Taman Cibodas Bontang, destinasi rekreasi favorit keluarga - WisataHits
wisatahits

Taman Cibodas Bontang, destinasi rekreasi favorit keluarga

Berbicara tentang wisata keluarga, Taman Cibodas Bontang adalah salah satu destinasi yang wajib dikunjungi. Di Taman Cibodas pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas hiburan serta foto-foto.

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Belimbing, Kec. Bontang Barat, Kota Bontang, Kalimantan Timur; Kasus: Cek lokasi

Anda yang tinggal di kawasan Bontang dan sekitarnya tentu sudah tidak asing lagi dengan Taman Cibodas. Taman ini merupakan taman lokal yang sering dikunjungi warga kota Bontang untuk kegiatan rekreasi dan berbagi. Taman ini khusus dibuat sebagai ruang hijau dan bermain bagi penduduk kota Bontang.

Selain untuk bermain, playpen ini juga dapat digunakan untuk belajar anak, karena terdapat beberapa permainan edukatif dan bermanfaat untuk tumbuh kembang anak. Ada juga berbagai jenis flora dan fauna yang bisa dijadikan sebagai media untuk mengenalkan alam dan lingkungan kepada anak-anak.

Bagi anda yang ingin berkunjung ke taman ini namun masih ragu, berikut beberapa informasi detail dan bermanfaat yang akan membantu anda saat ingin berkunjung ke Taman Cibodas di Bontang.

Sekilas Tentang Taman Cibodas Bontang

Sekilas tentang Taman Cibodas BontangKredit gambar: Datu Uning, cucu Facebook Jun

Taman ini sebenarnya dibuat oleh pengembang properti PT Pupuk Kaltim yang didirikan di Kota Bontang. Karena perumahan dibangun dan dibangun di sekitar alun-alun, sebuah taman dibuat sebagai ruang hijau dan area rekreasi di dekat perumahan.

Menariknya, taman ini tidak hanya dirancang khusus untuk keluarga yang tinggal di perumahan tersebut, tetapi juga untuk warga Kota Bontang secara keseluruhan.

Hal ini terlihat dari lahan yang digunakan, cukup luas untuk bersantai dan memiliki berbagai fasilitas penunjang untuk berbagai kegiatan. Masyarakat yang tinggal di luar penginapan juga diperbolehkan bermain dan datang ke Taman Cibodas.

Selain menyediakan ruang terbuka hijau bagi keluarga yang tinggal di perumahan, hal itu juga merupakan salah satu langkah yang dilakukan pemerintah untuk menerapkan konsep kota pintar atau smart city. kota Pintar di kota Bontang. Bagi masyarakat untuk dididik untuk menghabiskan waktu akhir pekan dengan bijak.

Fasilitas yang tersedia di Taman Cibodas

Fasilitas Taman Cibodas BontangKredit Gambar: Facebook Ambo S

Sama seperti fasilitas yang terdapat di taman pada umumnya, terdapat area bermain untuk anak-anak yang dapat dimainkan secara mandiri atau dengan bantuan orang tua. Permainan pasti akan membuat hubungan antara anak dan orang tua menjadi lebih harmonis.

Beberapa permainan yang disediakan antara lain ayunan, jembatan gantung, ayunan perahu besar, serta berbagai reproduksi hewan dan kendaraan yang dapat membantu Anda memberikan pemahaman kepada anak Anda tentang benda-benda tersebut.

Selain permainan, fasilitas lain yang direncanakan adalah tempat ibadah dan toilet umum, sehingga pengunjung yang datang bisa lebih leluasa menikmati taman tanpa khawatir shalat, terutama bagi yang beragama Islam. Tempat ibadah dan kamar mandi juga dalam kondisi bersih.

Bagi Anda yang ingin menikmati waktu luang sambil menikmati pemandangan alam, Taman Cibodas adalah tempat yang tepat untuk Anda. Ada sebuah danau kecil yang bisa Anda nikmati sambil memandangi pemandangan dan menyaksikan si kecil bermain.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Taman Cibodas

Kegiatan Cibodas BontangKredit gambar: Google Maps Novia Puspitasari

Ada beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di taman ini seperti bermain bersama keluarga menikmati berbagai wahana dan jenis permainan yang ditawarkan. Ada berbagai jenis permainan yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan keinginan dan selera anak.

Beberapa orang dari Bontang datang ke taman hanya untuk bersantai dan menikmati pemandangan. Karena sebagai ruang terbuka hijau memiliki fasilitas yang lengkap dan menawarkan suasana yang original. Bahkan bagi Anda yang ingin berwisata kuliner pun bisa mencicipi berbagai jajanan yang ada di dekat taman ini.

Jajanan yang disediakan biasanya makanan ringan dan jajanan, baik tradisional maupun modern. Harga yang ditawarkan untuk masing-masing makanan ini juga bervariasi, namun tidak sampai merogoh kocek karena harganya yang cukup terjangkau.

Di pagi dan sore hari, banyak orang datang ke joging dan olahraga ringan, sendiri dan bersama orang lain. Ada lintasan lari yang bisa Anda gunakan dengan rute mengelilingi taman. Keberadaan taman tersebut terbukti membuat warga antusias untuk berkunjung dan datang.

Aset Taman Bontang Cibodas

Aset Taman Bontang CibodasKredit gambar: Google Maps Hadi Benayem

Wilayah Bontang yang terletak di Kalimantan Timur ini masih memiliki hutan-hutan kecil dan pemandangan alam yang indah. Hal inilah yang kemudian menjadi nilai tambah yang disukai oleh pengembang dan pengelola.

Di taman, suasana dibuat seindah dan sesegar mungkin, sehingga orang yang datang berkunjung bisa betah dan berlama-lama bermain di sana. Taman itu tidak hanya berisi bunga dan tanaman kecil, tetapi juga pohon-pohon besar mulai dari jenis yang menghasilkan buah hingga pohon peneduh.

Bagi Anda yang beruntung datang saat musim buah, Anda bisa menikmati buah matang dari pohonnya secara gratis. Buah favorit pengunjung saat matang adalah rambutan dan manggis. Pohon-pohon tumbuh di sana di alam liar, tetapi dirawat dengan baik oleh pengelola.

Hasil dari pohon tersebut juga bebas untuk diambil oleh siapa saja, terutama orang yang datang berkunjung. Selain suasananya yang asri, terdapat sebuah danau kecil yang akan menambah daya tarik orang untuk mengunjungi taman ini. Di sekitar danau terdapat tempat duduk yang bisa Anda tempatkan sambil menyaksikan pemandangan.

Kelebihan lain dari taman ini adalah tempatnya bersih dan nyaman, walaupun luas, kebersihan dan ketertiban tempat ini tetap terjaga dengan baik. Manajemen memastikan bahwa tidak ada limbah yang menumpuk di taman dan menyediakan fasilitas yang diperlukan.

Tiket Masuk dan Jam Buka Taman Cibodas

Tiket Cibodas BontangKredit gambar: Google Maps Hadi Benayem

Untuk tiket masuk Taman Cibodas tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun atau dengan kata lain gratis. Karena merupakan tempat umum yang dibuat untuk masyarakat Bontang, maka untuk masuk ke taman ini tidak dipungut biaya.

Anda hanya perlu membayar biaya parkir sebelum memasuki taman, kurang lebih biaya parkirnya tidak sampai sepuluh ribu rupiah untuk kendaraan bermotor, dan kurang dari 20 ribu rupiah untuk mobil. Dengan membayar biaya parkir, dijamin kendaraan Anda tetap aman selama bermain di Taman Cibodas.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi taman ini tidak perlu khawatir dengan waktu tutup. Karena Taman Cibodas buka setiap hari dari Senin hingga Minggu, dan akan buka 24 jam sehari.

Tapi akan lebih baik jika Anda tidak datang saat malam tiba. Selain rimbunnya pepohonan di tempat itu, pada malam hari tidak semua tempat bisa dijangkau oleh cahaya penerangan. Waktu terbaik untuk mengunjungi Taman Cibodas di Bontang adalah pada sore hari mulai pukul 15.00 hingga 18.00.

Akomodasi di Taman Indah Bontang

Akomodasi Cibodas BontangKredit gambar: Google Maps Hadi Benayem

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Taman Bontang sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi, seperti sepeda motor atau mobil. Memang dengan menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa berkendara langsung menuju lokasi tepat di depan gerbang masuk taman.

Lain halnya jika Anda menggunakan kendaraan umum, Anda tidak bisa sampai ke pintu gerbang Taman Cibodas. Anda harus berjalan beberapa waktu dari jalan umum menuju lokasi, namun jaraknya tidak terlalu jauh, sehingga aman bagi anda yang ingin menggunakan kendaraan pribadi.

Karena letaknya yang dekat dengan pemukiman, akses jalan menuju Taman Bontang cukup baik dan dapat dilalui oleh berbagai jenis kendaraan. Hal ini tentunya memberikan kemudahan bagi Anda yang ingin datang dari luar kota.

Dekat Taman Bontag adalah perumahan yang dikelola oleh PT Pupuk Kaltim sehingga tidak ada akomodasi untuk tinggal di dekatnya. Anda bisa mendapatkannya di luar kawasan perumahan ini dengan mendekatkan diri ke kawasan perkotaan.

Tips Berkunjung ke Taman Cibodas Bontang

Tips Cibodas BontangKredit gambar: Google Maps MN Fahmi Fauzi

Jika Anda ingin mengunjungi taman ini dalam waktu dekat, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan. Misalnya, datang ke taman saat matahari ternaungi, baik pagi maupun sore hari. Hal ini akan membuat aktivitas permainan keluarga menjadi lebih efektif.

Kemudian bawalah permadani atau tikar untuk diduduki, terutama bagi Anda yang datang bersama keluarga dan tidak ingin pakaian kotor. Jika Anda tidak keberatan duduk di rumput, tidak apa-apa. Karena jumlah tempat duduk yang terbatas di taman ini, karena memang didesain sebagai tempat bermain anak-anak.

Saat ingin bermain, pastikan wahana tersebut aman untuk anak-anak. Saat bermain, selalu awasi anak Anda untuk kemungkinan jatuh dan kejadian tak terduga lainnya.

Akan lebih baik jika Anda membawa perbekalan dari rumah jika Anda berencana untuk bermain di taman untuk waktu yang lama. Karena dimungkinkan untuk mengantri saat ingin memesan makanan atau jajanan di taman.

Semoga informasi singkat tentang Taman Cibodas di Bontang ini dapat membantu Anda mendapatkan gambaran tentang suasana dan kegiatan yang dapat dilakukan di sana, terutama bersama keluarga.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button