berlayar untuk mencari ikan di pagi hari sekitar pukul 06.00.

Mereka yang berkemah di sini bisa membawa perlengkapan berkemah sendiri, seperti tenda. Atau jika tidak ingin repot, Anda bisa menyewa tenda. Pantainya sendiri hanya menawarkan persewaan tenda untuk camping.

Meredakan

Pantai Ngantep menawarkan fasilitas penunjang bagi wisatawan, terutama untuk berkemah. Fasilitas tersebut antara lain toilet, mushola, warung makan, toko kebutuhan pokok. Di sini, akses air minum sudah cukup.

Alamat Pantai Ngantep

Objek wisata pantai ini terletak di Dusun Sidurejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65178. Pantai ini berdekatan dengan dua pantai terkenal di Malang, yaitu Pantai Balekambang dan Pantai Wonogoro. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi nomor 082147548421.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button