Pantai Pok Tunggal: Tiket Masuk, Fasilitas, Aktivitas Seru dan Rute Hiking - WisataHits
wisatahits

Pantai Pok Tunggal: Tiket Masuk, Fasilitas, Aktivitas Seru dan Rute Hiking

Pantai Pok Tunggal – Mau tahu apa saja yang ada di Pantai Pok Tunggal, Gunung Kidul, Jogja? Berikut ulasan lengkapnya, mulai dari tiket masuk, fasilitas, aktivitas wisata menarik dan seru, lokasi/alamat, hingga petunjuk arah menuju kesana. Pantainya berpasir putih bersih, berpadu indah dengan ombak khas pantai selatan. Sangat keren !

Liburan di Jogja tidak lengkap rasanya tanpa mengunjungi deretan pantai cantik yang ada di kawasan Gunung Kidul. Ada beberapa pantai yang indah di sana, termasuk Pantai Pok Tunggal. Keberadaannya yang cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta, namun suasana alam dan keindahan sunsetnya sungguh sayang jika tanpanya.

Pemandangan Pantai Pok Tunggal di Gunung Kidul Jogja

Pantai-Single-PokIlustrasi Keindahan Pantai Pok Tunggal, Gunung Kidul, Jogja

Daya tarik dan keindahan Pantai Pok Tunggal

Nama Pok Tunggal sendiri konon disematkan karena adanya pohon duras di pinggir pantai. Pohon ini merupakan satu-satunya pohon duras yang tumbuh di sana, sehingga pada akhirnya pantai ini dikenal dengan nama Pok Tunggal.

Pantai Pok Tunggal merupakan pantai tersembunyi di Gunung Kidul karena berada di balik tebing. Pasir pantainya putih bersih dengan air laut yang jernih. Berbagai payung/tenda warna-warni tersedia di pantai, siap digunakan wisatawan untuk bersantai sambil menikmati deburan ombak.

Sepintas, pantai ini terlihat seperti pantai pasir putih di Bali. Tak ayal, ada yang menyebutnya “The Hidden Paradise” alias surga tersembunyi. Tak hanya pepohonan yang keras dan pasir putihnya, Pantai Pok Tunggal juga memiliki daya tarik lain, berupa keindahan matahari terbenam.

Bagi Anda yang berenergi ekstra, luangkan waktu untuk berjalan kembali menaiki tebing. Dari atas tebing, Anda bisa melihat betapa indahnya Pantai Pok Tunggal dari ketinggian. Deburan ombak yang menghantam pasir putih berpadu indah dengan birunya langit dan lautan. Apa perubahan pemandangan!

Baca juga : Pantai terindah di Jogja yang wajib kamu kunjungi

Harga tiket masuk dan jam buka Pantai Pok Tunggal

Seperti Pantai Indrayanti dan Pantai Drini, untuk memasuki kawasan pantai ini, Anda akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 10.000. Selama ini, jika ingin menggunakan payung/tenda/gazebo di pantai untuk bersantai, akan dikenakan biaya sewa sekitar Rp 20.000.

Jam buka Pantai Pok Tunggal selama 24 jam selalu buka. Jadi Anda berdua bisa berkemah di sana (camping) sambil menikmati bintang di langit. Sewa tenda dome tersedia dengan tarif 60.000 rupee. Secara garis besar, berikut adalah harga masuk dan sewa fasilitas disana:

  • Harga tiket masuk: Rp 10.000,-
  • Sewa payung : Rp.15.000,-
  • Sewa gazebo: Rp 20.000,-
  • Sewa tenda : Rp.25.000.- sd Rp.60.000.-
  • Sewa Camping Area : Rp 5.000,- sd Rp 10.000,-
  • Parkir Motor : Rp 3.000,-
  • Parkir: Rp 5.000,-
  • Parkir bus: Rp.10.000,-

Untuk mencatat: Harga dapat berubah sewaktu-waktu!

Fasilitas yang tersedia di Pantai Pok Tunggal

Sebagai salah satu destinasi wisata favorit Gunung Kidul, Pantai Pok Tunggal dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang lengkap. Fasilitas tersebut antara lain:

  • ruang sholat
  • Tempat parkir
  • Sewa payung, tikar dan gazebo
  • Bumi Perkemahan (camping place)
  • Penyewaan tenda
  • Pembilasan kamar mandi
  • Toilet
  • Warung makan/minum
  • Kamar single atau ruang pertemuan

Aktivitas Wisata Menarik dan Seru di Pantai Pok Tunggal

Ada cukup banyak pilihan aktivitas/kegiatan saat waktu senggang di Pantai Pok Tunggal, beberapa di antaranya adalah:

  • Bermain pasir dan air. Pasir pantainya bersih dan lembut. Air lautnya jernih dengan ombak yang cukup tenang. Namun, jika bermain di air harus berhati-hati karena ombak di pantai selatan sulit diprediksi, bisa tiba-tiba menjadi ganas (besar).
  • Bersantai di gazebo atau di bawah payung sambil menikmati pohon kelapa muda dan deburan ombak.
  • Menikmati keindahan matahari terbenam (sunset) dan aktivitas para nelayan yang mulai melaut, Anda harus bersiap ke pantai sekitar pukul 17.00 WIB agar tidak melewatkan momen saat matahari terbenam di ufuk barat.
  • Naiki tebing untuk melihat pantai dari atas.
  • Bermalam di tenda (camping) sambil menikmati gugusan bintang Bima Sakti di langit. Pantai Pok Tunggal adalah salah satu pantai di Jogja yang ideal untuk berkemah. Pasalnya, struktur pantai ini cukup lembut dan angin tidak terlalu kencang sehingga kondusif untuk mendirikan tenda. Selain itu, tersedia juga area camping dengan fasilitas yang memadai seperti toilet dan persewaan tenda.
  • Perburuan foto. Ada sejumlah spot foto di sana seperti momen sunset, pohon duras yang ikonik, pasir putih, deretan tebing, deburan ombak, air laut biru jernih, perahu nelayan, hingga galaksi Bima Sakti di langit.

Lokasi/alamat dan rute menuju Pantai Pok Tunggal

Lokasi/Alamat Pantai Pok Tunggal terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi DI Yogyakarta. Keberadaannya cukup jauh dari pusat kota, dibutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk sampai ke pantai.

Jalan menuju pantai Pok Tunggal dari kota Yogyakarta dapat ditempuh melalui Jalan Imogiri hingga Panggang kemudian menuju Jalan Saptosari hingga Tepus. Setelah sampai di Tepus, ikuti jalan menuju Pantai Baron. Nah, di pertigaan sebelum Pantai Baron, belok kiri menuju Pantai Indrayanti.

Setelah sampai di pertigaan Pantai Indrayanti, belok kiri, ikuti jalan beraspal menuju Pos Retribusi. Tak jauh dari pos, ada papan penunjuk arah pantai Pok Tunggal. Untuk memudahkan Anda, Anda dapat melihat gambar peta lokasi Google Map di bawah ini:

Tips Liburan ke Pantai Pok Tunggal

Bagi sebagian orang, pergi berlibur ke pantai biasanya tentang “menenangkan diri dan menyembuhkan” dari kesibukan sehari-hari yang membuat mereka lelah. Namun terkadang momen tersebut tidak berjalan mulus karena beberapa kendala ditemui secara tidak sengaja. Nah, agar aktivitas Anda tetap lancar dan nyaman selama liburan di Pantai Pok Tunggal, perhatikan tips berikut ini:

  • Datanglah saat cuaca sedang bagus untuk menikmati dan menjelajahi setiap sudut pantai.
  • Gunakan tabir surya atau sunblock untuk melindungi kulit dari panas dan sinar UV matahari.
  • Kenakan pakaian dan sepatu yang nyaman.
  • Jika ingin lebih hemat, bawalah makanan/minuman dari rumah.
  • Mengingat perjalanan yang jauh dan kualitas jalan yang buruk, pastikan kendaraan Anda dalam kondisi baik.
  • Ikuti protokol kesehatan dengan memakai masker, membawa hand sanitizer, memastikan tubuh dalam kondisi baik.
  • Bawa obat-obatan tergantung rasa sakit yang Anda rasakan, jika ada, seperti asma, mabuk perjalanan, atau alergi terhadap sesuatu.
  • Bawa kamera terbaik untuk mengabadikan setiap momen di sana.
  • Jika ingin berkemah, Anda harus membawa perlengkapan dan perbekalan lengkap dari rumah.
  • Jaga kebersihan pantai dan berhati-hatilah agar tidak tersapu ombak saat bermain air. Bagi Anda yang membawa anak kecil, tetaplah menemani mereka dimanapun berada, jangan sampai mereka pergi sendiri.

Akomodasi di sekitar Pantai Pok Tunggal

Bagi Anda yang ingin mengunjungi beberapa pantai di Gunung Kidul, ada baiknya Anda menginap di sana agar tidak bosan bolak-balik. Kebetulan di kawasan Tepus, tidak jauh dari pantai Pok Tunggal terdapat hostel yang bagus dan cukup nyaman, yaitu:

Radika Paradise Villa & Cottage

Sesuai dengan namanya, hostel di Gunung Kidul dekat pantai ini menawarkan kamar berupa 8 villa dan 13 cottage. Masih asyik, ada villa dengan private pool berupa infinity pool.

Radika Paradise Villa & Cottage terletak di Bukit Tenggole, tepatnya Jl.Pantai Selatan Jawa, Tepus, Kec. Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Hostel ini menawarkan 2 pengaturan alam yang megah dengan nuansa yang berbeda.

Ke depan Anda akan dimanjakan dengan hijaunya pepohonan jati khas Gunung Kidul, sementara buritannya menghadap ke hamparan panorama birunya Samudera Hindia. Harga sewanya cukup murah lho, mulai Rp 400.000 per malam. Sangat cocok untuk honeymoon romantis di Jogja bersama pasangan halal tercinta.

Villa Kopiori

Di kecamatan Tepus Gunung Kidul juga ada Villa Kopiori yang tidak kalah bagusnya. Vila ini menawarkan kamar tidur hingga 4 orang, sehingga ideal untuk liburan bersama keluarga atau teman.

Fasilitas cukup lengkap, tersedia parkir gratis, kamar bersih, TV, fasilitas pembuat kopi atau teh, sarapan pagi, kamar mandi dengan shower dan kolam renang luar ruangan. Tarifnya sekitar 700.000 rupee per malam.

Demikian informasi wisata kali ini tentang Pantai Pok Tunggal di Gunung Kidul Yogyakarta. Cantik dan sangat cantik bukan? Ayo buruan kesana, sayang banget kalau sampai ketinggalan. Bagi traveler lain yang pernah ke sana, bisa berbagi pengalamannya melalui kolom komentar. Sekian dari saya, terima kasih telah mengunjungi blog ini, semoga bermanfaat.

Source: www.anekawisata.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button