Ternyata semboyan Wonogiri sudah sukses dipakai sejak 1986, itu artinya - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Ternyata semboyan Wonogiri sudah sukses dipakai sejak 1986, itu artinya – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri. (Spesial/Instagram @jo.chryst)

Solopos.com, WONOGIRI — Motto Sukses Wonogiri sudah tidak asing lagi bagi masyarakat karena hampir dapat ditemukan di mana-mana di Kabupaten Wonogiri. Namun, hanya sedikit yang tahu apa arti moto itu.

Semboyan Wonogiri Sukses telah diadopsi sejak 1986 pada masa pemerintahan Bupati Drs. Oemarsono. Dasar hukum semboyan Wonogiri Sukses adalah Surat Keputusan Bupati Wonogiri Nomor: 42(a) tanggal 1 Maret 1986 tentang Motto Kerja Kabupaten Wonogiri Tingkat II.

Promosi Gabung JKN, BPJS Kesehatan Boyolali: Banyak Keuntungan Bagi Perusahaan Taat

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata sukses bisa berarti sukses atau keberuntungan. Dilaporkan oleh bookpintarkabupatenwonogiri.blogspot.comKamis (28/7/2022), kata sukses di Wonogiri Sukses merupakan akronim yang dijabarkan sebagai berikut:

1. Huruf S sebagai stabilitas stabil

Tanpa stabilitas, tidak ada pembangunan yang dapat dilakukan. Stabilitas merupakan prasyarat keberhasilan program pemerintah dalam melaksanakan pembangunan di segala bidang.

Baca Juga: Kisah Dibalik Plintheng Semar Wonogiri

2. Kebijakan yang mendasari huruf U sebagai undang-undang atau peraturan harus dilaksanakan dengan disiplin

Disiplin dalam menegakkan kebijakan berdasarkan peraturan perundang-undangan. Hal ini sangat penting untuk menghindari bentrokan, konflik dan kekacauan dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.

3. Huruf K untuk koordinasi/kompak

Dalam memenuhi tugas dan tugas yang semakin luas dan kompleks, diperlukan kekompakan seluruh aparatur. Berbekal koordinasi yang baik dari semua pihak, semua tugas dan komitmen juga dapat terlaksana dengan baik.

Baca Juga: Kisah Tugu Bedug Jati Wonogiri

4. Huruf S untuk sasaran yang tepat

Tujuan yang ingin dicapai harus tepat, dalam arti tepat waktu, tepat mutu, tepat biaya dan tepat manfaat. Tujuan tersebut berupa hasil-hasil yang harus segera dicapai dalam melaksanakan segala kegiatan pembangunan yang ditujukan untuk kesejahteraan masyarakat pada umumnya.

5. E untuk Evaluasi, Efisiensi dan Efektivitas

Semua kegiatan harus selalu dievaluasi dan dilaksanakan untuk efisiensi menuju efektifitas suatu program kerja. Hal ini sangat penting untuk menghindari penyimpangan dari target yang direncanakan pada jarak tersebut.

Baca Juga: 6 Fakta Unik Tentang Kelurahan Terkecil di Wonogiri

6. Huruf S untuk Semangat Berjuang yang Berdedikasi

Semua kegiatan tanpa semangat pengabdian tidak akan berjalan dengan baik. Semangat juang yang berdedikasi inilah yang akan menginspirasi kepercayaan diri dalam kesuksesan.

Penting bagi masyarakat khususnya warga Wonogiri untuk memiliki kemauan untuk berhasil. Dengan semboyan Wonogiri Sukses, diharapkan semangat sukses dapat menginspirasi warga Wonogiri dalam berkarya.

Source: www.solopos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button