Tidak kuat mendaki ke kawah ijen bisa menggunakan jasa troli - WisataHits
Jawa Timur

Tidak kuat mendaki ke kawah ijen bisa menggunakan jasa troli

TEMPO.CO, jakartaKawah Ijen yang terletak di banyuwangi jawa timur ini memiliki pemandangan yang menakjubkan. Di kawah Gunung Ijen terdapat fenomena unik yaitu: biru Api atau api biru seperti tungku yang menyala di kawah. Namun untuk bisa sampai ke puncak, tentunya pengunjung harus mendaki terlebih dahulu.

Pendaki membutuhkan tenaga ekstra untuk mendaki jarak yang cukup jauh. Untuk mencapai puncak, pengunjung membutuhkan waktu sekitar 2,5 hingga 3 jam. Jarak pendakian dari Pos Paltuding sekitar 3,8 meter.

Duduklah, layanan troli akan membawa Anda ke atas

Namun, kini pengunjung tidak perlu lelah untuk mendaki karena disediakan layanan troli untuk naik turun puncak gunung. Layanan troli ini dikenakan biaya Rp 800.000 per orang termasuk pendakian dan penurunan. Layanan troli di Kawah Ijen ini tercatat di akun TikTok @kawahijenindonesia, dengan warga sekitar mendorong troli dan wisatawan yang menaikinya. Dengan menggunakan layanan ini, wisatawan hanya duduk di atas troli ketika naik atau turun setelah turun dari puncak kawah.

Video yang memperlihatkan layanan troli ini justru menarik perhatian netizen. Banyak dari mereka meninggalkan komentar di akun TikTok. “Harganya pas karena medannya juga bagus, semangat,” komentar akun @_milaa***. “Kalau saya pasti memutuskan menggunakan jasa troli. Karena aku terlalu malas untuk naik turun gunung. Apalagi kalau pakai troli, bisa foto-foto. Hidup itu keren kan,” komentar akun @Erik_Anak***.

Kawah Ijen, salah satu destinasi wisata unggulan di Banyuwangi, Jawa Timur.

Beberapa di antaranya menonjolkan karya para penggerak gerobak ini. “Mau pakai jasa atau tidak itu pilihan, selalu kagum dengan bapak-bapak yang bekerja keras di rumah untuk anak dan istri,” komentar @anda***. “Memberi makan orang di sana bisa jadi berkah,” tulis @tsania***.

Bagi yang tertarik dan penasaran dengan indahnya pemandangan Kawah Ijen, cobalah mengunjungi wisata ini tanpa takut lelah saat mendaki karena ada jasa troli. Bahkan, Anda harus menyediakan dana berlebih untuk menggunakan layanan ini. Tetapi nilainya sepadan dengan pemandangan luar biasa indah yang bisa Anda nikmati.

Biaya masuk ke Kawah Ijen cukup murah, mulai dari Rp 5.000 hingga 7.500. Sedangkan untuk turis asing dikenakan tarif Rp100.000 hingga Rp150.000.

NABILA RAMADHANTY PUTRI DARMADI

Baca Juga: Ini 5 Wisata Alam di Banyuwangi

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita Tempo.co terbaru dan berita unggulan di saluran Tempo.co Update Telegram. Klik Pembaruan Tempo.co untuk bergabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button