Sandiaga Uno mempromosikan pariwisata berbasis “ekowisata, alam dan budaya”. - WisataHits
Yogyakarta

Sandiaga Uno mempromosikan pariwisata berbasis “ekowisata, alam dan budaya”.

Dalam kesempatan ini, Sandi juga memaparkan program Indonesian Tourism Village Award (ADWI). Hal ini merupakan upaya Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif untuk merevitalisasi perekonomian nasional melalui sektor pariwisata dan industri kreatif.

“Di tengah pandemi, kunjungan wisatawan ke Bali bisa menurun. Namun untuk desa wisata meningkat 30 persen. Mengapa? karena menciptakan kegiatan ekonomi, produktif dan kreatif, serta memelihara budaya masyarakat,” jelas Sandiaga Uno.

Sandi mengungkapkan, muncul desa liburan kelas atas dari program tersebut. Seperti desa wisata terbaik dunia tahun 2021 yaitu Desa Wisata Nglanggeran Gunung Kidul. Ada desa liburan terbersih di dunia. Yaitu Desa Wisata Penglipuran dari Bangli di Provinsi Bali.

“Jadi dengan cara ini kita bisa mempromosikan pengetahuan budaya lokal. Kegiatan workshop ini bertujuan untuk membantu para pelaku industri kreatif untuk berinovasi, beradaptasi dan berkolaborasi. Jadi memiliki nilai tambah yang banyak,” kata Sandi.

Sandi mengatakan kepada tim media bahwa pihaknya telah menerima banyak aspirasi dari para pelaku industri kreatif. Salah satunya mengharapkan solusi berkelanjutan dari pemerintah. Oleh karena itu, ada beberapa pendekatan pemerintah untuk menghadapi situasi krisis pangan dan energi dengan aktor-aktor kreatif dan imajinatif.

“Tinggalkan kompetisi, dapatkan kolaborasi. Kutai Kartanegara dikaruniai kekayaan alam yang melimpah oleh Allah SWT. Namun, kita harus memastikan pengelolaannya dengan pendekatan komprehensif yang bermanfaat bagi masyarakat, usaha mikro, kecil, menengah, dan industri kreatif,” kata Sandi.

Mengenai arah kebijakan pembangunan ekonomi dan kreatif Kukar ke depan, Sandi mengatakan pihaknya akan mengembangkan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan.

“Sebagai atraksi berbasis ekowisata, berbasis alam dan budaya. Jadi ada pendekatan alam terbuka, keragaman budaya. Produk industri kreatif di Kutai Kartanegara dipilih untuk seni pertunjukan. Namun, kami memiliki tiga sub-sektor yang menjadi andalan kami. Yaitu kuliner, kerajinan dan fashion. Inilah yang pasti dicari oleh setiap turis. Dan kami berharap ini bisa dikembangkan di Kutai Kartanegara,” kata Sandiaga Uno.

Sandi pun optimistis Kukar sendiri akan menjadi magnet bagi ibu kota negara (IKN) karena infrastrukturnya relatif berkembang dengan baik.

Infografis Kawan Jadi Saingan, Erick Thohir Vs Sandiaga Uno

Perbesar

Infografis Kawan Jadi Saingan, Erick Thohir Vs Sandiaga Uno. (Liputan6.com/Abdillah)

Source: m.liputan6.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button