Tiket & Aktivitas BAGENDIT WEBSITE - WisataHits
wisatahits

Tiket & Aktivitas BAGENDIT WEBSITE

Harga tiket masuk Situ Bagendit: Rp 5.000 – Rp 10.000

Garut dikenal sebagai Intan Jawa Barat. Kota yang juga menyandang julukan “Swiss van Java” ini memiliki banyak sekali keindahan alam yang berpotensi sebagai tempat wisata. Salah satu referensi wisata alam di Garut yang cocok untuk liburan adalah Terletak Bagendit.

Danau alam yang menyimpan legenda dibalik pembentukannya ini bisa menjadi alternatif liburan untuk menyegarkan tubuh dan pikiran. Berbagai kegiatan wisata dapat dilakukan di sini. Baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. Oleh karena itu sangat cocok sebagai tujuan rekreasi keluarga.

Biaya masuk

Meski sudah populer sejak lama, Situ Bagendit tetap menjadi destinasi wisata murah. Harga tiket masuk sama pada hari kerja atau akhir pekan.

Harga tiket masuk Bagendit Situ
Tiket masuk anak Rp 5.000
Tiket masuk dewasa Rp 10.000

Baca: Tiket Masuk DARAJAT PASS Garut dan Tiket Kegiatan

Jam operasional

Danau wisata ini dibuka untuk umum setiap hari. Apalagi pada hari libur, kunjungan biasanya meningkat dibandingkan hari biasa.

Jam buka
Setiap hari 08.00 – 17.00 WIB

Aktivitas di Bagendit Situ

Situ Bagendit atau Danau Bagendit terletak di Banyuresmi, Kabupaten Garut. Danau alami ini tidak hanya dikelilingi oleh pemandangan pegunungan dan persawahan yang indah, tetapi juga legenda yang hidup dan tumbuh di sana. Ceritanya tentang Nyai Endit yang tenggelam dengan hartanya karena kikir.

Terlepas dari kebenaran ceritanya, danau ini tetap menjadi primadona wisata bagi warga Garut dan luar Garut. Selain sebagai tempat wisata, pemerintah daerah juga sering mengadakan acara di Situ Bagendit. Beberapa acara tersebut adalah kegiatan budaya dan upacara bendera pada Hari Kemerdekaan Indonesia.

Baca: 5+ Pilihan Tempat Wisata Paling Keren di Garut

panorama

Tumbuhan air di Situ BagendirTumbuhan air Situ Bagendit dengan latar belakang pegunungan dan danau – Foto: Google Maps/Rosiana Sidhayatra

Dalam perjalanan menuju Situ Bagendit, ternyata pengunjung dimanjakan dengan pemandangan alam yang asri dan asri. Danau yang terletak di kabupaten Banyuresmi ini memang berada di pedesaan yang dipenuhi persawahan dan perkebunan. Adegan ini dilengkapi dengan lukisan gunung yang menjulang di kejauhan. Seringkali pengunjung yang tidak disengaja joging atau bersepeda di sini sambil menikmati udara segar.

Sesampainya di tepi danau, pemandangan yang ditawarkan tidak jauh berbeda. Hanya saja kali ini dilengkapi dengan danau besar. Di beberapa sudut danau terdapat koleksi tanaman teratai dan eceng gondok yang sering digunakan oleh warga sekitar untuk kerajinan tangan atau oleh-oleh. Karena terhalang oleh pegunungan tinggi, lokasi ini sangat bagus untuk menikmati matahari terbit atau terbenam.

Di sekitar danau

Pemandangan dari atas rakitKeliling Situ Bagendit dengan rakit atau getek – Foto: Google Maps/Selfi Ajja

Keindahan Situ Bagendit dapat dinikmati dengan berbagai fitur air yang tersedia. Ada sepeda air, rakit, dan perahu yang bisa Anda kendarai sendiri atau bersama orang tersayang. Setiap wahana menawarkan pengalaman yang berbeda, namun semuanya pasti menyenangkan.

Jika Anda sudah sampai di tengah danau dan ingin beristirahat sejenak, mampirlah ke warung apung. Beberapa warung makan yang buka setiap akhir pekan sengaja dibangun di atas rakit di tengah danau. Rasakan sensasi makan dan minum sambil ditiup angin sepoi-sepoi dan dikelilingi air danau yang tenang.

Berjalan di sekitar danau, pengunjung dapat melihat penduduk yang aktif di sekitar danau, salah satunya adalah menangkap ikan. Selain berfungsi sebagai tempat wisata, danau ini juga menjadi sumber pendapatan. Namun, pengunjung juga diperbolehkan menangkap ikan sambil memancing di tepi danau.

Aktivitas di tepi danau

Toko terapung di tengah Situ BagenditStand apung buka di akhir pekan – Foto: Google Maps/Quthbie.HM-Media

Setelah puas dengan navigasinya, pengunjung dapat merenungkan pemandangan sekitar sambil berjalan-jalan di tepi danau. Lebih baik jika Anda membawa makanan sendiri. Ada banyak gazebo atau pondok yang bisa disewa sebagai tempat istirahat.

Pengunjung yang datang bersama anak-anak mungkin ingin mencoba beberapa wahana yang tersedia. Anak-anak dapat menikmati banyak wahana, seperti kereta mini, trampolin, buah persik mini, dan lubang bola dengan seluncuran. Ada juga kegiatan kreatif seperti mewarnai yang bisa dilakukan hanya dengan membayar Rp 10.000.

Tempat foto besar

Selfie pengunjung Situ BagenditSitu Bagendit memiliki beberapa spot foto menarik – Foto: Google Maps/N. nuer

Belum lengkap rasanya jika belum berfoto di perjalanan. Jangan lewatkan kesempatan untuk berfoto dengan latar belakang pemandangan danau yang indah. Berpose di tengah danau atau piknik di tepi danau tentu menyenangkan.

Situ Bagendit juga kini dilengkapi dengan ruang yang tertata rapi dan menarik untuk dijadikan spot foto. Beberapa di antaranya adalah jembatan menuju Taman Hutan Raya Bagendit. Jembatan ini didekorasi dengan terowongan besi berbentuk persegi panjang dengan tata letak asimetris yang unik. Selain itu, area perbelanjaan yang tidak jauh dari pintu depan juga dihias dengan dekorasi payung yang diganti secara berkala.

Fasilitas di tempat Bagendit

Papan pengumuman pemasanganBeberapa fasilitas di sekitar danau – Foto: Google Maps/QuthbieH.M.-Media

Situ Bagendit memiliki tempat parkir yang luas dan dapat menampung kendaraan bus, sehingga tempat wisata ini cocok sebagai tujuan wisata rombongan. Fasilitas lainnya antara lain toilet, mushola, area bermain anak, berbagai transportasi air, dan deretan kios makanan dan suvenir. Daftar ini akan semakin lengkap seiring dengan gencarnya pemerintah mengembangkan kawasan wisata ini sebagai destinasi wisata internasional.

Lokasi Bagendit

Danau wisata ini terletak di desa Banyuresmi, Garut, Jawa Barat dan sekitar 4 km dari pusat kota Garut. Lokasinya bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Beberapa angkutan umum yang melewati Situ Bagendit adalah angkutan umum menuju Terminal Guntur – Kp. Mengger dan Garut–Limbangan.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button