Senang! Desa Gedepangrango terpilih sebagai finalis One Village One Story Provinsi Jawa Barat 2022 - WisataHits
Jawa Barat

Senang! Desa Gedepangrango terpilih sebagai finalis One Village One Story Provinsi Jawa Barat 2022

HALO INDONESIA – Desa adalah daerah yang harus diwaspadai.

Karena desa telah melahirkan banyak tokoh bangsa yang turut membentuk negeri ini.

Sayangnya, desa dan sektor pertanian masyarakat sudah lama rentan terhadap fenomena eksklusi. Tidak ada desa luar biasa yang memiliki sumber daya alam.

Harus ada gerakan pemulihan desa untuk menyelesaikan berbagai fenomena desa dengan sektor pertanian dan petani sebagai hub sentralnya.

Demikian disampaikan pegiat budaya Eddie Karsito saat Visitasi dan Supervisi program One Village One Story (OVOS) di Desa Gedalamrango, Sukabumi, Jawa Barat, Senin (9/5/2022).

“Gerakan yang mendidik dan berkembang. Merawat potensi alam, menjaga kesehatan ekologi desa dan bermanfaat bagi masyarakat desa,” kata Eddie Karsito.

Pemangku kepentingan desa, akademisi atau budayawan, kata ketua dewan juri OVOS (One Village One Story), harus terus bercermin pada prinsip manfaat dan pemanfaatan potensi desa.

Eddie Karsito mengenang saat ini banyak bermunculan desa wisata. Ia ingin konsep desa wisata mengedepankan kearifan lokal.

“Ingat bahwa ini adalah ‘wisata desa’ dan bukan wisata desa. Prioritasnya, karakteristik masing-masing desa, oleh karena itu tetap bersifat edukatif. Jangan meniru atau menjiplak,” katanya.

Kedatangan panitia dan juri OVOS: One Village One Story di Desa Gedalamgrango langsung disambut Camat Kadudampit Dra. Hj. Yanti Budiningsih dan Kepala Desa Gedalamrango, Asep Badrutamam.

Source: www.hallo.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button