Teropong Puncak Laut, nikmati keindahan alam Pesawaran dari ketinggian - WisataHits
wisatahits

Teropong Puncak Laut, nikmati keindahan alam Pesawaran dari ketinggian

Teropong Puncak Laut, nikmati keindahan alam Pesawaran dari ketinggian
Harga tiket: Rp 10.000 Jam operasional: 08.00–18.00 WIB, Alamat: Desa Sukajaya Lempasing, Kec. Bidang Cermin, Kab. Pesawaran, Lampung; Kasus: Verifikasi lokasi

Puncak Teropong Laut merupakan salah satu destinasi wisata alam di Pesawaran Lampung dengan pemandangan alam yang indah. Letaknya yang strategis dan masih dekat dengan pusat kota membuat tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Alasan lain, tentu saja, pemandangan yang disajikan tampak seperti lukisan alam yang sempurna.

Bagi anak muda atau wisatawan yang sedang berlibur dengan tujuan utama foto selfie, wisata alam yang indah ini layak untuk dikunjungi. Dari atas, pengunjung bisa melihat berbagai jenis pemandangan, termasuk perbukitan dan Teluk Lampung. Membangun tempat khusus atau yang disebut pos pengamatan membuat pemandangan semakin jelas.

Pada awalnya direncanakan hanya satu lokasi di kawasan Muncak Teropong Laut, sehingga pengunjung harus bersiap antre saat menggunakannya. Namun, seiring dengan banyaknya pengunjung yang datang setiap hari, pengelola membangun beberapa spot lain untuk mengantisipasi antrean yang panjang. Setiap spot memiliki pemandangan yang sama, hanya saja sudut pandangnya berbeda.

Panggilan yang dimiliki oleh Sea Binoculars

Puncak atraksi teropong lautFoto Don Care di Google Maps

Padahal, banyak objek wisata di Lampung yang menawarkan panorama alam dari ketinggian. Masing-masing memiliki daya tarik yang memikat wisatawan. Begitu juga dengan destinasi alam yang satu ini, ada beberapa objek wisata yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan untuk ke sana. Ini beberapa!

1. Pemandangan indah puncak teropong laut

Daya tarik pertama ditentukan dari pemandangan alam yang disajikan. Dari kejauhan terlihat bayangan pohon seperti semak dengan warna hijaunya. Di sebelah pohon itu, ada perkampungan penduduk dengan deretan rumah yang tidak beraturan. Hal ini memberikan nilai estetika bagi sebagian pengunjung yang mengapresiasi nilai seni.

Sementara di sudut lain, Anda bisa menikmati pemandangan Teluk Lampung yang indah. Birunya air laut dengan sedikit daratan yang menjorok membuat pemandangan semakin eksotis. Air lautnya yang tenang dan tanpa ombak seolah siapapun bisa menikmati pesonanya.

Bentang alam Sea Twins Peak tidak berhenti sampai di situ. Adanya perbukitan yang membelah lautan menjadi pemandangan yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Bentuknya sedikit mirip dengan pegunungan, namun ukurannya jauh lebih kecil. Pemandangannya pun semakin indah karena jaraknya yang tidak terlalu jauh sehingga warna hijau pepohonan terlihat jelas.

2. Lokasinya strategis

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, lokasi objek wisata ini bisa dibilang strategis. Namun yang akan kita bicarakan kali ini bukanlah kedekatannya dengan pusat kota, melainkan objek wisata lainnya. Puncak Teropong Laut ini masih berdekatan dengan Lampung Muncak Pass yang juga menjadi objek wisata dengan panorama alam dari ketinggian.

Anda bisa datang sebelum atau sesudah mengunjungi objek wisata eksotik ini. Sebagian besar pengunjung melakukan hal yang sama karena hanya perlu beberapa menit untuk berpindah dari satu tempat wisata ke tempat wisata lainnya. Meski view yang disajikan sama, spot yang ditawarkan sangat berbeda dengan keunikan masing-masing.

3. Suasana sejuk dan asri

Setiap objek wisata alam kebanyakan memiliki suasana yang segar dan asri. Hal ini dikarenakan banyaknya pepohonan rindang di sekitar lokasi. Apalagi jika lokasinya berada di puncak atau ketinggian, tentu lebih menyegarkan dari segi udara yang didapat. Ini juga menjadi daya tarik tambahan untuk objek wisata ini.

Bagi Anda yang berasal dari dataran tinggi, mungkin tidak terlalu kaget karena sudah terbiasa. Namun, bagi mereka yang sehari-hari menghabiskan waktu di perkotaan yang dilalui kendaraan bermotor, situasi ini tentu dirindukan. Selain itu, pohon di daerah perkotaan sangat sedikit, sehingga cuaca menjadi lebih hangat.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Puncak Laut TeropongFoto Muk Thie di Google Maps

Jarak tempuh jika berangkat dari pusat kota Lampung sekitar 15 kilometer. Dibutuhkan sekitar 30 menit untuk sampai ke sana dengan kendaraan bermotor. Pastikan untuk menuju ke Desa Sukajaya Lempasing, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung.

Agar tidak kesulitan, usahakan menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa rental. Hal ini disebabkan kurangnya angkutan umum menuju Puncak Teropong Laut. Untuk rutenya, Anda bisa mengambil pantai Tirtayasa sebagai landmark utamanya. Silakan lanjutkan ke Jalan RE. Martadinata dan belok kanan setelah melewati pantai.

Lanjutkan perjalanan sambil melihat rambu-rambu yang tersebar di beberapa titik. Jalan di depan tidak terlalu mudah seperti jalan perbukitan yang berkelok-kelok. Namun kondisi jalan sudah bagus dan beraspal sempurna, sehingga tidak perlu khawatir. Jika Anda masih ragu atau asing dengan medannya, sebaiknya gunakan bantuan Google Maps.

Harga tiket masuk objek wisata

Tak perlu mahal untuk menikmati panorama alam di atas teropong laut ini, Anda hanya perlu merogoh kocek Rp 10.000 sebagai tiket masuk untuk satu orang. Harga tersebut sudah bebas untuk menikmati semua spot yang ada di dalamnya. Namun, Anda harus sadar bahwa Anda tidak menggunakannya terlalu lama karena pengunjung lain juga banyak yang mengantri.

Harga parkir kendaraan tidak gratis, jadi harap cantumkan juga. Bagi pengunjung yang membawa kendaraan roda dua atau sepeda motor, tiket parkir yang berlaku adalah Rp 5.000. Selama ini, mobil dikenakan biaya parkir sebesar Rs 10.000. Ada juga biaya lainnya, apalagi jika ingin berwisata kuliner atau fasilitas lain yang tidak gratis.

Kegiatan menarik untuk dilakukan di atas Laut Jumelles

Aktivitas di Puncak Kembar LautFoto Pendaki Cupu Indonesia di Google Maps

Saat mengunjungi si kembar Peak of the Sea, jangan pernah berharap ada permainan atau wahana. Objek ini khusus untuk wisatawan yang ingin menyaksikan keindahan hasil karya Tuhan dari atas. Adapun kegiatan yang dibahas, berikut kami rangkum beberapa kegiatan yang paling umum dilakukan wisatawan selama kunjungan mereka!

1. Nikmati pesona alam yang luar biasa

Bisa dikatakan tempat wisata Lampung ini mirip dengan tempat wisata Jogja Kalibiru. Hanya saja view utamanya berbeda karena di Jogja memberikan view berupa danau, sedangkan kali ini berupa lautan atau pantai. Namun, keduanya memiliki kelebihannya masing-masing, meski pada dasarnya terkait dengan panorama alam.

Menariknya, pesona alam yang diberikan oleh si kembar Puncak Laut ini bisa dinikmati dalam segala suasana. Misalnya saat cuaca cerah, Anda bisa melihat keindahan Teluk Lampung dan perbukitan. Saat cuaca berkabut, bukan malah menghilangkan pemandangan, tapi membuatnya semakin eksotik. Kabut tipis dan tebal yang samar-samar menutupi pemandangan justru menambah keindahannya.

Saat malam hari, panorama tersebut tidak mungkin Anda dapatkan. Sebaliknya, ada pemandangan lain berupa kelap-kelip lampu penduduk desa di bawah bukit. Dari kejauhan, lampu-lampu tersebut terlihat seperti kunang-kunang yang meredup namun pasti menghiasi lingkungan sekitar.

2. Bersantai selama berwisata kuliner

Selain sebagai tempat wisata dengan pesona alamnya, Muncak Teropong Laut sebenarnya adalah sebuah kafe yang menawarkan berbagai macam menu. Lokasinya juga tidak jauh dari tempat wisata utama, bahkan bisa jalan kaki ke sana. Bersantai sambil menikmati hidangan yang dipesan bisa menjadi kegiatan yang membangkitkan semangat saat berkunjung.

Suasana makin romantis saat cuaca mendung tapi tidak hujan. Pada malam hari, suasana romantis didapat dari selubung udara yang menyelimuti tempat tersebut. Selain itu, kelap-kelip lampu penduduk desa juga menambah nyaman suasana. Tak perlu khawatir dengan harga menunya, sebagian pengunjung meyakini masih dalam batas wajar sebuah objek wisata.

3. Cari spot foto yang indah

Kegiatan lain yang menarik untuk dilakukan saat berkunjung ke Puncak Laut kembar adalah hunting spot foto. Padahal, kegiatan ini bisa dibilang wajib dan menjadi tujuan utama kunjungannya selama ini. Bagaimana tidak, ada beberapa spot cantik yang sayang untuk dilewatkan, apalagi jika tidak dikenakan biaya tambahan.

Sebut saja spot rumah pohon yang menjadi favorit banyak wisatawan. Dari atas Anda tidak hanya mendapatkan pemandangan alam, tetapi juga langit biru yang indah saat cuaca sedang cerah. Tempat ini berhadapan langsung dengan Teluk Lampung dengan pesona yang telah dijelaskan sebelumnya.

Spot bola berikutnya yang tak kalah menarik adalah yang ada di atas. Tempat ini seperti pos pengamatan yang bentuknya dibuat menyerupai perahu, paling tidak bagian depan dan belakangnya sama. Seperti spot sebelumnya, background fotonya adalah laut biru yang dikelilingi perbukitan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Pengaturan puncak teropongFoto oleh Ray RS di Google Maps

Muncak Teropong Laut dikelola secara profesional sehingga berbagai fasilitas juga disediakan. Fasilitas gratis tersebut antara lain spot foto selfie dengan berbagai titik strategis untuk menghasilkan background foto yang cantik. Apalagi ada mushola yang siap digunakan kapan saja tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan.

Ada juga fasilitas berbayar dengan biaya terjangkau yaitu tempat parkir dengan area yang cukup luas. Toilet dengan kondisi bersih juga tersedia bagi setiap pengunjung yang ingin buang air atau membersihkan diri. Keberadaan kafe dan warung makan melengkapi fasilitas yang ada sehingga pengunjung tidak kesulitan mencarinya di tempat lain.

Demikian ulasan tentang salah satu tempat wisata alam Lampung yang dikenal dengan nama Puncak Teropong Laut. Semoga dengan adanya penjelasan mengenai atraksi dan aktivitas seru yang bisa dilakukan disana, membuat anda semakin percaya diri dan membuat anda ingin segera mengunjungi tempat tersebut.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button