Kota terbersih di Indonesia nomor 4 memiliki kualitas udara terbaik - WisataHits
Jawa Timur

Kota terbersih di Indonesia nomor 4 memiliki kualitas udara terbaik

MALANG, iNews.id – Kota terbersih di Indonesia berhasil diwujudkan melalui kerjasama dengan pemerintah dan masyarakatnya. Menjaga kebersihan kawasan merupakan tugas utama yang harus dilakukan oleh seluruh masyarakat di dalamnya.

Kota yang bersih dapat diwujudkan dengan belajar membuang sampah pada tempatnya untuk menjaga fasilitas umum dalam kondisi yang baik.

Hampir seluruh kota di Indonesia bersaing untuk menjadi juara dan merebut piala Adipura dan penghargaan kota terbersih lainnya.

Menjadi kota terbersih di Indonesia membutuhkan berbagai kriteria yang digunakan untuk menilai diberikan atau tidaknya penghargaan kota terbersih.

Berikut 5 kota terbersih di Indonesia yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Kota Semarang

Ini adalah kota yang terkenal dengan pusat komersial dan kota layanannya. Kota Semarang disebut juga dengan Kota Lumpa. Saat ini, kota Semarang merupakan kota terbesar kelima di Indonesia.

Belum lama ini, Kota Semarang dinobatkan sebagai salah satu kota wisata terbersih di ASEAN untuk tahun 2020-2022 menurut ASEAN Clean Tourist City. Penghargaan ini bukan yang pertama bagi Kota Semarang karena kota ini telah meraih penghargaan Adipura sebanyak enam kali sejak tahun 2012.

Saat ini Semarang memiliki 259 taman dan ruang terbuka hijau publik yang terpelihara dengan baik. Kampung Pelangi merupakan kawasan yang sedang dibuat semenarik dan sebersih mungkin sehingga dapat menjadi destinasi wisata baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

2. Kota Surabaya

Dikenal sebagai Kota Pahlawan karena sejarahnya dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta.

Surabaya mendapat predikat sebagai salah satu kota terbersih di Indonesia dan menerima Penghargaan Adipura Kencana pada tahun 2019.

Selain Penghargaan Adipura Kencana 2019, kota Surabaya tercatat sebagai salah satu dari tiga kota di dunia yang menerima penghargaan Sustainable Cities and Human Settlements yang didukung penuh oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Penghargaan ini dapat terwujud karena Surabaya memiliki sistem pengelolaan sampah terpadu yang sangat baik sehingga dapat mencegah pencemaran lingkungan.

Penerbit: Kurnia Illahi

Bagikan artikel:

Membelah

Membelah

Tombol berbagi baris

Source: jatim.inews.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button